Gunung Bunder, Surganya Curug (Air Terjun) di Bogor




gunung bunder - www.ngaboseh.com

memang sudah lama menjadi salah satu destinasi , baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Pasalnya, selain memiliki udara sejuk dan pemandangan khas pegunungan, Bogor juga mempunyai segudang spot wisata menarik, salah satunya Bunder.

gunung bunder - www.ngaboseh.com
gunung bunder – www.ngaboseh.com

 

Gunung Bunder merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Pamijahan, Bogor. Kawasan Gunung Bunder ini memiliki ketinggian antara 750 hingga 1.050 meter dari permukaan air laut dan sebagian besar berupa hutan milik Perhutani yang ditanami dengan pohon pinus.

Di kawasan Gunung Bunder, wisatawan dapat menemukan beberapa air terjun (Curug) menarik. Berikut beberapa air terjun menarik yang ada di Gunung Bunder.

  • Curug Seribu, merupakan salah satu air terjun favorit yang sering dikunjungi ketika ke Gunung Bunder dengan ketinggian hingga 100 meter. Usai memarkir kendaraan, pengunjung dapat menempuh selama 1 jam dengan berjalan kaki. Meski jalur yang dilalui cukup sulit, namun wisatawan disuguhi pemandangan yang indah serta beberapa air terjun kecil.
  • Curug Ngumpet, merupakan air terjun yang memiliki ketinggian tidak sampai 50 meter. Lokasi yang agak terpencil membuat air terjun ini dinamakan Curug Ngumpet. Meski begitu, jalur yang dilalui untuk tiba ke objek wisata ini cukup mudah dan hanya membutuhkan waktu 15 menit hingga 30 menit berjalan kaki.
  • Curug Cigamea, merupakan air terjun dengan ketinggian 50 meter dan bisa ditempuh dalam waktu paling cepat 15 menit berjalan kaki dari pintu masuk. Selain air terjun yang indah, di lokasi ini juga bisa ditemui beberapa warung penjual dan minuman ringan.
  • Curug Cihurang, merupakan air terjun yang relatif aman untuk dikunjungi. Selain air terjun, di sini juga tersedia camping ground dan bermain. Karena itu, Curug Cihurang sangat cocok sebagai .
  • Curug Cadas Ngampar, merupakan air terjun yang memiliki banyak batuan cadas, khususnya di aliran sungai. Di kawasan ini, pengunjung juga bisa menemukan beberapa lokasi air terjun seperti di Curug Puteri dan Curug Pengantin.

Selain air terjun, di Gunung Bunder wisatawan juga bisa mengunjungi Kawah Ratu. Kepundan kawah ini selalu mengeluarkan gas H2S dengan bau yang khas. Untuk mencapai kawah ini, pengunjung harus melewati trek yang lumayan sulit dan jauh, yaitu sekitar 14 km berjalan kaki atau selama 3 hingga 4 jam.

Lihat Juga:   Sejarah, Harga Tiket, dan Fasilitas Pantai Pandawa di Bali




Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*