Pesona Gili Dasami, Pulau Kecil Eksotis di Taman Nasional Komodo




Pulau Gili Dasami (sumber: twopenguinsonedream.com)
Pulau Gili Dasami (sumber: twopenguinsin

Apakah Anda pernah mendengar tentang Gili Dasami? Lalu, bagaimana dengan Komodo? Sama seperti . Gili Dasami merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam kawasan Nasional Komodo di dan juga dihuni hewan komodo. Karena ukurannya yang memang cukup kecil dibandingkan tetangganya, gaung wilayah ini tidak terlalu terdengar.

Melalui Surat Keputusan Presiden Nomor 4 tahun 1992, komodo telah ditetapkan sebagai satwa nasional sehingga keberadaannya hewan purba ini dilindungi oleh undang-undang.[1] Perlindungan komodo juga telah dilakukan dengan melakukan pelestarian habitat melalui penetapan Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar sebagai Taman Nasional Komodo pada tahun 1980 silam.

Seiring waktu, Taman Nasional Komodo ditetapkan sebagai Warisan Alam Dunia dan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO.[2] Keberadaan taman nasional ini dinilai sangat penting artinya dalam menunjang pelestarian keanekaragaman flora dan fauna di kawasan tersebut. Ekosistem yang dimiliki Taman Nasional Komodo tidak dijumpai di kawasan taman nasional manapun di Indonesia, salah satunya tentu saja komodo, reptil purba yang masih hidup hingga sekarang.

Sebagai salah satu wisata minat khusus, kunjungan turis ke Taman Nasional Komodo cenderung tinggi. Karena, selain melihat habitat asli komodo, mereka juga disuguhi pemandangan alam Labuan Bajo yang memang menakjubkan. Alasan lainnya adalah wisatawan ingin mempelajari dan mengalami sebuah petualangan yang baru, keluar dari rutinitas sehari-hari, serta ketertarikan terhadap budaya lokal.[3]

Komodo (sumber: dream.co.id)
Komodo (sumber: dream.co.id)

Seperti sudah disinggung di atas, selama ini wisatawan hanya mengetahui bahwa komodo di taman nasional tersebut dapat ditemukan di Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar, yang memang merupakan pulau-pulau utama. Padahal, masih ada dua pulau lain yang juga menjadi habitat komodo, yakni Pulau Gili Motang dan Gili Dasami. Karena wilayahnya yang kecil, dua pulau ini kerap terlewat dari perhatian turis.

Lihat Juga:   Villa Vixand, Tawarkan View Indah dan Akses Mudah ke BNS

dan Pesona Gili Dasami

Banyak yang menyebut Gili Dasami dengan Nusa Kode. Pulau terpencil ini terletak di sebelah selatan Pulau Rinca, dekat Toro Batumandi dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Berada paling jauh dalam gugusan kepulauan, untuk bisa menuju pulau ini, kabarnya wisatawan perlu menempuh sekitar 5 jam menggunakan speed boat dari Labuan Bajo.

Karena masih belum sering dijamah wisatawan, saat Anda menginjakkan kaki di pulau ini, Anda akan merasakan suasana yang tenang dan sunyi. Anda tidak akan menemukan banyak orang, sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin mencari kedamaian ketika . Terkadang, ada beberapa kapal tradisional yang lewat di dekatnya, tetapi jarang ada yang singgah.

Secara topografi, Gili Dasami memiliki bukit-bukit yang tinggi serta semak-semak liar. Terdapat pula hutan lebat, sehingga cukup sulit bagi traveler untuk menjelajahinya. Di bagian selatan, terhampar Samudera Hindia dengan ombak khasnya yang kencang dan angin besar. Berbanding terbalik dengan sisi utara pulau yang punya gelombang laut yang lebih tenang, ditambah karang-karang yang elok, sehingga sangat pas dijadikan lokasi untuk bermain air, berenang, atau menyelam.

Aktivitas snorkeling di Taman Nasional Komodo (sumber: wandernesia.com)
snorkeling di Taman Nasional Komodo (sumber: wandernesia.com)

Bagi mereka yang suka menyelam dan snorkeling, Gili Dasami menawarkan apa yang ingin Anda lihat. Di sisi barat pulau, Anda bisa menemukan ikan kerapu besar, karang-karang kecil, dan batu-batu tebal. Memang, ada banyak ikan besar yang tinggal di pulau ini, termasuk ikan kod, bohar snapper, malabar groupers, dan lainnya. Terkadang, ikan-ikan tersebut ‘harus rela’ menjadi santapan komodo, yang punya tubuh relatif lebih kecil dibandingkan jenis yang tinggal di Pulau Komodo, atau elang flores (Nisaetus flores) yang terbang dari pucuk pepohonan dan menukik tajam ke perairan.

Lihat Juga:   Lokasi, Fasilitas, dan Tarif ke Pantai Kalangan Sibolga

ke Gili Dasami

Sudah ada banyak agen tour and travel yang menawarkan paket perjalanan ke Taman Nasional Komodo. Sayangnya, tidak diketahui apakah paket wisata tersebut termasuk kunjungan ke Gili Dasami atau tidak. Sebagai gambaran, biaya paket trip 3 hari ke Taman Nasional Komodo sekitar Rp5 jutaan per orang, kemudian harga paket trip 3 hari menggunakan kapal pesiar sekitar Rp7,5 jutaan per orang, sedangkan paket wisata Taman Nasional Komodo selama 4 hari berkisar Rp8,5 jutaan.

[1] Muslich, M. dan Agus Priyono. 2005. Penyebaran dan Karakteristik Sarang Berbiak Komodo (Varanus komodoensis Ouwens, 1912) di Loh Liang Pulau Komodo Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur. Media Konservasi, Vol. X(1): 13-20.

[2] Mustari, Abdul Haris, dkk. 2010. Kajian Ekologi dan Status Keberadaan Komodo (Varanus komodoensis) di Pulau Padar Taman Nasional Komodo. Media Konservasi, Vol. 15(1): 13-20

[3] Hananya, Gabriela Angeline dan Desvita Mercya Natalia Tan. 2017. Motivasi Wisatawan Mengunjungi Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa Universitas Kristen Petra, Vol. 5(2).




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan