Fasilitas Permainan, Penginapan, dan Acara di Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari - lifestyle.okezone.com

Tidak ada habisnya jika kita membicarakan potensi wisata di Bogor. Pasalnya, daerah yang berlokasi di dataran tinggi ini memiliki beragam wisata yang menarik, serta ditunjang fasilitas pendukung yang berlimpah. Nah, salah satu objek wisata yang berlokasi di Kota Hujan tersebut adalah Buah Mekarsari.

Tentang Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari adalah salah satu pusat pelestarian keanekaragaman hayati buah-buahan tropika terbesar di dunia, khususnya buah-buahan unggul yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia. Ini juga sekaligus merupakan tempat penelitian budidaya (agronomi), pemuliaan (breeding), dan perbanyakan bibit unggul untuk kemudian disebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Taman Buah Mekarsari - beritagar.id

Taman Buah Mekarsari – beritagar.id

Taman buah ini sendiri berlokasi di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten , Jawa Barat. Untuk menuju taman ini, Anda bisa menggunakan angkutan umum dari , , maupun Bekasi, dengan jurusan menuju ke Jonggol. Jika Anda berangkat dari Kampung Rambutan misalnya, Anda bisa menumpang angkutan kota Kowanbisata jurusan -Jonggol dan turun tepat di depan gerbang Taman Buah Mekarsari.

Taman ini sendiri digagas oleh Ibu Tien Soeharto (alm.) yang mulai dibangun pada tahun 1990. Setelah lima tahun pembangunan, taman tersebut kemudian diresmikan pada tahun 1995. Awalnya, Taman Buah Mekarsari mengusung sebagai tempat untuk konservasi tumbuhan. Namun, ini kemudian diperluas menjadi area konservasi, reboisasi, edukasi, dan juga tempat rekreasi.

Taman Buah Mekarsari sendiri dirancang dengan pola “Lamtoro Gung” sebagai tema utamanya. Pasalnya, tanaman tersebut merupakan simbol tanaman serbaguna, sebagai pelestari lingkungan hidup dan pemenuhan kebutuhan hidup. Daun, bunga, dan buah bisa digunakan sebagai pakan ternak, tanah terhadap hama dan kekeringan, serta dapat digunakan sebagai pupuk hijau.

di Taman Buah Mekarsari

Ada banyak wahana wisata dan permainan yang ditawarkan di Taman Buah Mekarsari. Wahana pertama adalah Tropical Camp dengan lokasi camping yang tidak kalah indah dan sejuk jika dibandingkan berkemah di gunung. Fasilitas yang disediakan di wahana ini adalah masuk, tiket kereta keliling, api unggun, penerangan, listrik, sound system, dan tentu saja tenda dome.

Taman Buah Mekarsari - lifestyle.okezone.com

Taman Buah Mekarsari – lifestyle.okezone.com

Selain itu, taman ini juga menyediakan berbagai wahana permainan yang seru. Ada outbound yang dapat dimanfaatkan untuk menguji adrenalin di tengah hamparan tanaman kelapa. Sabut Kelapa Outbound adalah wahana permainan halang rintang yang memiliki tingkat kesulitan berbeda, sedangkan The Paintball adalah kegiatan yang mengajak semangat Anda untuk bekerja sama dengan tim guna menghancurkan musuh.

Lihat Juga:   Jalan - Jalan Cari Makan di Pulau Pinang - Destinasi Kuliner Pilihan

Di samping itu, Taman Buah Mekarsari juga memiliki area Country Side yang ditanami dengan berbagai koleksi tanaman buah. Nah, menjelajahi area ini akan lebih seru dengan menggunakan sepeda, baik sepeda tunggal maupun sepeda tandem. Di samping itu, disediakan juga sepeda tuk-tuk yang mirip dengan sepeda di Thailand.

Untuk anak-anak, ada wahana Kids Fun Valley dengan berbagai pilihan permainan yang sangat mengasyikkan. Wahana ini dapat memberikan nuansa riang bagi mereka dalam menikmati liburan seru di Taman Buah Mekarsari. Beberapa permainan yang tersedia di antaranya Bom-Bom Car, Mono Rail, Aeroplane, Mini Gokart, dan Fancy Train.

Selain di darat, Taman Buah Mekarsari juga menyediakan wahana air bagi pengunjung yang ingin basah-basahan. Anda bisa menikmati keindahan Danau Mekarsari dengan Perahu Kano dan Dragon Boat. Sementara, untuk anak-anak, bisa menggunakan Mini Aqua Boat, Water Bike, Floating Donat, Banana Boat, dan Giant Bubble. Sementara, untuk , disediakan fasilitas Dragon Boat.

Water Bike juga bisa dipilih untuk merasakan serunya bersepeda di atas air dan tentunya juga mendapatkan sensasi bersepeda yang berbeda. Di samping itu, Mekarsari juga memberikan keceriaan bagi wisatawan yang suka memacu adrenalin dengan menaiki New Banana Boat, Rolling Donut, atau Flying Fish sambil menikmati indahnya panorama Danau Mekarsari.

Lihat Juga:   Klub Villa Delima, Venue Resepsi Pernikahan Outdoor Terbaik di Jakarta Selatan

Fasilitas Akomodasi di Taman Buah Mekarsari

Selain wahana permainan yang menarik dan seru, Taman Buah Mekarsari tidak lupa menyediakan fasilitas penunjang untuk kenyamanan pengunjung. Di tempat ini, ada beberapa akomodasi penginapan bagi wisatawan yang ingin bermalam di Taman Buah Mekarsari. Beberapa penginapan yang disediakan di antaranya Rumah Pohon, D’Cabin, dan Family Camp.

Rumah Pohon misalnya, memiliki kamar bernuansa pohon yang terbuat dari kayu dengan beton besar sebagai penyangga yang menyerupai batang pohon. Fasilitas yang disediakan di tempat ini di antaranya kamar ber-AC, kamar mandi lengkap dengan shower dan fasilitas water heater, TV, lemari es mini, serta sarapan yang bisa dinikmati di teras kamar.

Kemudian, D’Cabin merupakan sebuah akomodasi unik untuk keluarga yang terbuat dari modifikasi container dengan interior modern. Lokasi penginapan ini terletak di antara kebun buah dengan view danau. D’Cabin memiliki ukuran 4 x 3 meter dan didukung fasilitas seperti AC, TV, kamar mandi dengan water heater, kulkas, mini bar, serta satu tempat tidur dewasa dan satu tempat tidur tingkat untuk anak.

Terakhir, jika Anda ingin menikmati suasana berkemah di tengah kebun buah bersama keluarga, Anda bisa mencoba fasilitas Family Camp. Kegiatan yang dapat dinikmati dalam Family Camp di antaranya melukis caping, menanam padi, berkeliling kebun buah yang sedang panen dengan kereta Fruity World Tour, dan menikmati keceriaan malam dengan barbeque serta api unggun.

Fasilitas Acara di Taman Buah Mekarsari

Untuk melengkapi kenyamanan Anda dalam berwisata, Taman Buah Mekarsari juga menyediakan sejumlah fasilitas penunjang berwisata, di antaranya Panggung Acara yang terbagi menjadi Aula Pulau Mekarsari dengan kapasitas 750 orang dan Teater Pongo berkapasitas 250 orang, Tenda Acara (plafon dan sarnafil), serta Taman Acara dengan kapasitas 100-500 orang. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 8231811-13, 8231822-25 atau email di sales@mekarsari.com.

Wisma Firman Wisma Firman Rp 192.771 grade 0
IZI Hotel IZI Hotel Rp 330.000 grade 2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>