Pesona Pantai Blandongan, Spot Wisata Murah di Pasuruan




Pantai Blandongan Pasuruan - masihbaru.com
Pantai Blandongan Pasuruan - masihbaru.com

Diakui atau tidak, gaung wisata Pasuruan di area Provinsi Jawa Timur masih kalah dibandingkan dan Kota Batu. Padahal, kawasan ini memiliki banyak tempat liburan yang asyik, sebut saja Gunung Bromo, Safari Indonesia 2 di Prigen, hingga Banyu Biru. Tidak cuma itu, Pasuruan juga memiliki sejumlah pantai dengan pemandangan alam eksotis, termasuk Pantai Blandongan.

Kota dan Kabupaten Pasuruan memang memiliki potensi wisata yang cukup lengkap, ditunjang dengan letak geografis yang sangat strategis karena berada di jalur segitiga emas pengembangan Provinsi Jawa Timur, yaitu antara Malang, Surabaya, dan Jember.[1] Selain itu, kabupaten ini juga terletak di jalur utama Surabaya menuju Bali atau sebaliknya apabila melalui jalur darat.

Ada banyak spot wisata oke yang dapat Anda kunjungi selama berlibur ke wilayah ini. Salah satu yang populer adalah Taman Safari Indonesia 2 yang berlokasi di daerah Prigen. Sering disebut Taman Safari Prigen, objek wisata ini pertama kali beroperasi pada tahun 1997 silam dan sempat menjadi pemain tunggal dalam hal wisata edukasi satwa yang ada di Pasuruan, Kota Batu, dan Malang sebelum munculnya Jawa Timur Park 2 (Batu Secret Zoo) pada tahun 2010.[2]

terkenal lainnya adalah Gunung Penanjakan, yang menawarkan sunrise Gunung Bromo. Gunung Penanjakan sering menjadi pilihan banyak wisatawan yang ingin melihat matahari terbit saat berkunjung ke Gunung Bromo daripada spot Bukit Kingkong dan Bukit Cinta.[3] Selain itu, di Gunung Penanjakan, turis juga bisa melihat panorama Gunung Bromo, Gunung Batok, dan lautan pasir sekaligus.

Lihat Juga:   Griya Mulya, Villa Kamaran Asri di Kota Batu

Jangan lupakan juga Pemandian Banyu Biru yang berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Kebanyakan tertarik dengan kolam renang yang segar serta ribuan ikannya, ada juga sejumlah turis yang datang ke tempat ini lantaran penasaran dengan aura mistis yang ditawarkan. Konon, pemandian ini sudah ada sejak Kerajaan Majapahit dan airnya diklaim dapat digunakan sebagai obat serta membuat awet muda.

Pantai Blandongan Pasuruan - jejakpiknik.com
Pantai Blandongan Pasuruan – jejakpiknik.com

Pesona dan Fasilitas Pantai Blandongan Pasuruan

Tidak cuma wisata taman dan pegunungan yang ditawarkan Pasuruan. Daerah ini juga memiliki sejumlah pantai elok yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya ada lima pantai di Pasuruan yang sering direkomendasikan untuk dikunjungi wisatawan, yakni Pantai Lekok, Pantai Penunggul, Pantai Tambak Bahak, Pantai Pasir Panjang, dan Pantai Blandongan.

Khusus nama yang terakhir, pantai tersebut dapat Anda temukan di Kelurahan Blandongan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan. Pantai Blandongan merupakan salah satu kawasan lindung di bagian utara Kota Pasuruan, yang punya hutan mangrove, selain Pantai Kelurahan Mandaranrejo, Pantai Kelurahan Panggungrejo, Pantai Kelurahan Tambaan, dan Pantai Kelurahan Ngemplakrejo.

Terletak di sisi utara, Pantai Blandongan menawarkan pemandangan Laut Jawa yang luas dan eksotis. Tidak seperti pantai-pantai di selatan Jawa, ombak di pantai cenderung tenang sehingga cukup aman digunakan untuk bermain air. Anda bisa berjalan-jalan santai di tepi pantai, berenang, atau foto dan duduk-duduk manis di pinggir pantai sambil menikmati panorama matahari tenggelam.

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam, Pantai Blandongan ternyata juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. Jika Anda kebetulan datang bersama atau rombongan besar, bisa bermain voli pantai. Sementara, apabila ingin melihat luasnya Laut Jawa, dapat menyewa perahu atau kapal nelayan untuk berkeliling.

Lihat Juga:   Losmen Kartika (Hotel Kartika), Tempat Transit Strategis di Sabang

Selain sebagai objek wisata, kawasan perairan di Kelurahan Blandongan telah digunakan sebagai budidaya perikanan. Menurut data Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Pemerintah Kota Pasuruan, dengan luas sekitar 16,83 hektar, penangkapan ikan laut di kawasan ini diklaim bisa mencapai angka 1.619 ton per tahun. Sementara, potensi budidaya ikan air payau atau tambak mencapai angka 730 ton per tahun di area seluas 502,39 hektar.

Pantai Blandongan Pasuruan - keluyuran.com
Pantai Blandongan Pasuruan – keluyuran.com

Pantai Blandongan Pasuruan

Pantai Blandongan sangat cocok sebagai lokasi liburan mereka yang tidak ingin mengeluarkan banyak . Pasalnya, harga tiket masuk pantai ini memang sangat terjangkau, cuma Rp5.000 per orang. Namun, tiket tersebut belum termasuk parkir jika membawa kendaraan bermotor serta biaya untuk menyewa kapal nelayan. Yang perlu diingat, jika berkesempatan berkunjung, tetap untuk menjaga kebersihan area pantai.

[1] Santosa, Eren Dea Ajeng Inggil, Choirul Saleh, Minto Hadi. 2015. Pengembangan Objek Pariwisata sebagai Upaya untuk Meningkatkan Ekonomi Lokal (Studi Kasus Objek Wisata Banyu Biru di Kabupaten Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 3(1): 89-95.

[2] Budiono, Handy, Deddi Duto Hartanto, Merry Sylvia. 2014. Perancangan Strategi Rejuvenasi Taman Safari Indonesia 2 Prigen Pasuruan. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 1(4).

[3] Fanani, Zaenal dan Edriana Pangestuti. 2017. Analisis Keamanan dan Kenyamanan Objek Wisata Penanjakan 1 Bromo. Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 49(2): 63-67.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan