Menginap ‘Gratis’ Sambil Jadi Relawan di Omah Backpacker, Malang




Omah Backpacker Malang (sumber: tripadvisor.com)
Omah Backpacker Malang (sumber: tripadvisor.com)

Pernahkah terlintas di benak Anda, ada sebuah homestay yang bisa disinggahi secara cuma-cuma? Kalaupun iya, Anda mungkin tidak akan berpikir homestay yang demikian benar-benar ada. Namun, beda ceritanya jika Anda sedang merencanakan trip ke . Ya, di kota yang terkenal dengan pemandangan pegunungannya ini, Anda dapat menemukan satu penginapan yang bisa disinggahi secara gratis. tersebut bernama Omah .

Omah Backpacker merupakan sebuah akomodasi yang mengusung konsep voluntourism. Sekadar , voluntourism merupakan kombinasi antara voluntering dan tourism. Jadi, saat berkunjung, pelancong tak hanya sekadar melakukan wisata, melainkan juga melakukan kegiatan sosial.

Bagi Anda yang penasaran dengan Omah Backpacker, bisa datang langsung ke Jl. Raya Ngijo Karangploso, Takeran 17, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi akomodasi ini berada sekitar 500 meter sebelum Warung Lesehan Pak Soleh, jika Anda berangkat dari pertigaan Karanglo.

Layaknya penginapan di Karanglo pada umumnya, akomodasi ini memang berjarak cukup jauh dengan objek wisata hits di Malang dan seperti Kampung Warna Jodipan, Alun-Alun Merdeka, Jatim Park 1, atau Museum Angkut. Namun, bukan berarti tak ada objek wisata yang berjarak cukup dekat dengan penginapan ini. Jika Anda suka wisata sejarah, Candi Singosari dan Museum Singhasari dapat dijangkau dengan berkendara selama sekitar 20 menit. Sementara, tempat wisata yang sedang hits di Malang, yakni Malang Night Paradise dan Hawai Water Park, hanya berjarak sekitar 7 km.

Omah Backpacker - www.tripadvisor.co.id
Omah Backpacker – www.tripadvisor.co.id

Nah, untuk sistem pembayaran, Omah Backpaker bisa dibilang menawarkan akomodasi “gratis”. Gratis di sini berarti Anda memang tak diwajibkan membayar uang sepeser pun, namun Anda tetap diharuskan mendonasikan satu buku (baru atau bekas). Buku tersebut nantinya akan dijadikan koleksi di Omah Sinau, agar nantinya bisa dibaca warga sekitar.

Tujuan utama dari Omah Backpacker adalah mengumpulkan koleksi buku yang nantinya akan digunakan untuk membangun taman bacaan di Desa Ngijo. Pasalnya, si pemilik merasa kalau akses untuk mendapatkan bacaan cukup sulit di desanya. Bahkan, perpustakaan sekolah yang harusnya mengakomodasi kebutuhan bacaan pun jarang dibuka.

Selain menawarkan untuk gratis, akomodasi ini juga membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi sukarelawan. Untuk mengakomodasi hal tersebut, terdapat Omah Sinau yang dapat digunakan sebagai tempat belajar bersama bagi anak-anak dan orang dewasa di Desa Ngijo. Omah Sinau ini mengajarkan keterampilan bahasa Inggris, keterampilan koding & membuat blog, les mata pelajaran, dan latihan tari tradisional.

Saat menginap di Omah Backpacker, Anda jangan pernah mengharapkan fasilitas yang mewah. Pasalnya, fasilitas yang ditawarkan oleh homestay ini memang sederhana. Meski demikian, dengan kebersihan yang selalu terjaga, penginapan ini sangat layak untuk dijadikan tempat singgah.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menginap gratis sembari menjadi sukarelawan di Omah Backpacker, Anda bisa langsung datang ke alamat yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, untuk mengetahui ketersediaan sekaligus , Anda bisa langsung menghubungi pemilik penginapan ini melalui perangkat mobile di nomor 0812 3362 9624.

Lihat Juga:   Venice Guest House, Penginapan Minimalis, Murah, dan Nyaman di Jakarta Utara




Tentang M. Nur Fahmi1496 Articles
Pegiat jaringan wisata dan kontributor aktif Local Guides

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan