Rekomendasi dan Harga Penginapan di Entikong dan Sekitarnya




Entikong perbatasan Indonesia-Malaysia (sumber: pontianakpost.co.id)
Entikong perbatasan Indonesia-Malaysia (sumber: pontianakpost.co.id)

Entikong merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Indonesia dan sebagai pintu gerbang internasional serta pusat pertumbuhan wilayah sekitarnya.[1] Kendati demikian, di Entikong belum ada banyak penginapan untuk mengakomodasi para turis maupun warga lokal yang ingin mengeksplorasi wilayah ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tempat bermalam yang menawarkan fasilitas lengkap dengan tarif mulai jutaan rupiah di dekat daerah itu.

Wisma Indonesia PLBN

Wisma Indonesia PLBN merupakan salah satu fasilitas yang disediakan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong. Penginapan ini terletak di Entikong, Sangau, Kalimantan Barat dan berada di seberang Pos Malaysia. Dilansir dari detiktravel, Wisma Indonesia PLBN memiliki bangunan yang mirip dengan hotel modern. Pihak PLBN memang sengaja membangun akomodasi ini untuk publik. Anda akan menemukan ruang lobby dengan area tunggu yang dilengkapi sofa minimalis. Di belakang lobi, terdapat ruang makan dan kursi premium berlapis kulit khas kafe.

Wisma Indonesia PLBN (sumber: laserindonesia.com)
Wisma Indonesia PLBN (sumber: laserindonesia.com)

Masih dari sumber yang sama, penginapan ini menawarkan tiga jenis kamar, yakni satu kamar tipe president suite, dua kamar tipe VIP, dan sepuluh kamar tipe standar. Khusus untuk kamar president suite, memiliki ruang tengah dengan sofa empuk dan TV. Ada juga meeting room dan kamar tidur dengan ukuran king size, serta kamar mandi yang dibekali bathtub.

Sayangnya, untuk mengetahui tarif sewa kamar di  Wisma Indonesia PLBN, Anda harus melakukan terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pemesanan kamar secara langsung di lokasi, karena ini belum bekerja sama dengan situs booking online.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Murah di sekitar Pantai Batu Karas, Pangandaran

Borneo Highlands Resort

Bagi Anda yang masih belum menemukan di Entikong, Anda bisa memanfaatkan penginapan di dekatnya, seperti Borneo Highlands Resort. Akomodasi ini berada di Lorong Kota Padawan 10A, Kuching, Sarawak, Malaysia. Berdasarkan Google Maps, dari resort menuju Entikong, Anda memerlukan waktu tempuh dua jam menggunakan kendaraan bermotor.

Berada di tengah kawasan pegunungan dan hutan yang masih asri, Borneo Highlands Resort menawarkan area penginapan yang sejuk dengan udara segar. Setiap bangunan di ini dikelilingi hutan kecil dan taman. Tak hanya itu, Anda bisa melihat pemandangan berupa pegunungan yang tertutup awan putih dari lantai resort yang paling tinggi.

Fasilitas publik yang disediakan antara lain tempat parkir semi indoor yang luas dengan pemandangan lapangan rumput hijau, area bersantai dengan sofa dan TV, ruang khusus merokok, ruang bebas merokok, meeting room, dan Wifi gratis di area umum. Selain itu, ada renang, tempat spa, dan restoran dengan pemandangan berupa alam sekitar.

Borneo Highlands Resort (sumber: trip.com)
Borneo Highlands Resort (sumber: trip.com)

Sementara itu, kamar-kamar di Borneo Highlands Resort dilengkapi perabotan kamar lengkap, termasuk set meja rias, tempat tidur yang nyaman, telepon, alat membuat minuman, lemari pendingin, AC, TV, lemari pakaian, dan brankas. Ada juga kamar mandi dalam dan difasilitasi dengan kloset duduk, shower air hangat, wastafel, tempat menjemur handuk, dan cermin. Bagi Anda yang tertarik ingin menginap di ini, berikut referensi tarifnya.

Tarif Borneo Highlands Resort

Tipe KamarTarif per Malam
Par Standard RoomRp1.171.251
Birdie Deluxe RoomRp1.373.300
Eagle Family RoomRp2.175.180
Albatross Suite RoomRp2.377.229
Lihat Juga:   Griya Sera, Homestay Tarif Rp200 Ribuan di Poncokusumo

Harga sewa kamar di Borneo Highlands Resort di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa melakukan secara langsung di lokasi, melalui situs booking online, atau menghubungi pihak penginapan melalui telepon di nomor +60 19-828 0790.

Saloma Villagestay Borneo

Saloma Villagestay Borneo berada di Jl. Kampung Sadir, Simuti, Sibakar, Puncak Borneo, Kuching, Sarawak, Malaysia. Dilihat dari Google Maps, dari menuju Entikong, Anda membutuhkan waktu tempuh dua jam satu menit menggunakan kendaraan bermotor.

Saloma Villagestay Borneo (sumber: tripadvisor)
Saloma Villagestay Borneo (sumber: tripadvisor)

Fasilitas publik yang disediakan akomodasi ini untuk para tamunya antara lain ruang bersantai, area parkir, tempat merokok, area bebas merokok, tempat makan pinggir sungai, dan taman. Selain itu, ada juga area khusus untuk menjemur baju bagi para penghuninya.

Sementara itu, setiap kamar di Saloma Villagestay Borneo dibekali dengan tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, rak sandal, dan kursi malas. Ada juga kamar dengan fasilitas AC/kipas angin dan TV. Di pojok kamar, terdapat kamar mandi dengan shower, wastafel, bak air, dan kloset duduk.

Sayangnya, Anda baru bisa mengetahui harga sewa kamar di Saloma Villagestay Borneo saat melakukan reservasi. Anda bisa memesan kamar di penginapan ini secara langsung di lokasi atau menghubungi pihak pengelola melalui telepon di nomor +60 16-868 2525.

[1] Kurniadi, Dendy. 2009. Strategi Pengembangan Wilayah Perbatasan Antarnegara: Memacu Pertumbuhan Ekonomi Entikong Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat (Tesis). Magister Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan