Rekomendasi Penginapan di Tual, Maluku Tenggara dan Fasilitasnya




Kawasan pesisir Tual, Maluku Utara (glitzmedia.co)
Kawasan pesisir Tual, Maluku Utara (glitzmedia.co)

Tual merupakan salah satu kabupaten di Tenggara yang memiliki potensi flora dan fauna beragam serta fenomena alam yang indah, sehingga mampu menarik lokal maupun asing.[1] Untuk mengakomodasi para pelancong dari berbagai negara dan daerah, di kabupaten ini sudah ada beberapa penginapan yang menawarkan lengkap dan sesuai kamarnya.

Hotel Anugrah

ini berada di Kel. Lodar El, Pulau Dullah Selatan, Tual, Maluku. Hotel Anugrah memiliki konsep hunian modern dan asri. Gedung hotel ini terbilang megah dan besar dengan warna putih dan oranye. Bagian depan adalah taman sekaligus tempat parkir yang terdiri dari area parkir untuk kendaraan beroda empat dan dua.

Hotel Anugerah (sumber: ktwisataku.blogspot.com)
Hotel Anugerah (sumber: ktwisataku.blogspot.com)

Sementara, samping hotel adalah taman yang sangat luas dengan tanah berumput dan beberapa pohon berukuran sedang. Rata-rata, taman ini ditanami pohon cemara dan beberapa anggrek. Tak jauh dari taman, Anda bisa menemukan pintu masuk menuju lobby yang terhubung dengan ruang bersantai sekaligus tempat tunggu.

Di bagian belakang lobby, terdapat tangga menuju kamar. Kamar-kamar di hotel sudah dilengkapi dengan kipas angin/AC, TV, lemari pakaian, dan set meja rias. Ada juga kamar mandi pribadi yang letaknya di pojok kamar dan dekat pintu masuk, didukung shower, WC duduk, dan gantungan baju. Bagi Anda yang berminat di Hotel Anugerah, Anda bisa melakukan reservasi secara langsung, karena penginapan ini tidak menerima pemesanan melalui online atau telepon. Selain itu, tarif sewa kamar hanya akan Anda ketahui saat memesan kamar.

Lihat Juga:   Airy Syariah Blimbing De Panorama, Akomodasi Mid-Class Dekat Terminal Arjosari

AQBR HomeStay

Penginapan ini juga berada di Kel. Lodar El, Pulau Dullah Selatan, Tual, Maluku. Ini merupakan salah satu properti yang mengusung konsep minimalis yang nyaman. Meskipun homestay ini terlihat sederhana, fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap. Sementara, area parkirnya ada di depan pintu masuk dan berada di dekat pagar.

AQBR HomeStay (google: Bachtiar Rhz)
AQBR HomeStay (google: Bachtiar Rhz)

Setelah memarkir kendaraan, Anda bisa langsung masuk melalui pintu depan untuk melakukan reservasi. Ruang resepsionis ini terhubung dengan area bersantai yang tidak terlalu luas, tetapi cukup nyaman, karena sudah ada sofa dan TV sebagai hiburan.

Di samping ruang bersantai, Anda akan menemukan tangga menuju area kamar. Setiap kamar di AQBR HomeStay difasilitasi dengan TV, kipas angin/AC, tempat tidur yang nyaman, lemari pakaian, lemari penyimpanan, dan tempat menjemur handuk. Ada juga jendela kamar yang menghadap taman. Selain itu, ada kamar mandi yang terletak di belakang kamar dan dibekali dengan shower, WC duduk, alat mandi, dan gantungan baju.

Sayangnya, Anda baru mengetahui biaya sewa kamar di AQBR HomeStay saat melakukan reservasi. Pemesanan kamar hanya bisa dilakukan secara langsung di , karena akomodasi ini tidak menerima online atau melalui telepon.

Penginapan Daengta Galesong

Tempat inap ini beralamat di Komplek Alfarizi, Tual, Pulau Dullah Selatan, Maluku. Akomodasi ini memiliki konsep hunian sederhana yang nyaman. Area parkirnya berada di bagian depan akomodasi dan berupa pelataran rumah. Memang, sekilas Penginapan Daengta Galesong terlihat seperti homestay.

Lihat Juga:   Update Penginapan Bertarif Murah Dekat Pantai di Jogja
Penginapan Daengta Galesong (google: Ahmad Gani)
Penginapan Daengta Galesong (google: Ahmad Gani)

Memasuki area rumah, Anda akan menemukan teras dengan taman kecil dan kursi-kursi malas. Ini adalah tempat yang biasa dijadikan sebagai spot bersantai oleh para tamu. Di belakang teras, ada pintu masuk yang terhubung dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Area ini cukup luas dan dilengkapi dengan sofa yang empuk serta beberapa pajangan berupa lukisan dan foto.

Di belakang ruang ini, sudah terdapat kamar-kamar yang cukup besar. Setiap kamar difasilitasi dengan kipas angin/AC, tempat tidur yang bersih dan empuk, lemari pakaian, lemari penyimpanan, set meja rias, dan kursi malas. Selain itu, ada kamar mandi yang letaknya di pojok kamar. Ruang ini bersih dan wangi serta dibekali dengan WC duduk, cermin, shower, bak air, dan gantungan baju.

Selain itu, Penginapan Daengta Galesong juga memiliki dapur yang ada di bagian belakang kamar. Dapurnya memang tidak terlalu besar, tetapi peralatan masaknya cukup lengkap. Bahkan, pihak pengelola sudah menyediakan gas dan air. Jika Anda tertarik bermalam di akomodasi ini, Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di lokasi atau menghubungi nomor ponsel 0821 9813 3444. Harga sewa tempat inap ini baru bisa Anda ketahui saat melakukan booking kamar.

[1] Latupapua, Yosevita. 2007. Studi Potensi Kawasan dan Pengembangan Ekowisata di Tual Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Agroforestri UNPATTI Ambon, Vol. 2(1): 65-71.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan