Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kampung Korea Bandung




Kampung Korea Bandung (sumber: inews.id)
Kampung Korea Bandung (sumber: inews.id)

Kampung Bandung atau Plataran Kampung Korea merupakan salah satu tempat rekreasi di kawasan Kiara Artha Park yang dibangun sebagai ucapan terima kasih warga Bandung kepada pemerintah Kota Seoul, yang membantu dalam pembangunan Jembatan Antapani Bandung.[1] Tidak hanya sebagai tempat piknik keluarga, spot wisata tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas hiburan yang lengkap dengan harga tiket masuk sangat terjangkau.

Fasilitas Kampung Bandung

Berlokasi di Jl. Banten No. 7, Kebonwaru Batununggal, Bandung, Jawa Barat, Kampung Bandung hanya berselang dua menit berjalan kaki dari Asia Africa Park yang berada di kawasan Kiara Artha Park. Sementara itu, dari pintu masuk Kiara Artha Park menuju Kampung Korea Bandung, Anda membutuhkan waktu sekitar lima menit berjalan kaki.

Dikenal dengan nama Little Seoul, Kampung Bandung memang menyuguhkan pemandangan mirip perkampungan Seoul. Anda bisa melihat bangunan-bangunan dengan gaya arsitektur Korea Selatan zaman kerajaan hingga modern. Untuk bangunan khas kerajaan Negeri Ginseng, Anda bisa menemukan replika kuil, gapura pintu masuk, dan area lapak kuliner. Sementara itu, bangunan modern di spot rekreasi ini adalah kafe, restoran, dan tempat foto.

Little Seoul/Kampung Korea Bandung (sumber: travelingyuk)
Little Seoul/Kampung Bandung (sumber: travelingyuk)

Setiap bangunan di tempat wisata ini dikelilingi gang kecil yang mirip di drama-drama Korea. Melewati jalanan kecil tersebut, Anda akan merasakan nuansa berlibur ke negeri K-Pop. Tak hanya untuk dilewati, gang-gang kecil ini biasa dijadikan sebagai spot foto, apalagi di setiap pojoknya sudah dilengkapi dengan kaca bundar ala perkampungan di Seoul.

Lihat Juga:   Info Terbaru Hotel di Pusat Kota Cianjur (Fasilitas dan Tarifnya)

Jika Anda bosan berfoto di gang-gang sempit, sudah ada banyak spot foto yang tersedia di hampir setiap sudut Little Seoul tersebut. Anda bisa memilih tempat foto dengan background lukisan tradisional yang ada di sepanjang jalan menuju lapak kuliner atau di tempat penyewaan kostum.

Memang belum lengkap rasanya jika Anda hanya berfoto di Kampung Bandung tanpa menggunakan hanbok. Tempat penyewaan baju tradisional tersebut ada di setiap sudut gang dan beberapa ada yang di dekat lapak makanan. Tak hanya tersedia baju khas Korea Selatan untuk wanita, ada juga untuk pria, sehingga Anda bisa berfoto dengan pasangan Anda. Beberapa tempat peminjaman kostum juga menyediakan hanbok untuk foto keluarga. Anda bebas memilih warna dan corak baju yang ingin Anda sewa.

Khusus untuk anak-anak, tak jauh dari tempat foto juga terdapat playground. Area bermain anak di tempat ini dilengkapi dengan aneka permainan, seperti perosotan, ayunan, dan sangkar besi. Beberapa orang juga menggunakan spot tersebut untuk berfoto keluarga.

Setelah puas berfoto menggunakan hanbok, sempatkan diri Anda untuk mencicipi aneka hidangan khas dari Negeri Ginseng. Kuliner di Kampung Bandung rupanya cukup lengkap dan kebanyakan adalah makanan tradisional serta street food, seperti tteokbokki, jjampong, bibimbap, dan odeng. Ada juga gorengan khas Korea seperti gamjajeon, gimmari, gyeran twigim, goguma twigim, dan ayam goreng pedas. Hampir semua dijajakan di lapak kaki lima dan sekilas mirip dengan Pasar Namdaemun versi kecil. Tak hanya itu, beberapa lapak ada yang menjual soft drink, teh kemasan kotak, dan air dingin.

Lihat Juga:   Wisata Murah di Sekitar Pantai Anyer - Banten
Kampung Korea Bandung (sumber: mpotimes.id)
Kampung Korea Bandung (sumber: mpotimes.id)

Sementara itu, jika Anda ingin mencoba makanan yang lebih legit, seperti bingsoo dan es krim Korea, Anda bisa berkunjung ke salah satu kafe yang ada di tempat tersebut. Rata-rata kafe yang ada di Kampung Korea Bandung memiliki desain ruangan yang modern. Beberapa ada yang dihias dengan lampu-lampu LED berwarna-warni dan dilengkapi dengan lagu-lagu K-Pop. Tempat makan seperti ini tampaknya pas untuk Anda para Kpopers.

Dilansir dari Kompas.com, kabarnya akan ada tambahan fasilitas lain di Kampung Korea yang akan membuat suasananya menjadi lebih modern, seperti mesin penjual minuman otomatis dengan sistem pembayaran pos.

Harga Tiket Kampung Korea Bandung

Dilansir dari akun Instagram resminya, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk ke Kampung Korea Bandung alias gratis. Namun, jika ingin menyewa hanbok, turis akan dikenai biaya sewa mulai Rp30 ribu hingga Rp100 ribu. Biaya dan harga tiket masuk tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Primandita, Haruka Fauzia & Roni Sugiarto. 2020. Perception Study of Architectural Space Through Photographic Media Case Study: Kampung Korea Bandung. Jurnal RISA Parahyangan Catholic University, Vol. 4(4): 339-349.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan