Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo, Bandung




Saung Angklung Udjo Bandung - anekatempatwisata.com
Saung Angklung Udjo Bandung - anekatempatwisata.com

Selain Bali, , dan , menjadi salah satu destinasi favorit tujuan di Indonesia, tidak hanya turis lokal, melainkan juga wisatawan mancanegara. Pasalnya, ibukota Provinsi tersebut memiliki beragam spot menarik, yang ditunjang fasilitas pendukung yang berlimpah, seperti , toko, dan penginapan. Nah, salah satu spot rekreasi yang layak Anda kunjungi ketika liburan di Bandung adalah Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo Bandung - anekatempatwisata.com
Saung Angklung Udjo Bandung – anekatempatwisata.com

Saung Angklung Udjo terletak di Jalan Padasuka No. 118, Bandung, Jawa Barat. Untuk dapat mencapai tempat ini, Anda disarankan menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah. Jika Anda datang dari Jakarta, Anda hanya perlu keluar pintu Tol Pasteur, lalu lurus terus dan naik fly over melintasi Jalan Surapati dan Jalan Ph. Hasan Mustapa. Kemudian, Anda akan melihat papan penunjuk jalan ke Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka. Dari spot ini, jarak ke Saung Angklung Udjo sekitar 200 meter.

dan kesenian ini pertama kali dibangun pada tahun 1966 silam oleh Udjo Ngalagena, atau lebih dikenal sebagai Mang Udjo, bersama istrinya yang bernama Uum Sumiati. Mang Udjo kala itu mendirikan tempat ini dengan tujuan mulia, yaitu untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional Sunda.

Lihat Juga:   Wisma Bukit Barisan, Akomodasi Murah Meriah Dekat UGM Yogyakarta

Di dalam situs resminya, Saung Angklung Udjo dikatakan sebagai sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena tempat ini memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu, dan workshop untuk alat musik bambu. Kehadiran Saung Angklung Udjo di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda, khususnya angklung, kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan.

Ada banyak pertunjukan kesenian menarik yang diadakan di Saung Angklung Udjo, yang biasanya ditampilkan setiap hari, mulai pukul 15.30 WIB sampai dengan 17.30 WIB. Pertunjukan-pertunjukan tersebut tidak hanya menampilkan permainan angklung saja, melainkan juga diisi dengan tarian tradisional dan wayang golek. Beberapa pertunjukan yang ditampilkan di tempat ini adalah:

  • Wayang golek, yaitu pementasan sandiwara boneka kayu khas Sunda yang mirip dengan badan manusia, lengkap dengan kostum dan pesan moral.
  • Helaran, upacara tradisional untuk acara khitanan dan upacara panen padi, dengan musik berirama riang.
  • Tari topeng, tarian khas Cirebon yang dibawakan oleh perempuan.
  • Angklung orkestra, memadukan musik angklung dengan berbagai lagu.
  • Bermain angklung bersama dan menari bersama.
Lihat Juga:   6 Tempat Shopping Paling Digemari Wisatawan Indonesia di Singapore

Fasilitas di Saung Angklung Udjo

Selain menampilkan pertunjukan menarik khas Sunda, Saung Angklung Udjo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan tempat jual souvenir, kuliner khas Sunda, belakang yang menyenangkan, guest house bagi tamu yang ingin bermalam, lahan parkir yang luas, hingga toilet yang bersih.

Tiket Masuk

Untuk bisa berkunjung ke Saung Angklung Udjo, wisatawan dikenakan tiket masuk. Untuk pengunjung dewasa WNI, tiket masuk dipatok Rp60.000 per orang, dewasa WNA ditetapkan Rp100.000 per orang, wisatawan pelajar WNI dikenakan Rp40.000 per orang, wisatawan pelajar WNA ditarik Rp60.000 per orang, dan anak-anak di bawah tiga tahun tidak dipungut alias gratis.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan