Fasilitas & Harga Tiket Jatiluhur Water World, Spot Liburan Keluarga di Purwakarta




Jatiluhur Water World - www.jejakpiknik.com

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu spot paling terkenal di Purwakarta. Nah, untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan, terutama dari kalangan anak-anak dan remaja, di area ini telah dibangun wahana Jatiluhur Water World (ada yang menyebutnya Jatiluhur Water Park), dengan harga tiket yang masih berada di kisaran rata-rata.

Lokasi Jatiluhur Water World

Seperti disampaikan di atas, Jatiluhur Water World masih berada di area yang sama dengan Waduk Jatiluhur. Anda bisa menemukan objek wisata ini di Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Akses menuju ke tempat tersebut juga sangat mudah serta bisa dilalui berbagai tipe kendaraan, seperti sepeda motor dan mobil.

Apabila Anda berangkat dari , bisa dimulai dengan memasuki Tol Cipularang. Dari tol ini, Anda bisa keluar di pintu Tol Jatiluhur. Setelah keluar tol, Anda akan menemukan pertigaan Ciganea yang terdapat traffic light. Sekitar 500 meter kemudian, Anda akan menemukan pertigaan dengan patung di tengahnya. Anda bisa belok kiri di pertigaan tersebut, sesuai marka jalan yang menunjukkan arah ke Waduk Jatiluhur.

Wahana dan Jatiluhur Water World

Menurut ulasan para pengunjung yang sempat rekreasi ke tempat ini, Jatiluhur Water World dikatakan punya lokasi yang strategis. Di samping itu, spot wisata ini juga dinilai punya paket wisata yang komplet, terutama wahana kolam renang dan taman bermain anak. Di samping itu, Jatiluhur Water World juga memiliki berbagai spot yang keren buat mereka yang ingin mengabadikan diri lewat foto maupun video.

Seperti namanya, sajian utama di Jatiluhur Water World adalah kolam renang. Pengelola setidaknya sudah menyediakan lima buah kolam renang, tiga kolam untuk anak-anak dengan kedalaman yang dangkal dan dua kolam untuk orang dewasa. Kolam renang anak-anak memang berukuran tidak terlalu luas, namun sudah cukup dijadikan sarana bermain dan refreshing mereka.

Jatiluhur Water World - www.trepelin.com
Jatiluhur Water World – www.trepelin.com

Untuk anak-anak, kolam renang memiliki kedalaman yang sudah disesuaikan dengan ukuran mereka. Sebagai fasilitas anak-anak untuk menguji adrenalin, pengelola juga telah menyiapkan water slide atau papan seluncur. Water slide ini memiliki ukuran yang lebih pendek daripada water slide orang dewasa sehingga dijamin aman. Di samping itu, di salah satu kolam renang anak juga tersedia playground seperti ember tumpah dan pancuran air.

Sementara, untuk pengunjung dewasa, seperti diuraikan di atas, pengelola Jatiluhur Water World telah menyediakan dua kolam yang sangat segar dan patut dicoba. Salah satu kolam berukuran standar Olympic sehingga pas bagi mereka yang tidak hanya ingin bermain-main, tetapi juga berolahraga. Tersedia juga pancuran air di sekitar kolam untuk membasuh diri.

Nah, apabila wisatawan ingin menantang adrenalin mereka, bisa langsung mencoba wahana papan seluncur dengan ketinggian mencapai 11,5 meter. Pengunjung akan diajak meluncur melewati papan dengan panjang kurang lebih 43 meter sebelum tercebur di kolam air. Tidak perlu khawatir mengenai keamanan, karena sudah ada penjaga yang selalu berjaga-jaga di sekitar papan seluncur tersebut.

Selain bermain air di kolam renang, pengunjung juga bisa duduk-duduk santai di bawah pepohonan rindang atau di gazebo sambil menikmati pemandangan Waduk Jatiluhur yang elok. Keindahan Waduk Jatiluhur ini tidak hanya bisa dinikmati dari daratan saja. Wisatawan pun bisa menyewa perahu untuk berkeliling melintasi bendungan tersebut.

Lalu, bagaimana dengan makanan dan minuman? Tidak perlu khawatir karena di sini sudah ada beberapa penjual yang menawarkan makanan dan minuman, baik kelas berat maupun snack. Namun, apabila Anda ingin berhemat, Anda bisa membawa bekal sendiri dari rumah karena pengelola Jatiluhur Water World mengizinkan pengunjung membawa bekal makanan, dengan catatan tetap harus menjaga kebersihan area wisata.

Namun, apabila Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda, bisa mencoba bersantap di Apung. Berdiri sejak tahun 2002 lalu, ini, seperti namanya, mengapung di tengah-tengah Waduk Jatiluhur. Makan sambil menyaksikan panorama Waduk Jatiluhur dan Gunung Lembu tentu menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Sedikit saran jika ingin berwisata ke Jatiluhur Water World. Anda bisa membawa tikar dan makanan sendiri, karena selain lebih hemat, makanan yang dibuat sendiri akan lebih higienis. Selain itu, Anda pun sebaiknya membawa payung karena cuaca pada siang hari di tempat tersebut sangat panas. Bahkan, tidak jarang sore hari tiba-tiba mendung dan turun hujan.

Jatiluhur Water World - travelspromo.com
Jatiluhur Water World – travelspromo.com

Harga Jatiluhur Water World

MomenHarga Tiket
Senin s/d JumatRp30.000
Sabtu, Minggu, Hari LiburRp45.000
Hari BesarRp65.000

Harga tiket Jatiluhur Water World tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk dari loket resmi objek wisata serta bocoran beberapa pengunjung. Sekadar catatan, untuk anak-anak dengan usia lebih dari 3 tahun, diwajibkan membayar tiket secara penuh. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, bisa menghubungi nomor telepon (0264) 201087.

Hotel Dekat Jatiluhur Water World

Apabila Anda berasal dari luar dan kebetulan tidak memiliki kerabat di Purwakarta, tidak perlu khawatir mengenai penginapan. Pasalnya, di dekat Jatiluhur Water World dan juga Waduk Jatiluhur, sudah berdiri beberapa akomodasi yang bisa Anda jadikan lokasi bermalam. Beberapa nama yang cukup adalah Jatiluhur Hotel & Resort, Le Derra Hotel, hingga Kaleosan Hotel.

Tarif hotel-hotel tersebut bervariasi, tergantung fasilitas yang disediakan dan tipe yang dipilih wisatawan. Jatiluhur Hotel & Resort misalnya, menerapkan tarif mulai Rp425.000 per malam untuk tipe Standard, Rp520.000 per malam untuk tipe Superior Deluxe, dan mulai Rp600.000 per malam untuk tipe Standard Lake View.

Lihat Juga:   Tips Berwisata Murah Ke Yogyakarta Ala Backpacker




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan