Suasana Asri dan Tiket Murah, Ini Referensi Ekowisata di Bili-Bili




Permata Indah Resort - @Aan Kurniawan
Permata Indah Resort - @Aan Kurniawan

Selama ini, Bili-Bili mungkin lebih terkenal karena bendungannya. Namun, siapa sangka di sekitar daerah tersebut juga terdapat ekowisata keren yang dapat menjadi alternatif tempat Anda dan sekeluarga saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Lalu, di mana tepatnya ekowisata tersebut, apa saja fasilitasnya, dan berapa harga tiket masuknya?

Mungkin sebagian besar dari Anda masih asing dengan daerah bernama Bili-Bili. Ini adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Nama Bili-Bili selama ini lebih populer berkat keberadaan Bendungan Bili-Bili yang memang menawarkan keindahan alam eksotis karena dikelilingi perbukitan.[1] Ada banyak hal menarik yang dapat dilakukan di bendungan ini, termasuk melihat struktur bangunan yang cukup unik, berkeliling bendungan menggunakan perahu, dan tentu saja berfoto ria dengan latar pemandangan yang cantik.

Selain bendungan tersebut, ternyata Bili-Bili juga memiliki beberapa spot ekowisata yang asri dan menyenangkan. Ekowisata sendiri sebuah yang meminimalkan dampak, menumbuhkan kesadaran lingkungan dan budaya, sekaligus memberikan pengalaman positif pada turis maupun host dan memberikan manfaat dan pemberdayaan masyarakat lokal.[2] Lalu, di mana saja ekowisata yang dapat ditemukan di Bili-Bili?

Butta Gowa Resort

Jika Anda mengetik keyword ‘ekowisata Bili-Bili’ dalam kolom pencarian Google, maka tempat ini yang akan muncul di halaman utama. Butta Gowa Resort beralamat di Jalan Malino KM 24-25, Bontoparang, Parangloe, Bili-Bili, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Lokasi Butta Gowa Resort cukup dekat dengan Bendungan Bili-Bili. Namun, apabila wisatawan hendak menuju tempat ini, diperlukan kehati-hatian dan kendaraan dengan kondisi prima lantaran jalan yang dilalui cukup menanjak.

Lihat Juga:   Wira Garden Lampung, Taman Wisata Komplit dengan Cottage & Sederet Fasilitas Lainnya

Sebuah spot liburan yang mengusung ekowisata, Butta Gowa Resort tidak cuma menawarkan keindahan bentang alam Gowa serta pemandangan yang eksotis. Pengelola juga sudah menyiapkan sejumlah fasilitas seperti cafetaria, spot foto Instagramable, bale-bale, wahana flying fox, ayunan, jaring panjat, hammock, tempat ibadah atau musala, aula, dan kolam renang luar ruangan, dengan harga tiket masuk cuma Rp15 ribuan per orang.

Tidak hanya itu, untuk traveler yang datang dari luar kota dan membutuhkan tempat menginap, telah disediakan penginapan tipe villa atau cottage, yang diklaim bersih dan terawat serta didukung fasilitas yang oke, termasuk kamar mandi, TV, dan AC. Dengan harga sewa kamar mulai Rp250 ribu per malam saat weekday atau Rp350 ribuan per malam saat weekend, reservasi dapat dilakukan lewat nomor ponsel 0823 9556 5425.

Butta Gowa Resort - www.celebes.co
Butta Gowa Resort – www.celebes.co

Permata Indah Resort

Ekowisata berikutnya di Bili-Bili adalah Permata Indah Resort yang terletak di Jalan Malino, Bontoparang, Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Lokasinya juga tidak jauh dari Waduk Bili-Bili, berselang 700 meter saja. Jika wisatawan bertolak dari Jalan Poros Malino, sudah ada papan petunjuk arah menuju tempat ini. Kemudian, pengunjung harus melewati jalan naik yang agak curam, sehingga dibutuhkan kehati-hatian.

Termasuk tempat dengan fasilitas akomodasi yang ada di daerah perbukitan, Permata Indah Resort menawarkan pemandangan alam yang masih asri. ekowisata yang diusung sangat kental terasa. Saat berada di tempat ini, Anda bisa melihat pepohonan, bukit yang hijau, dan hutan kecil di sekitarnya. Tak hanya itu, hampir seluruh area tempat inap ini dikelilingi taman dengan aneka tumbuhan berbunga dan pepohonan yang rindang.

Lihat Juga:   Spot Wisata di Sekitar Setiabudi Bandung yang Murah dan Unik

Tidak cuma menikmati pemandangan alam, pihak pengelola juga sudah menyediakan sejumlah wahana permainan yang dapat dijadikan media refreshing para tamu. Wahana utama di tempat ini adalah dua buah kolam renang, untuk anak-anak dan orang dewasa, yang berada di luar ruangan dengan suasana yang hijau. Di sisi kolam renang, sudah dilengkapi dengan gazebo, aula, toilet umum, ayunan, beberapa kursi baring, serta sejumlah kursi permanen.

Seperti Butta Gowa Resort, Permata Indah Resort juga didukung sejumlah villa atau cottage untuk mengakomodasi dari luar daerah yang membutuhkan tempat bermalam. Setidaknya, ada 14 unit kamar yang bisa dijadikan lokasi menginap dan telah dilengkapi fasilitas seperti spring bed, televisi, kamar mandi dalam dengan shower dan wastafel, serta pendingin ruangan berupa AC.

Permata Indah Resort - anak-kolaka.blogspot.com
Permata Indah Resort – anak-kolaka.blogspot.com

Permata Indah Resort

KomponenTarif
Tiket MasukRp20.000 per orang
Sewa VillaRp350.000 – Rp600.000 per malam

Harga tiket masuk dan tarif sewa kamar Permata Indah Resort di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bocoran sejumlah wisatawan. Perlu Anda catat bahwa tarif tersebut harga tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika memerlukan informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi pengelola lewat nomor ponsel 0821 8703 0501.

[1] Zulkifli. 2017. Pengembangan Kawasan DAM Bili-Bili Berbasis Masyarakat di Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa (Skripsi). Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Sains dan Teknologi Islam Negeri Alauddin Makassar.

[2] Nugroho, Iwan, dkk. 2015. Pengembangan Desa Melalui Ekowisata. Solo: Era Adicitra Intermedia.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan