Tarif Hotel Bahagia Gresik, Lokasi Dekat Makam Maulana Malik Ibrahim




Hotel Bahagia Gresik (google street view)
Hotel Bahagia Gresik (google street view)

Gresik merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal dengan religinya, bahkan sudah disebut sebagai kota para santri. Salah satu wisata religi yang terkenal di Gresik adalah Makam Sunan Gresik atau lebih dikenal dengan Makam Maulana Malik Ibrahim.[1] Untuk mengakomodasi para wisatawan yang ingin rekreasi ke tempat ini, sudah ada beberapa penginapan yang berlokasi dekat dan menawarkan lengkap dengan relatif terjangkau, termasuk Hotel Bahagia.

dan Fasilitas Hotel Bahagia Gresik

Hotel Bahagia terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No. 11, Kemuteran, Pekelingan, Gresik, Jawa Timur. ini menawarkan akses terdekat ke Makam Sunan Gresik, dengan jarak sekitar 750 m. Dari ke Makam Maulana Malik Ibrahim, Anda bisa jalan kaki selama sembilan menit.

Spot rekreasi ini cukup terkenal dan ramai. Selain bisa berwisata religi untuk mendoakan Sunan Gresik, Anda bisa berbelanja pernak-pernik khas Kota Santri. Di sepanjang jalan hingga pintu gerbang pemakaman, ada banyak lapak penjual oleh-oleh khas daerah, mulai dari camilan, makanan, perhiasan, tasbih, peci, hingga baju busana Muslim dan baju koko.

Ada juga area khusus untuk berpiknik dan makan di area sekitar makam. Tempat ini berupa taman kecil dengan pepohonan rindang dan tanaman berbunga. Bagian pinggir taman difasilitasi dengan bangku-bangku yang terbuat dari semen, sementara di bagian tengahnya ada gazebo untuk bersantai.

Hotel Bahagia Gresik tampak depan (google street view)
Hotel Bahagia Gresik tampak depan (google street view)

Setelah puas mengunjungi Makam Sunan Gresik, Anda bisa kembali ke tempat inap untuk istirahat. Meskipun penginapan ini memiliki konsep hunian yang sederhana, fasilitas yang disediakan cukup memadai. Di area luar bangunan, Anda bisa menemukan tempat parkir yang cukup luas dengan konsep outdoor. Spot parkir ini dijaga ketat oleh security selama 24 jam.

Lihat Juga:   Daftar Hotel Dekat Kementerian Pertanian Lengkap dengan Tarifnya

Memasuki area gedung, Anda akan menemukan sarana umum, seperti teras sebagai area bersantai dan lobby dengan bangku-bangku kayu yang nyaman. Biasanya, dua tempat ini dijadikan sebagai tempat menunggu sekaligus nongkrong oleh para tamu. Teras ini menghadap ke arah jalanan di luar hotel dan taman di samping lobby. Taman tersebut memang tidak terlalu besar, tetapi cukup asri dengan tanaman bunga dan pepohonan kecil.

Selain itu, akomodasi ini menyediakan tempat makan yang berbentuk seperti kedai atau kafe. Restoran keluarga ini dilengkapi dengan meja dan kursi yang terbuat dari kayu. Bagian pojok kafe juga terdapat wastafel untuk cuci tangan. Sebelum makan, pastikan Anda mencuci tangan hingga bersih, supaya tidak ada kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Area makan ini menyediakan beragam hidangan yang lezat, mulai dari es campur, bakso, mie kuah, hingga nasi goreng. Untuk minumannya, Anda bisa memesan kopi, teh, jeruk hangat, es jeruk, dan aneka soft drink. Tak hanya itu, warung makan juga menyediakan aneka camilan seperti gorengan dan roti bakar.

Teras Hotel Bahagia Gresik (google: Anosora 2015)
Teras Hotel Bahagia Gresik (google: Anosora 2015)

Pindah ke , kamar-kamar di hotel ini letaknya ada di lantai dua dengan model klasik. Setiap kamar memiliki teras di depan pintu masuk dan balkon di luar jendela kamar. Teras dan balkon ini difasilitasi dengan set kursi malas yang biasa dipakai untuk nongkrong sekaligus bersantai. Dari area teras, Anda bisa melihat deretan kamar dengan pola seperti lorong. Sementara itu, dari balkon, Anda bisa melihat jalanan sekitar bangunan yang masih asri dan tidak terlalu ramai.

Lihat Juga:   Favehotel Tlogomas, Budget Hotel Gress di Kota Malang

Bagian dalam kamar dibekali dengan AC/kipas angin, meja lampu, set meja rias, lemari pakaian, dan kasur yang nyaman. Ada juga kamar mandi pribadi yang letaknya di pojok kamar dan memiliki shower, bak air, kloset duduk, cermin, dan gantungan pakaian. Di luar kamar mandi juga terdapat tempat untuk menjemur handuk.

Tarif Hotel Bahagia Gresik

Menurut pelancong yang pernah menginap di akomodasi ini, Anda cukup membayar tarif sewa kamar mulai Rp85 ribuan hingga Rp100 ribuan per malam. sewa kamar ini tidak terikat dan bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. ini belum termasuk sarapan atau biaya antar makanan dari restoran ke kamar. Anda bisa melakukan secara langsung di lokasi, karena penginapan belum bekerja sama dengan situs online.

[1] Zuliana, Iis. 2019. Analisis Potensi dan Interaksi antar Objek Wisata Religi di Kabupaten Gresik. Swara Bhumi e-Journal Pendidikan Geografi FIS Unesa, Vol. 1(2): 1-8.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan