Bisa Rafting hingga Offroad, Berapa Harga Camping di Situ Cileunca?

  • Whatsapp
Situ Cileunca (sumber: ayobdg)
Situ Cileunca (sumber: ayobdg)

Situ Cileunca merupakan obyek yang terletak di Pangalengan, , Jawa Barat. Tempat ini ramai dikunjungi apalagi sudah ada ground bagi wisatawan yang ingin menjajal sensasi di sekitar danau. Anda pun tak perlu merogoh kocek tebal untuk membayar harga tiket dan biaya camping di Situ Cileunca.

Sejarah Situ Cileunca

Situ Cileunca dibangun oleh pemerintah Belanda pada tahun 1919 sampai dengan 1926. Koran Bataviaasch Nieuwsblad tanggal 8 Januari 1918 mencatat luasnya kala itu hanya 30 konstruksi atau setara 210 ribu meter persegi atau 21 hektare (dibandingkan saat ini yang menembus 1.400 hektar). Namun, pemerintah Hindia Belanda saat itu itu khawatir dengan bendungan Situ Cileunca yang dibuat tanpa rencana konstruksi yang matang. Akhirnya mereka melakukan pengamatan hidrometer pada danau dan menyiapkan pembongkaran untuk memperkuat bendungan sekaligus memperlebarnya. 

Bacaan Lainnya

Pada tahun 1919, dimulai pembangunan Bendungan Situ Cileunca yang lebih besar, serta persiapan konstruksi PLTA Tjisaroea dikerjakan berbarengan oleh Dinas Tenaga Air dan Listrik Belanda (De Preanger Bode, 7-10-1919). Pekerjaan dimulai dari persiapan lahan untuk akses jalan dan pipa penyaluran air menuju pembangkit, hingga persiapan mengeringkan Situ Cileunca untuk membersihkan isinya dari sisa pepohonan hutan purba agar danau tersebut bisa dikembangkan menjadi lokasi budidaya dan penangkapan .

Perluasan Situ Cileunca dilakukan dengan membangun badan bendungan lebih tinggi. Bendungan yang ada ditambah ketinggiannya hingga 15 meter sehingga volume air yang dapat ditampung semakin banyak. Dari danau, air dialirkan melalui Sungai Palayangan, yang sering digunakan sebagai arena arung jeram. Debit danau dengan kapasitas 9,89 juta meter kubik itu pun dijadikan sebagai cadangan sumber air bersih Kota Bandung. Bahkan, Situ Cileunca juga diperuntukkan sebagai salah satu sumber listrik untuk Kota Bandung. 

Lihat Juga:   Villa Tentrem Tawangmangu, Akomodasi Ramah Keluarga Fasilitas Lengkap

Saat ini, Situ Cileunca telah dikembangkan sebagai tempat wisata di Bandung dan menjadi populer. Keindahan view alamnya mampu menarik pengunjung dari berbagai daerah untuk datang ke sana. Lalu, berapa harga tiket masuknya saat ini?

Harga Tiket Situ Cileunca

Jenis Tiket per Orang
Tiket Masuk Weekday: Rp10.000
Weekend: Rp15.000
Tiket Parkir Motor: Rp3.000
Mobil: Rp10.000

Untuk meningkatkan rasa nyaman pengunjung, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah wahana permainan yang dapat dilakukan secara kelompok maupun individual. Beberapa wahana di Situ Cileunca, yaitu arung jeram, paintball, flying fox, offroad landrover, archery, lake tour, fun games, wisata berkebun, team building, river tubing, dan lainnya.

Wahana rafting di Situ Cileunca (sumber: timesindonesia)
Wahana di Situ Cileunca (sumber: timesindonesia)

Wahana di Situ Cileunca

  • Arung jeram. Arung jeram Situ Cileunca berlokasi di Sungai Palayangan yang memiliki panjang 4,5 km. Jika digunakan untuk aktivitas arung jeram, maka durasi atau waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 1 jam 30 menit untuk mencapai finish di Cisarua. 
  • Paintball. Kegiatan seru lain adalah paintball yang dapat dilakukan di empat lokasi di Situ Cileunca, dua lokasi berada di dekat danau dan dua lokasi lagi berada di area hutan pinus rahong dan Kampung Singkur. Minimal pemesanan untuk paintball adalah sebanyak 10 orang.
  • Flying Fox. Terdapat empat lokasi flying fox di Situ Cileunca yang berada di dekat parkiran, hutan pinus rahong, teras danau, dan di camping ground. Tidak ada jumlah minimal orang untuk memesan flying fox di Situ Cileunca.
  • Offroad. Ada dua track menantang untuk offroad land rover di Situ Cileunca. Satu track menuju gunung padaringan yang terjal dan cukup ekstrem dan track lainnya di malabar yang santai dengan view oke. Setiap track mempunyai karakter tersendiri, tergantung selera wisatawan. 

Tarif Wahana Situ Cileunca

Jenis Wahana Situ Cileunca Tarif
Rafting Rp150.000
Paintball Rp100.000
Offroad (kapasitas 6 orang) Rp1.650.000
Flying Fox Rp25.000
ATV  Kapasitas 1 orang: Rp175.000
Kapasitas 2 orang: Rp220.000
Lihat Juga:   Rekomendasi dan Harga Sewa Tempat Camping di Pangalengan, Bandung

Selain berbagai wahana permainan seru yang dapat dicoba, Anda pun bisa memesan tenda untuk camping saat berwisata ke Situ Cileunca. Dibandingkan menyewa villa, camping di danau tentu akan menambah pengalaman berkesan Anda selama liburan.

Camping Situ Cileunca - www.kaskus.co.id
Camping Situ Cileunca – www.kaskus.co.id

Fasilitas Camping Situ Cileunca

Pengunjung dapat mendirikan tenda di pinggir danau sesuai ketentuan. Anda pun tak perlu repot menyiapkan perlengkapan camping karena pihak pengelola camping ground Situ Cileunca sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti tenda, penerangan, dan alat bakar. Satu tenda berkapasitas empat orang dengan perlengkapan meliputi extra bed, bantal, selimut, lampu penerangan, dan colokan listrik. 

Untuk fasilitas umumnya, sudah tersedia sepuluh toilet yang bersih dan lokasinya dekat area camping. Bahkan, tersedia pula sepuluh kamar mandi dengan water heater. Pihak pengelola berupaya meningkatkan fasilitas penerangan di area camping, sehingga akan membuat pengunjung merasa nyaman dan aman. Anda bisa menikmati layanan barbeque dan memperoleh makan pagi sampai malam tanpa repot memasak. Berikut rincian biaya paket camping di Situ Cileunca yang perlu Anda persiapkan.

Harga Camping Situ Cileunca

Jenis Kebutuhan Camping Harga
tenda (kapasitas 4 orang) Rp600.000 per tenda
Makan pagi Rp20.000 per orang
Makan siang Rp25.000 per orang
Makan malam Rp25.000 per orang
Kambing guling (30 orang) Rp2.000.000 per ekor
BBQ Rp35.000 per orang

Informasi tarif camping di atas telah kami rangkum dari situs resminya. Perlu diingat, biaya tersebut tidak mengikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak pengelola. Tak hanya di Situ Cileunca, beberapa lokasi camping juga disediakan di titik berbeda, seperti Sunrise Point Cukul, Taman Langit, dan Pinus Rahong. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak pengelola lewat nomor 0853-1888-8668 atau datang langsung ke lokasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan