Fasilitas dan Harga Penginapan Layung Sari Garut




Penginapan Layung Sari Garut (google: Surya Dodol Man)
Penginapan Layung Sari Garut (google: Surya Dodol Man)

Kabupaten Garut memiliki beberapa menarik, seperti Kawah Papandayan, Kawah Talaga Bodas, Kawah Kamojang, Situ Bagendit, dan Situ Cangkuang.[1] Selain itu, ada sebuah wahana air yang ramah keluarga dan sedang populer di Garut, yakni Kolam Renang Layung Sari. Tidak hanya menawarkan fasilitas piknik keluarga, tempat hiburan ini juga memiliki penginapan dengan fasilitas dan harga relatif terjangkau.

Penginapan Layung Sari berlokasi di Kolam Renang Layung sari, Garut yang juga dikenal dengan Rumah Makan (RM) Layung Sari. Tepatnya, wahana wisata populer ini berada di JL. Wanaraja, No. 1, Sadang, Sucinaraja, Garut, Jawa Barat. Seperti namanya, memang Layung Sari menawarkan tiga fasilitas utama, yakni kolam renang, rumah makan, dan penginapan. Berikut ulasannya.

Fasilitas Layung Sari

Fasilitas Kolam Renang Layung Sari

Sebagai wisata taman air di Garut, Layung Sari menyediakan kolam renang dengan beragam wahana permainan air. Ada empat jenis kolam renang yang bisa dipilih pengunjung dengan kategori untuk anak, dewasa, balita, dan kolam wahana.

Kolam renang dewasa adalah kolam renang dengan kedalaman 2-3 meter. Bagian tengah kolam terdapat pembatas sebagai penanda kedalaman air. Lalu, bagian pinggir kolam renang dilengkapi dengan tangga dan pembatas sebagai pengaman. Bagi Anda yang belum bisa berenang, Anda bisa menggunakan pelampung atau ban yang ada di pinggir kolam.

Kolam renang Layung Sari (sumber: foursquare)
Kolam renang Layung Sari (sumber: foursquare)

Untuk anak dan balita, kolamnya tidak terlalu dalam dengan pembatas sebagai pengaman. Sebaiknya, anak-anak dan balita yang belum berenang diawasi dengan ketat. Anda bahkan boleh mendampingi si kecil belajar berenang menggunakan ban atau pelampung.

Lihat Juga:   Villa Agro Pinus R7, Akomodasi Premium Dekat Museum Angkut

Sementara itu, kolam wahana adalah kolam yang cukup besar dan luas dan dilengkapi dengan aneka wahana permainan. Ada ember tumpah, jembatan kayu, hingga prosotan. Kolam ini bebas diakses siapapun, mulai dari anak hingga dewasa.

Fasilitas Rumah Layung Sari

Setelah puas berenang, beberapa orang biasanya akan merasa lapar. Anda bisa langsung menuju Rumah Layung Sari yang jaraknya tidak jauh dari kolam renang. Restoran tersebut terbilang cukup mewah dengan berbagai makanan khas daerah. Anda tidak hanya bisa memesan ikan pecak gurame, tetapi juga nasi liwet yang gurih dan sedap dengan lauk lengkap. Untuk minumannya, Anda bisa memesan teh, kopi, es buah, jus buah, dan aneka soft drink.

Kolam renang Layung Sari (sumber: foursquare)
Kolam renang Layung Sari (sumber: foursquare)

Selain makanan berat, Rumah Layung Sari juga menyediakan jajanan dan gorengan. Anda bisa menikmatinya sambil melihat pemandangan sekitar yang asri. Hampir semua bangunan Rumah Makan Layung Sari dikelilingi taman dan pepohonan rindang.

Tidak harus di dalam restoran, pihak Rumah Makan Layung Sari menyediakan spot makan di luar ruangan. Area makan outdoor ini dihias lampu-lampu dan tanaman berbunga. Tak heran, pengunjung merasa nyaman makan di sini. Anak-anak juga bebas berlarian di taman sekitar restoran.

Fasilitas Penginapan Layung Sari

Bagi pelancong yang datang dari luar kota dan kesulitan menemukan penginapan terdekat, bisa menginap di Penginapan Layung Sari. Lokasinya tidak jauh dengan Rumah Layung Sari dan dikelilingi taman serta pepohonan rindang. Memang, konsep utama bangunan di Layung Sari adalah asri.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Instagramable di Bogor, Harga Reasonable

Tak hanya itu, Penginapan Layung Sari mengusung konsep tradisional dengan bangunan terbuat dari kayu dan berbentuk pondok. Bagian atapnya adalah genting yang disangga kayu dan daun. Untuk bagian depan akomodasi adalah taman yang sangat luas dan terhubung dengan kolam serta restoran.

Penginapan Layung Sari (google: Muhamad Rifqi Waldani)
Penginapan Layung Sari (google: Muhamad Rifqi Waldani)

Dari teras tempat inap, Anda juga bisa melihat kolam pemancingan dan pengunjung yang sedang berlayar menggunakan perahu. Memang, kolam pemancingan di Layung Sari cenderung luas, hingga bisa dijadikan sebagai wisata perahu.

Sementara itu, bagian dalam penginapan sudah dibekali dengan tempat tidur, TV, spot bersantai, set kursi malas, interkom, set meja rias, dan lemari pakaian. Ada juga mandi dalam dengan shower dan kloset duduk. Lalu, berapa tarifnya?

Tarif Penginapan Layung Sari

Menurut review wisatawan, harga sewa pondokan atau bungalow Penginapan Layung Sari sekitar Rp300 ribu per malam. Itu sudah termasuk sarapan dan air mineral. Namun, Anda juga akan dikenakan biaya masuk wisata Layung Sari Rp10 ribu untuk anak dan Rp15 ribu untuk dewasa.

Tarif sewa penginapan dan tiket masuk Layung Sari bisa berubah sesuai kebijakan pengelola. Anda bisa melakukan reservasi secara langsung di atau melalui telepon di nomor (0262) 441438.

[1] R., Muhammad Faisal. 2016. Strategi Pengembangan Desa Mekarjaya Menjadi Desa Wisata di Kabupaten Garut. Jurnal Manajemen Resort dan Leisure Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 13(2): 75-85.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan