Pantai Ora Seram, Little Maldives yang Cocok untuk Honeymoon




Pantai Ora, Seram (sumber: bobobox.co.id)
Pantai Ora, Seram (sumber: bobobox.co.id)

Pantai Ora yang berada di Seram, Tengah, kerap menjadi wisatawan yang ingin honeymoon atau menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selain karena memiliki view yang indah, pantai yang juga cocok menjadi destinasi snorkeling ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas menarik dengan harga tiket masuk yang relatif terjangkau.

Rute Menuju Pantai Ora

Pantai Ora merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Maluku, tepatnya di ujung barat Teluk Sawai, Pulau Seram. Untuk mencapai lokasi tersebut, Anda perlu melakukan udara ke Kota Ambon dulu, apalagi bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan kota-kota lain yang jauh dari wilayah Indonesia bagian timur ini.

Sesampainya di Ambon, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Hunara yang ada di Tulehu. Dilansir dari utiket, Anda bisa menggunakan mobil pangkalan dengan lama perjalanan hingga 1 jam dari Ambon ke pelabuhan tersebut. Lanjutkan perjalanan dari Pelabuhan Tulehu menuju Pelabuhan Amahai, Maluku Tengah menggunakan kapal ferry atau speedboat. Sesampainya di pelabuhan ini, gunakan angkutan umum seperti angkot atau ojek menuju Masohi, Maluku Tengah.

Ora Beach Eco Resort, restoran (sumber: exoticorabeach.com)
Ilustrasi: salah satu fasilitas di Pantai Ora Seram (sumber: exoticorabeach.com)

Ada dua pilihan saat Anda tiba di Masohi, yaitu istirahat terlebih dahulu atau melanjutkan perjalanan. Jika Anda tiba di ini pagi atau siang hari, Anda bisa melanjutkan perjalanan, tetapi jika Anda tiba di sore atau malam hari, sebaiknya Anda istirahat dulu di sekitar.

Setelah puas beristirahat, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Saleman dengan durasi sekitar 4 jam. Setelah itu, gunakan angkutan umum untuk membawa Anda ke Pantai Ora yang ada di desa tersebut. Bagi Anda yang tidak sabaran dan ingin cepat sampai di Pantai Ora, Anda bisa menyewa kendaraan plus sopir yang mengantarkan langsung ke pantai. Biasanya ini akan memakan waktu hampir 1 hari 1 malam dengan rute menyusuri Desa Seram bagian barat dan Kabupaten Maluku Tengah.

Lihat Juga:   Deretan Pantai Cantik di Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta

Jika Anda memiliki dana lebih, Anda juga bisa ke Pantai Ora secara langsung dari Pattimura, Ambon menggunakan maskapai perintis ke Bandara Wahai, Pulau Seram. Kemudian, Anda bisa mengunjungi pantai menggunakan kapal cepat dalam waktu 2 jam perjalanan. sewa kapal tersebut berkisar Rp100 ribuan hingga Rp200 ribuan per orang.

Setelah sampai di Pantai Ora, Anda bisa langsung menuju tempat penjualan tiket. Menurut wisatawan yang pernah berkunjung, harga tiket masuk Pantai Ora cuma Rp25 ribuan per orang. Harga tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Lalu, apa saja fasilitas dan wahana yang ditawarkan Pantai Ora?

Fasilitas dan Wahana Pantai Ora

Jauh-jauh ke Pantai Ora, belum puas rasanya jika Anda tidak snorkeling atau berenang di pantai tersebut. Pantai ini memiliki ombak yang tidak besar, bahkan bisa dibilang cukup tenang. Sehingga, Anda bisa berenang dengan aman dan tidak perlu khawatir dengan arus air yang kencang.

Aktivitas snorkeling di Pantai Ora Seram (sumber: kompas)
Aktivitas snorkeling di Pantai Ora Seram (sumber: kompas)

Menyelam di area sekitar Pantai Ora, Anda tidak hanya bisa melihat betapa jernihnya air tersebut. Anda juga akan dibuat terkesima dengan terumbu karang dan ikan laut yang indah. Tak jarang, para penyelam bisa melihat adanya ikan nemo dan kepiting pasir di kedalaman kurang dari 2 meter.

Lihat Juga:   Tarif ‘Villa Kelapa Gili Trawangan’ Lombok

Bagi Anda yang sedang honeymoon di Little Maldives ini, Anda bisa mencoba menyewa perahu karet. Perahu ini bisa Anda pakai berdua dengan pasangan Anda untuk berkeliling dan menikmati panorama pantai. Banyak juga yang menyewa perahu untuk foto prewedding.

Selain menawarkan panorama bawah laut yang indah, Anda bisa menikmati sunset dan sunrise bersama pasangan Anda. Suasana senja yang romantis, bisa menjadi momen tak terlupakan untuk dinikmati berdua dengan pasangan Anda. Semakin malam, pemandangan di sekitar Little Maldives akan semakin indah. Anda bisa melihat gugus bintang dengan jelas di sekitar tebing pantai. Bagi Anda yang suka mengamati bintang, bisa membawa teropong bintang saat pergi ke tempat ini.

Fasilitas lain yang ditawarkan Pantai Ora adalah resort. Di pantai ini, sudah ada resort yang memadai dan dibangun tepat di atas Pantai Ora.[1] Salah satu resort yang bisa Anda sewa adalah Ora Beach Resort dengan tarif mulai Rp3,8 juta hingga Rp4,3 juta untuk 3 hari 2 malam. Bagi Anda yang penasaran dengan fasilitas dan harga sewa resort secara rinci, bisa datang langsung ke pantai tersebut.

[1] Prasetyo, David Budi, Baskoro Suryo Banindro, Yusuf Hendra Yulianto. 2018. Perancangan Buku Fotografi Keindahan Alam Pantai Ora, Maluku Tengah dengan Teknik Fotografi Panorama. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol. 1(1): 1-9.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan