Cocok untuk Snorkeling dan Scuba Diving, Berikut Cara ke Pulau Tabuhan

  • Whatsapp
Snorkeling di Pulau Tabuhan (sumber: befreetour.com)
Snorkeling di Pulau Tabuhan (sumber: befreetour.com)

Pulau Tabuhan terletak 20 km dari Kota Banyuwangi, tepatnya di Desa Bagsrin, Kec. Wongsorejo dan sebagai tempat rekreasi untuk scuba serta snorkeling.[1] Pulau ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap dengan tarif atau masuk yang relatif terjangkau. Jika tertarik, Anda bisa pergi ke pulau itu dengan cara menggunakan atau menyewa kapal motor.

Cara ke Pulau Tabuhan terbilang gampang-gampang sulit, karena Anda harus menempuh jalur darat dan jalur laut. Anda juga harus menyewa kapal sebagai kendaraan umum untuk menuju pulau tersebut. Bagi Anda yang datang dari luar kota atau pulau, Anda bisa menggunakan rute berikut.

Bacaan Lainnya
Pulau Tabuhan (sumber: travelspromo.com)
Pulau Tabuhan (sumber: travelspromo.com)

Cara ke Pulau Tabuhan

  • Dilansir dari Tribunnews, bagi Anda yang ingin menuju Pulau Tabuhan dari Banyuwangi langsung, Anda harus menyewa kapal di Pelabuhan Bunder Bangsring. Selain itu, Anda juga bisa menyewa kapal di Pantai Grand Watu Dodol atau di Pelabuhan Kampe. Kapal tersebut akan membawa Anda langsung ke Pulau Tabuhan.
  • Masih dari sumber yang sama, rute tercepat menuju Pulau Tabuhan dari Banyuwangi adalah melalui Pelabuhan Ketapang. Tidak menuju Pulau , carilah kapal yang menuju Pantai Watu Dodol dan ikuti petunjuk ke Rumah Apung. Setelah itu, Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal atau trip ke Pulau Tabuhan.
  • Jika Anda dari luar kota Banyuwangi, Anda bisa menggunakan jalur darat atau udara. Untuk Anda yang masih berada di Jawa Timur, Anda disarankan naik kereta atau bus malam menuju Kota Banyuwangi. Sementara itu, jika Anda berada di daerah lain yang sangat jauh dari Pulau Jawa, Anda bisa menggunakan pesawat untuk ke Kota Banyuwangi.
  • Setelah sampai di Banyuwangi, Anda bisa pergi ke Terminal Sritanjung dan naik bus dengan tujuan Situbondo. Turunlah di Desa Bangsring untuk pergi ke Rumah Apung. Setelah itu, Anda bisa menyewa kapal untuk menuju ke Pulau Tabuhan.
Lihat Juga:   SR Guest House, Penginapan Terjangkau Dekat Balai Kota Among Tani Batu
Kapal di pesisir Pulau Tabuhan (medium: Avissa Putri)
Kapal di pesisir Pulau Tabuhan (medium: Avissa Putri)

Sesampainya di Pulau Tabuhan, Anda akan disambut dengan pesona pantai pulau yang keren dengan tumbuhan dan hutan kecil yang masih asri di sekelilingnya. Tak sampai di situ, pasir putih yang lembut di pinggir pantai seolah memantulkan cahaya ketika tersapu ombak. Anda bisa bermain di area pinggir pantai sepuasnya dan menikmati fasilitas di Pulau Tabuhan. Lalu, apa saja fasilitas di pulau tersebut?

Fasilitas Pulau Tabuhan

Tergolong pulau kecil yang masih asri dan bebas sampah, menurut wisatawan yang pernah singgah di pulau ini, fasilitas Pulau Tabuhan tergolong cukup lengkap. Tak jauh dari tempat Anda mendarat, sudah terdapat warung kecil yang menawarkan ringan dan . Di samping warung ini, ada bilik untuk ganti baju sekaligus sebagai tempat bilas.

Selain itu, ada spot khusus untuk Anda yang ingin berkemah. Tempat berkemah ini berada di bawah pepohonan pinggir pantai. Wisatawan bebas mendirikan di tempat ini, tetapi tidak boleh meninggalkan sampah atau bekas api unggun.

Lihat Juga:   Rekomendasi Pantai Terdekat dari Kediri, Mana Saja?

Setelah mendirikan tenda, biasanya para turis akan berenang dan menyelam. Khusus untuk snorkeling atau diving, Anda bisa membawa peralatan sendiri. Namun, jika Anda tidak memiliki peralatan, Anda bisa menyewanya sebelum menuju Pulau Tabuhan. Sebagai informasi tambahan, lapak penyewaan alat renang terdekat ada di Pantai Bangsring, yakni titik keberangkatan menuju Pulau Tabuhan.

Ombak di sekitar Pulau Tabuhan terbilang tidak terlalu kencang, sehingga aman dan nyaman untuk berenang. Ketika diving, Anda akan melihat taman terumbu karang dengan aneka biota laut. Kebanyakan jenis ikan yang ada di area ini adalah ikan nemo yang berwarna oranye dengan garis hitam dan putih.

Tenda camping di Pulau Tabuhan (sumber: yukbanyuwangi.com)
Tenda camping di Pulau Tabuhan (sumber: yukbanyuwangi.com)

Selain berenang, Anda juga bisa melihat keindahan laut Pulau Tabuhan dengan cara menyewa kapal nelayan atau kapal motor. Jangan lupa untuk membawa kamera ketika berkeliling, karena pemandangan laut dan pantai sekitar akan terlihat sangat jelas dan keren.

Harga Tiket Masuk Pulau Tabuhan

Bagi Anda yang tertarik berlibur ke Pulau Tabuhan, Anda harus mengetahui biaya masuknya. Menurut pelancong yang pernah singgah ke Pulau Tabuhan, Anda tidak perlu membayar harga tiket masuknya alias gratis. Namun, Anda harus menyiapkan biaya untuk menyewa kapal, yakni sekitar Rp450 ribu hingga Rp500 ribu per kapal dengan kapasitas hingga 10 orang.

[1] Setiyawan, Lutfi. 2017. Penciptaan Program Features “Ngeluyur” Episode “Mengenal Kegigihan Kelompok Nelayan Ikan Hias Samudra Bakti” (Skripsi). Jurusan Televisi Fakultas Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta Yogyakarta.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan