Pulau Tikus Bengkulu, Spot Asyik Jelajahi Hutan Terumbu Karang




Pulau Tikus Bengkulu - ksmtour.com
Pulau Tikus Bengkulu - ksmtour.com

Pulau Tikus merupakan pulau kecil yang terletak di sebelah barat Kota dengan jarak 10 km dari pusat kota dan dengan potensi ekowisata bahari terumbu karang.[1] Termasuk pulau tak berpenghuni, kawasan ini menawarkan fasilitas yang tergolong memadai dengan harga atau masuk yang relatif terjangkau.

Cara ke Pulau Tikus

Diketahui, luas Pulau Tikus tidak lebih dari 1,5 ha. Meskipun terbilang sangat kecil, pulau ini cukup menarik minat , baik lokal maupun mancanegara. Untuk singgah ke tempat wisata ini, turis harus menggunakan alat transportasi air seperti perahu nelayan atau speed boat. Jarang ada wisatawan yang pergi ke Pulau Tikus menggunakan kapal feri.

Untuk menyewa perahu atau speed boat, Anda harus pergi ke Jakat. Anda juga bisa pergi ke pulau dari Pantai Tapak Paderi dan Pelabuhan Pulau Baai. Jika turis berangkat dari Pantai Jakat, membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam, dari Pantai Tapak Paderi kurang lebih 30 menit, dan dari Pelabuhan Baai sekitar 40 menit menggunakan speed boat. Sementara itu, untuk menuju tiga titik pemberangkatan menuju Pulau Tikus ini, Anda bisa menggunakan kendaraan darat dari Kota Bengkulu.

Fasilitas Pulau Tikus

Menyimpan keindahan dunia bawah laut yang menggoda, menjadikan Pulau Tikus sebagai tempat berlibur yang seru bagi , bahkan termasuk salah satu spot wisata populer di Bengkulu. Daratan didominasi dengan pepohonan besar dan menjulang tinggi seperti pohon kelapa dan pohon palem. Sementara itu, bagian bawah pulau ditumbuhi hutan terumbu karang yang lebat.

Lihat Juga:   Pantai Amanda Ratu, Objek Wisata Eksotis di Sukabumi Mirip Tanah Lot

Hutan kecil di tengah pulau juga masih terbilang asri dan bebas sampah. Hal ini yang membuat suasana spot wisata ini menjadi sejuk dan pas dijadikan sebagai tempat istirahat. Biasanya, pelancong akan menggelar tikar atau alas duduk plastik di bawah pepohonan yang rindang untuk piknik dan meletakkan barang-barang bawaan.

Pulau Tikus Bengkulu - www.republika.co.id
Pulau Tikus Bengkulu – www.republika.co.id

Termasuk pulau berpasir putih yang lembut, Anda tidak perlu merasa khawatir saat berlarian di pantai pulau ini. Air di pulau ini juga jernih dengan warna hijau kebiruan, bahkan konon Anda bisa melihat terumbu karang dari pinggir pantai. Selain itu, di pulau ini jarang ditemukan bulu babi, sehingga aman dijadikan area bermain anak.

Selain menikmati keindahan pantai, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya memancing. Bisa dibilang, tempat rekreasi ini menjadi salah satu surga bagi para pemancing. Anda tidak hanya bisa mendapatkan ikan karang berukuran besar, tetapi juga kepiting dan lobster. Hasil tangkapan ini bisa langsung Anda makan di pinggir pulau sambil membuat api unggun.

Tak hanya memancing, Anda juga bisa berenang dan menyelam. Ombak di sekitar pulau akan sangat tenang saat airnya mulai surut. Bawalah sejumlah peralatan renang dan menyelam untuk menikmati keindahan terumbu karang di sekitar pulau. Selain itu, Anda bisa membawa kamera bawah air untuk mengabadikan hutan terumbu karang yang elok.

Ada lebih banyak spot foto di bawah pulau daripada di daratan pulau, karena Anda bisa menemukan banyak objek yang menarik sebagai background. Jika Anda beruntung, Anda bisa berfoto dengan gurita, penyu hijau, dan penyu sisik. Biasanya, hewan-hewan ini akan berada di area sekitar pulau untuk kawin dan bertelur.

Lihat Juga:   Update Makanan Khas Batu Malang, Surganya Para Pecinta Kuliner

Pada waktu tertentu, Anda juga bisa melihat penyu yang sudah bertelur di area pantai. Biasanya, penyu akan bertelur di malam hari dan kembali ke laut di pagi hari. Namun, Anda tidak boleh mengusik para penyu, apalagi mengambil telur mereka. Fenomena seperti ini memang langka, sehingga Anda hanya diperbolehkan untuk berfoto.

Di pulau ini juga ada spot foto kece di daratan, yakni mercusuar yang menjulang tinggi. Sayangnya, Anda hanya diperbolehkan berfoto di bagian pinggir saja dan tidak boleh dekat-dekat dengan sisi samping bangunan yang menghadap ke laut. Pasalnya, dikhawatirkan turis tergelincir akibat jalanan yang licin.

Pulau Tikus Bengkulu - travel.kompas.com
Pulau Tikus Bengkulu – travel.kompas.com

Harga Pulau Tikus

Menurut pelancong yang pernah pergi ke Pulau Tikus, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuknya. Namun, turis harus membayar sewa kapal menuju Pulau Tikus dengan tarif mulai Rp100 ribu hingga Rp250 ribu per orang. Biaya pergi ke Pulau Tikus ini tentu saja tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Pustikawati, Maria, Yar Johan, Dede Hartono. 2016. Kajian Ekosistem Terumbu Karang untuk Pengembangan Ekowisata Bahari Pulau Tikus Bengkulu. Jurnal Enggano Universitas Bengkulu, Vol. 1(1): 113-119.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan