Graha Wisata Ragunan, Hotel Murah Meriah & Nyaman Dekat Kebun Binatang Ragunan




Graha Wisata Ragunan - @Rezania Chairunnisyah

Selama ini mungkin banyak orang menganggap bahwa mencari yang di kawasan pusat kota Jakarta cukup sulit. Biasanya -hotel yang lokasinya strategis adalah berbintang dengan tarif yang tentunya relatif mahal. Anggapan itu memang tak sepenuhnya salah. Namun Anda yang berkantong pas-pasan dan bercita-cita untuk liburan hemat ke kawasan Ibukota sebetulnya tidak perlu khawatir. Pasalnya di Jakarta sebenarnya ada fasilitas akomodasi murah yang bahkan tarifnya mendapatkan subsidi dari pemerintah setempat. Penginapan itu adalah Hotel Graha Jakarta. Meski murah, fasilitas yang ditawarkan di Hotel Graha cukup memadai.

Graha Wisata Jakarta berlokasi di 2 , yang pertama di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan yang kedua di Ragunan. Mulanya, Hotel Graha Wisata dibangun tahun 1974 silam oleh mantan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin di 4 kawasan wisata sekaligus, yakni TMII, Ragunan, Kuningan, dan juga Ancol. Hotel tersebut dibangun dengan misi sosial, yaitu memfasilitasi remaja dan anak-anak yang ingin berwisata ke Jakarta. Namun seiring berjalannya waktu, Hotel Graha Wisata di Ancol sudah tak lagi beroperasi dan hotel yang berada di kawasan Kuningan kini dialih-fungsikan menjadi kompleks Diklat DKI.

Sementara itu, di Graha Wisata Ragunan menawarkan beberapa kamar dengan tarif yang sangat , yakni Rp 50 ribu saja per malam. Tarif tersebut bukan seperti rate yang dihitung per kamar seperti hotel-hotel pada umumnya, melainkan dihitung per orang. Khusus untuk pelajar dan mahasiswa, harga sewanya lebih murah lagi, yaitu dipatok Rp 25 ribu per malam.

Di Graha Wisata Ragunan setidaknya terdapat sekitar 83 unit kamar, mulai dari kamar dengan kapasitas 2 orang, 4 orang, atau 6 orang dalam satu kamar. Hotel yang disubsidi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta ini sanggup menampung hingga 326 orang.

Lihat Juga:   Tarif Variatif, Ini Rekomendasi Penginapan di Tumpang Malang
Graha Wisata Ragunan - @febrian sutarno
Graha Wisata Ragunan – @febrian sutarno

Adapun tipe kamar yang pertama adalah Kamar Garuda dengan kapasitas 2 orang dalam kamar. Kamar Garuda dilengkapi fasilitas cukup memadai seperti penyejuk ruangan atau air conditioner, ranjang yang nyaman lengkap dengan seprai, bantal, dan selimut, serta televisi. Selanjutnya ada kamar tipe Nuri yang fasilitasnya juga hampir sama dengan kamar Garuda. Di dalam kamar dengan kapasitas 2 orang ini telah dilengkapi dengan air conditioner (AC), TV, ranjang yang nyaman dengan seprai, selimut, dan bantal, cermin, meja, dan juga kamar mandi dalam.

Yang terakhir adalah kamar tipe Camar. Di Kamar Camar terdapat 6 bunk bed atau ranjang susun layaknya dormitory yang sanggup menampung 12 orang dalam satu kamar. Meskipun modelnya dormitory, kamar satu ini juga ditunjang dengan fasilitas penyejuk ruangan atau air conditioner (AC). Dibandingkan 2 kamar yang telah disebutkan sebelumnya, sewa di kamar satu ini jauh lebih murah lagi. Untuk kalangan umum disewakan dengan harga Rp 20 ribu per orang per malam, sedangkan untuk kalangan pelajar atau mahasiswa tarifnya hanya Rp 10 ribu saja per orang per malam. Sangat murah bukan?

Graha Wisata Ragunan juga dilengkapi dengan sederet fasilitas lainnya seperti ruang pertemuan yang memiliki kapasitas tampung antara 50-150 orang. Ruang pertemuan di Graha Wisata Ragunan dapat disewa untuk menyelenggarakan berbagai acara. Biaya sewa ruang pertemuan di Graha Wisata Ragunan untuk durasi 8 jam juga cukup terjangkau, sekitar Rp 200 ribuan saja untuk pelajar dan mahasiswa, sedangkan untuk kalangan umum ditarik biaya Rp 400 ribuan per 8 jam.

Selain ruang pertemuan, ada juga fasilitas koneksi internet gratis atau free wifi yang bisa dinikmati oleh seluruh tamu yang menginap di Graha Wisata Ragunan, kemudian ada juga kamar mandi, TV kabel, restoran dan cafe dengan menu-menu yang menarik, lobi, area parkir kendaraan yang luas, lobi, dan sebagainya.

Lihat Juga:   Tarif dan Lokasi Losmen Rita Pangandaran

Menginap di Graha Wisata Ragunan kerap menjadi pilihan bagi masyarakat atau rombongan yang mendambakan murah, namun tetap dengan fasilitas memadai. Terlebih karena posisi Graha Wisata Ragunan pun cukup strategis, dekat dengan seperti kebun binatang atau Taman Marga Satwa Ragunan, Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Museum Layang-Layang Jakarta, Taman Anggrek Ragunan, hingga Museum Basoeki Abdullah.

Meski usianya sudah 40 tahun lebih, Hotel Graha Wisata berupaya untuk terus menyesuaikan diri dengan perkembangan hotel saat ini. Tak hanya melakukan revitalisasi untuk meningkatkan fasilitas, pihak Hotel Graha Wisata juga berusaha untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Bahkan kabarnya para karyawan yang bertugas di Hotel Graha Wisata pun akan diberi pelatihan khusus dan disertifikasi terlebih dahulu guna memastikan kualitas pelayanan yang prima terhadap para tamu.

Graha Wisata Ragunan - @dodi ikhsan utama
Graha Wisata Ragunan – @dodi ikhsan utama

Penginapan Hotel Graha Wisata kerap digunakan untuk widya wisata, lokakarya, seminar, rapat, hingga pelatihan. Tamu yang datang ke Hotel Graha Wisata berasal dari seluruh provinsi di Indonesia dengan peringkat teratas diduduki oleh para tamu dari Jawa Tengah. Bahkan kadang ada juga tamu yang berasal dari luar negeri seperti .

Perlu diketahui bahwa tarif atau harga sewa kamar bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda tertarik untuk menginap di Graha Wisata Ragunan, Anda dapat langsung datang ke lokasi atau melakukan reservasi terlebih dahulu sejak jauh-jauh hari dengan menghubungi kontak berikut.

Graha Wisata Ragunan

Alamat: Komplek GOR Jaya Raya Ragunan Jl. Harsono RM, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12550
Nomor telepon: (021) 7806540 / 7812147
Fax: (021) 7812147
Email: marketing@grahawisatajaka.com




Tentang Dian Kartika1086 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan