Rekomendasi Penginapan di Blangkejeren dan Tarifnya

Bandara Blangkajeren (sumber: lintasgayo.co)
Bandara Blangkajeren (sumber: lintasgayo.co)

Blangkejeren merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Gayo Lues, dan terkenal dengan rekreasi Kampung Wisata Agusen yang menawarkan suasana pedesaan Aceh yang asri dan masih tradisional.[1] Untuk mengakomodasi para turis yang ingin mengeksplorasi ini, sudah terdapat beberapa penginapan yang menawarkan fasilitas lengkap dengan tarif relatif .

Pesona Kampung Wisata Agusen di Blangkejeren

Sebagai desa wisata di Blangkejeren, Kampung Wisata Agusen terkenal dengan kebun kopi yang luas, pemandian alam, dan sebagai pendakian menuju Mugajah. Potensi kampung wisata ini telah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang suka menjelajah alam liar. Saat memasuki kawasan tempat wisata ini, Anda akan disambut dengan keindahan sungai yang airnya jernih. Di area pinggir sungai, terdapat banyak pepohonan besar dan tumbuhan perdu dan membuat suasana sekitar menjadi sejuk.

Bacaan Lainnya

Setelah melihat sungai, wisatawan bisa langsung melihat hamparan kebun kopi yang luas. Berbeda dengan area perkebunan di daerah lain, kebun kopi di daerah ini terbilang cukup subur dan sekilas menyerupai hutan. Kebanyakan biji kopi yang ditanam di tempat ini tentu saja adalah kopi Gayo yang terkenal dengan aromanya yang harum, rasanya yang agak asam, dan sedikit pahit.

Kampung Wisata Agusen tampak dari ketinggian (sumber: mongabay.co.id)

Biasanya, area perkebunan kopi di Kampung Wisata Agusen berdampingan dengan area persawahan. Jika Anda berada di daratan yang cukup tinggi, Anda akan melihat gradasi warna perkebunan kopi dan sawah dari cokelat, hijau tua, menuju hijau muda saat padi baru ditanam. Namun, jika sudah waktunya panen, Anda akan melihat warna area perkebunan yang cokelat dan hijau kontras dengan warna lahan persawahan yang kuning.

Selain bisa menikmati kopi hangat di area perkebunan, di pinggir jalan pedesaan sudah terdapat kedai kopi. Di beberapa kedai kopi, biasanya wisatawan diperbolehkan untuk melihat cara mengolah biji kopi hingga menjadi minuman kopi siap seduh. Inilah yang menjadi hiburan tersendiri bagi orang awam yang belum pernah melihat proses pembuatan kopi Gayo.

Objek yang tak kalah seru di agrowisata kopi Kampung Wisata Agusen adalah pemandian alam. Lokasinya tidak jauh dari kebun kopi dan sungai. Pemandian alam ini adalah titik berendam di sungai yang berarus tenang. Sambil berendam di spot rekreasi ini, Anda bisa menikmati secangkir kopi Gayo panas dan melihat pemandangan alam sekitar yang masih asri dan elok.

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi Kampung Wisata Agusen, khususnya jika Anda datang dari luar kota, sebaiknya mencari tempat inap di daerah ini. Sebagai referensi akomodasi di Blangkejeren, Anda bisa melihat tabel berikut.

Penginapan di Blangkejeren

Kamar hotel salah satu penginapan di Blangkajeren (google)
Nama Penginapan Alamat Tarif per Malam
Mulia Hotel Jl. Brigjen Pol. Ridwan Karim No. 67, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Standard Room: Rp200.000 – Rp350.000
Hotel Ari Naufal Kampung Jawa, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Hotel Nusa Indah Kuta Lintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Standard Room: Rp65.000
Hotel Wahyu Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Standard Room: Rp100.000
Hotel Marmas Gele, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Kamar Ekonomi: Rp100.000
Hotel Tawar Dingin Jl.Tengku Haji Karim Ali No. 1, Gustarunsalam, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Call 0852 6085 6777
Pakat Jaroh Losmen Jl. Blangkejeren – Kutacane, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Call (0642) 21049
Penginapan Nadia Durin, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Hotel Sarah Juli Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Standard Room: Rp200.000
Family Room: Rp400.000
Wisma Pondok Indah Jl. Kute Desa Porang, , Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Am Malik Kampung Jawa, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Pendopo Bupati Galus Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Hotel Ari Noval Kampung Jawa, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Penginapan AMD Jl. Lintas Takengon – Blangkejeren, Bustanussalam, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Hilltop House Kampung Jawa, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Penginapan Wisma Bunda Kampung Jawa, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Call 0823 6191 3319
Pondok Wisata Guesthouse Jl. Blangkejeren – Kutacane No. KM 32, Ketambe, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Standard Room: Rp70.000 – Rp200.000
Sadar Wisata Guesthouse Jl. Blangkejeren KM 32, Ketambe, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh Call 0852 7065 2242

Perlu Anda ketahui, harga sewa kamar di tiap penginapan di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Khusus untuk akomodasi yang tidak memiliki nomor telepon, untuk mengetahui tarifnya, Anda bisa berkunjung langsung ke lokasinya.

[1] Sudirman, Ryan Moulana, Iqbar. 2020. Persepsi Publik terhadap Kompleksitas Kewisataan di Kampung Wisata Agusen, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Vol. 5(1): 605-614.

Pos terkait