Harga Homestay Cahaya Sikunir, Kamar Nyaman dengan View Kece




Homestay Cahaya Sikunir - @afton homestaysikunir
Homestay Cahaya Sikunir - @afton homestaysikunir

Jika Anda berencana melakukan perjalanan ke Sikunir, Anda tidak perlu khawatir mengenai tempat bermalam. Pasalnya, di kawasan dekat dataran tinggi Dieng tersebut, sudah tersedia banyak akomodasi sebagai tempat menginap. Nah, salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan yang pernah melancong ke sana adalah Cahaya Sikunir.

Namun, sebelum membahas mengenai akomodasi yang satu ini, tidak ada salahnya jika kita kupas sedikit mengenai Sikunir. Sikunir sendiri adalah sebuah atau bukit yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten , di daerah dataran tinggi Dieng. Bukit ini berada pada ketinggian sekitar 2.505 meter dari permukaan laut, tepatnya di sebelah selatan Telaga Cebong. Dengan ketinggian tersebut, udara di Sikunir memang tergolong sejuk dan cenderung dingin.

Gunung Sikunir memiliki kelebihan panorama alam yang sangat menggoda, yaitu double sunrise dan bayangan Gunung Sindoro. Sunrise di tempat ini sangat berbeda dengan yang ada di gardu pandang Dieng atau tempat lain. Karena itu, sunrise di Sikunir kemudian lebih populer dengan sebutan Golden Sunrise. Pasalnya, pola cahaya membentuk sebuah bayangan di antara Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi, yang tentunya sangat elok.

Sebenarnya, mengunjungi Bukit Sikunir untuk melihat sunrise Sikunir bisa kapan saja karena bentuk sunrise Bukit Sikunir tiap waktu berbeda-beda. Namun, jika Anda ingin melihat Golden Sikunir dengan jelas tanpa tertutup kabut dan awan, datanglah pada musim kemarau antara Juli hingga Oktober. Pada bulan-bulan ini, cuaca jarang mendung dan kabut tidak tebal. Ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan spot warna keemasan Golden Sunrise Sikunir dengan jelas.

Homestay Cahaya Sikunir - www.booking.com
Homestay Cahaya Sikunir – www..com

Sementara, apabila Anda berkunjung pada bulan-bulan berikutnya, yaitu bulan November hingga Februari, sunrise akan diselimuti kabut dan awan pekat. Sebenarnya, view sunrise tertutup kabut dan awan pekat tidaklah jelek. Gradasi warna gelap awan mendung dan jingga keemasan sunrise juga terlihat indah bagi beberapa orang. Dan terkadang, akan muncul pelangi jika sebelumnya turun hujan atau gerimis.

Jika wisatawan bepergian pada bulan antara Maret hingga Juni atau menjelang musim kemarau, juga tidak akan mengecewakan. Pasalnya, pada bulan-bulan ini, sunrise hanya ditutupi kabut dan awan tipis. Lukisan gunung-gunung tinggi berselimut kabut tipis yang disinari sunrise di pagi hari tidak kalah cantik dengan sunrise di musim kemarau. Jadi, kapan saja Anda akan tetap bisa menikmati sunrise dengan karakter berbeda tiap bulannya.

Selain memandangi sunrise yang indah, kawasan Bukit Sikunir juga menghadirkan hamparan lahan pertanian penduduk setempat di Desa Sembungan. Lahan-lahan pertanian yang didominasi oleh tanaman kentang dan carica ini menghiasi kaki dan lereng Bukit Sikunir. Anda bisa menjadikan lahan pertanian masyarakat setempat sebagai objek foto yang keren. Tidak hanya itu, pemukiman penduduk dan masjid berkubah tinggi juga cocok dijadikan latar berfoto.

Ketika berwisata ke Bukit Sikunir, jangan lupa juga untuk mampir ke Telaga Cebong. Ini adalah sebuah telaga yang pasti Anda temui sebelum mendaki Bukit Sikunir. Terlihat seperti cebong jika dilihat dari puncak bukit, wisatawan dapat berjalan-jalan menikmati keindahan telaga atau menyewa sampan penduduk setempat.

Homestay Cahaya Sikunir

Seperti disampaikan di atas, apabila Anda hendak berkunjung ke Sikunir, tidak perlu mencemaskan tempat menginap. Pasalnya, di daerah ini, sudah berdiri beberapa akomodasi homestay yang layak dijadikan bermalam. Nah, salah satu yang recommended, baik yang datang sendiri maupun bersama rombongan, adalah Homestay Cahaya Sikunir.

Akomodasi ini berada tepat di kaki Bukit Sikunir dan berlokasi di samping Telaga Cebong, tepatnya di Jalan Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Karena itu, tidak heran jika para tamu yang menginap di tempat ini hanya memerlukan waktu 30 menit berjalan kaki untuk bisa sampai ke Bukit Sikunir. Bahkan, wisatawan sudah dapat menikmati keindahan Telaga Cebong hanya dengan membuka jendela kamar.

Dilansir dari situs resminya, pihak pengelola mengklaim bahwa Homestay Cahaya Sikunir memiliki lokasi yang sangat strategis dengan pemandangan yang eksotis. Lokasi ini dikatakan bakal membuat wisatawan berbondong-bondong melakukan tempat ini sebagai lokasi istirahat sebelum naik ke Puncak Sikunir untuk melihat sunrise.

Homestay Cahaya Sikunir - @Liberty Adi
Homestay Cahaya Sikunir – @Liberty Adi

Masih menurut sumber yang sama, pihak homestay setidaknya sudah menyediakan dua tipe kamar untuk kebutuhan menginap para tamu. Kamar tipe Standard berjumlah sekitar empat unit, dengan setiap ruangan sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti ranjang yang nyaman hingga kamar mandi pribadi, dengan kapasitas maksimal tiga orang tamu.

Sementara, kamar tipe Family memiliki ukuran yang lebih luas dan cocok dijadikan tempat istirahat keluarga atau rombongan kecil. Di dalam kamar ini, pelancong akan menemukan fasilitas seperti dua ranjang yang saling berhadapan, view Telaga Cebong secara langsung, jendela kaca, TV, kamar mandi plus air hangat, hingga welcome drink.

Tidak hanya di dalam kamar, pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas publik yang sangat memadai. Apabila wisatawan ingin menikmati pemandangan sekitar dengan lebih leluasa, bisa langsung menuju balkon, sedangkan garasi disediakan untuk mereka yang membawa kendaraan pribadi. Fasilitas lainnya mencakup dapur dan peralatan memasak, musala, televisi, persewaan motor dan mobil, local guide, catering, hingga beverage seperti kopi, teh, dan gula.

Tarif Homestay Cahaya Sikunir

Tipe KamarTarif per Malam
Kamar Standard Double BedRp300.000
Kamar KacaRp350.000
Kamar KeluargaRp450.000

Selain disewakan per kamar, pengelola juga menyewakan homestay ini satu rumah utuh dengan tujuh kamar tidur. Apabila Anda membutuhkan lebih detail atau melakukan pemesanan kamar, bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0823 3301 1988. Sekadar , tarif kamar di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola.

Lihat Juga:   5 Penginapan Recommended Dekat Masjid Az Zikra Sentul




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*