Wahana, Fasilitas, dan Harga Tiket Orchid Forest Cikole




Orchid Forest Cikole - www.pegipegi.com
Orchid Forest Cikole - www.pegipegi.com

Jika berbicara mengenai potensi Cikole, pasti yang langsung terbersit adalah Grafika Cikole yang memang sudah sangat di kalangan wisatawan. Namun, tidak hanya itu, kawasan ini juga punya Orchid Forest Cikole, yang menawarkan tempat berkonsep ekowisata yang asri. Dengan fasilitas memadai dan harga tiket yang terjangkau, spot ini bisa menjadi alternatif menarik rekreasi untuk Anda dan sekeluarga.

Lokasi Orchid Forest Cikole

Seperti namanya, Orchid Forest Cikole bisa Anda temukan di kawasan Cikole, tepatnya di Jalan Tangkuban Perahu KM 8, Desa Cikole, Lembang, Kabupaten Barat. ini berada tidak jauh dari Terminal Wisata Grafika Cikole, dengan durasi perjalanan sekitar lima hingga sepuluh menit menggunakan kendaraan bermotor. 

Jika Anda kebetulan berangkat menggunakan kendaraan umum, dari Bandung, Anda bisa menumpang angkutan kota jurusan Hall-Lembang. Kemudian, turun di perempatan Lembang-Tangkuban Perahu-Maribaya. Dari titik ini, Anda bisa naik angkot lagi dengan trayek Lembang-Cikole, lalu turun di perempatan Cikole Jayagiri. Setelah itu, Anda cukup berjalan kaki sekitar 750 meter untuk tiba di gerbang Orchid Forest Cikole. Namun, untuk bisa sampai ke tempat wisatanya, Anda diharuskan menempuh perjalanan lagi sekitar 1 km.

Seperti disampaikan di atas, Orchid Forest Cikole merupakan hutan wisata yang cantik dan asri. Layaknya hutan wisata, Anda bakal dimanjakan, tidak cuma oleh pemandangannya, tetapi juga berbagai spot foto yang menarik. Selain itu, Orchid Forest Cikole juga memiliki sekitar 157 jenis bunga anggrek yang tersebar di tanah seluas 12 hektar dan berbagai yang seru dan keren.

Amphitheater di Tengah Hutan Orchid Forest Cikole - @dwhndy
Amphitheater di Tengah Hutan Orchid Forest Cikole – @dwhndy

Wahana Orchid Forest Cikole

  • Orchid House, berisi koleksi aneka jenis anggrek yang sering ditemui atau anggrek langka dari Indonesia dan mancanegara, misalnya Anggrek Selop dari Jatim serta Jade Slipper Orchid dari kawasan Vietnam Utara dan China. Di samping itu, Anda juga bisa menjumpai beragam bunga anggrek dari Peru, Argentina, Filipina, serta 80 lebih umbi bunga bangkai.
  • Orchid Castle, merupakan playground dengan beragam permainan yang asyik untuk anak-anak, seperti papan seluncur, panjatan, flying fox mini, terowongan, hingga sepeda mini. Asyiknya lagi, suasana lingkungan begitu alami, asri, dan sejuk. Cocok sekali dijadikan pilihan wisata ketika akhir pekan atau musim liburan.
  • Putt-Putt Golf, bisa dikatakan sebagai arena golf mini karena memang ruangannya lebih kecil dari golf biasanya. Meski berukuran kecil, namun sensasi yang dihadirkan tidak kalah dengan ketika Anda bermain di lapangan golf sungguhan.
  • Rabbit Forest, seperti namanya, ini adalah wahana yang berisi kelinci-kelinci imut dan menggemaskan. Anda bisa mengajak anak-anak bermain, berfoto, dan memberi makan hewan ini. Sekilas, wahana ini mirip dengan yang ada di Farm House Lembang.
  • Flying fox, merupakan spot yang cocok bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin. Dari ketinggian tertentu, sekitar 10 hingga 20 meter, Anda akan diajak meluncur bergelantungan pada tali dengan kecepatan tertentu. Namun, bagi yang fobia ketinggian, sebaiknya tidak mencoba wahana yang satu ini.
  • Kuda tunggang, sebuah wahana yang mengajak Anda naik kuda sambil berkeliling pepohonan pinus yang rindang dan menjulang tinggi.
  • Wooden bridge, atau jembatan kayu, adalah sebuah spot yang punya pemandangan oke dan cocok untuk dijadikan latar berfoto. Seperti namanya, jembatan ini terbuat dari kayu dan mengitari pepohonan pinus.
  • Sky bridge, spot keren lainnya untuk background foto Anda. Punya ketinggian sekitar 23 meter dan panjang 125 meter, jembatan gantung ini akan mengajak Anda menikmati keindahan pohon pinus. Ketika malam tiba, cahaya lampu di sepanjang jembatan akan menyala, yang semakin menambah keren tempat ini.
  • Teras Paphio, adalah sebuah amphitheater di ruangan terbuka dan sudah dilengkapi dengan kursi-kursi kayu yang berjejer rapi. Sekilas, lokasi ini mirip dengan hutan pinus Mangunan di Yogyakarta.
  • Spot foto payung, adalah spot kece lainnya untuk berfoto atau narsis. Payung warna-warni sengaja digantung di atas di antara pohon-pohon pinus.
  • Garden of Light, adalah tempat yang cocok bagi mereka yang mencari spot yang romantis. Kelap-kelip lampu menyala begitu cantik pada area ini. Tidak hanya itu, cahaya lampu di sepanjang sky bridge akan membuat suasana semakin syahdu.
  • Pingpong, merupakan spot yang sengaja dihadirkan untuk wisatawan yang ingin merasakan keseruan bermain tenis meja di bawah hutan pinus. Anda yang menyukai pingpong, wajib mencoba permainan ini bersama keluarga atau teman Anda.

Fasilitas Orchid Forest Cikole

Jika dilihat dari wahana yang tersedia, tempat wisata ini agaknya dikemas dalam konsep One Stop Family Destination. Nah, untuk menunjang kebutuhan para pengunjung, pengelola pun sudah menyediakan beraga fasilitas pendukung, antara lain food court, , tempat bersantai dengan bean bag, area parkir kendaraan, shuttle (dari area parkir ke lokasi objek wisata), outbound adventure, hingga camping ground.

Wooden Bridge untuk Foto Bertema Rustic di Orchid Forest Cikole - @didinfathur26
Wooden Bridge untuk Foto Bertema Rustic di Orchid Forest Cikole – @didinfathur26

Orchid Forest Cikole

Jenis TiketHarga
Tiket Reguler DomestikRp35.000
Tiket Reguler InternasionalRp100.000
Paket Outbound Rp50.000
Tiket Wood Bridge Rp20.000
Tarif Parkir Sepeda Motor Rp5.000
Tarif Parkir MobilRp10.000
Tarif Parkir BusRp30.000

Mengingat Orchid Forest Cikole adalah tempat terbuka atau outdoor, maka Anda sebaiknya berkunjung ke sini ketika cuaca cerah agar Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang baik untuk berfoto dan leluasa mengeksplorasi setiap wahana di sana. Beroperasi mulai pukul 09.00 pagi, apabila Anda ingin mendapatkan spot malam, bisa berkunjung saat sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

Lihat Juga:   Mau Gratis ke Dufan Selama Setahun? Ini Caranya!




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan