Deretan Tempat Wisata Menarik yang Wajib Dikunjungi di Danau Ranau




Pulau Marisa - dolandolen.com
Pulau Marisa - dolandolen.com

Danau Ranau merupakan yang cukup luas dan lokasinya terletak di wilayah 3 provinsi, yakni Provinsi , Kabupaten Barat, Palembang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dan Bengkulu. Danau Ranau juga menjadi danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba.

Karena merupakan kawasan wisata terpadu, Anda dijamin tidak akan bosan ketika berada di Danau Ranau. Pasalnya ada beberapa pilihan tempat wisata menarik lainnya yang dapat Anda kunjungi di sekitar Danau Ranau. Apa saja? Berikut ulasan lengkap tempat wisata hits dan layak dikunjungi di sekitar Danau Ranau.

Waterboom Danau Ranau

Jika berada di Danau Ranau, rasanya masih belum lengkap jika Anda belum coba serunya bermain sejumlah wahana permainan air yang ada di Waterboom Danau Ranau. Jangan khawatir, lokasi waterboom ini ada tepat di pinggir Danau Ranau dan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Lantaran letaknya ada di kaki bukit, suhu air di Waterboom Danau Ranau memang cukup dingin seolah mengingatkan warga Jakarta, , dan sekitarnya dengan kolam yang ada di kawasan Puncak.

Tapi jangan salah, kolam renang di Waterboom Danau Ranau kabarnya memiliki air yang sangat jernih karena air di sana berasal dari sumber mata air yang berada di bukit di atasnya. Harga tiket masuk ke Waterboom Danau Ranau cukup murah kok, sekitar Rp 50 ribuan per orang untuk pengunjung dewasa, sedangkan untuk anak-anak hanya dikenai biaya masuk sebesar Rp 30 ribuan saja.

Layaknya waterboom pada umumnya, di Waterboom Danau Ranau ada slide atau seluncuran berkelok-kelok yang cukup seru untuk dinaiki anak-anak maupun orang dewasa serta water bucket atau ember berisi air yang menumpahkan air tiap beberapa menit sekali. Desain waterboom ini juga cukup unik, karena ada penambahan dekorasi berupa miniatur kapal pesiar yang unik tepat di pinggir kolam. Bonusnya, Anda bisa bermain air sekaligus menikmati latar belakang berupa Seminung dan Danau Ranau di waterboom tersebut. Luar biasa bukan?

Lihat Juga:   Tayub Lamongan, Kesenian Tradisional Untuk Upacara Sedekah Bumi
Waterboom Danau Ranau - www.bobocantik.com
Waterboom Danau Ranau – www.bobocantik.com

Bukit Tahura Sultan Adam Mandiangin

Apabila Anda berjiwa petualang sejati dan menyukai aktivitas yang memacu adrenaline, cobalah mampir ke Puncak Bukit Mandiangin. Bukit yang ada di Lumbok Ranau, Lampung Barat ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan (mdpl) dan kerap menjadi titik lepas landas olahraga paralayang yang populer di sana.

Jika Anda ingin menuju Bukit Mandiangin, kabarnya dibutuhkan stamina yang prima karena dari lokasi parkir Anda masih harus mendaki terlebih dahulu untuk sampai di puncak bukit. Ketika berada di bukit ini, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Ranau, Gunung Seminung, dan hamparan area persawahan yang luas.

Subik Tuha

Tak jauh dari Danau Ranau, Anda juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Subik Tuha. Apabila dari kawasan penginapan di Danau Ranau, Anda bisa mencapai Air Terjun Subik Tuha dalam waktu sekitar 15 menit saja berjalan kaki lantaran jarak menuju air terjun hanya sekitar setengah kilometer saja. Apabila Anda berkunjung ke kawasan Danau Ranau pada bulan Desember, kabarnya ada juga festival dayung cadik yang menjadi salah satu daya tarik di Danau Ranau. Cadik sendiri merupakan perahu yang memakai alat keseimbangan yang biasa digunakan oleh nelayan di Danau Ranau.

Air terjun yang ada di ketinggian 560 mdpl dengan tinggi 25 meter dan lebar 3 meter ini memiliki panorama yang indah dan udara yang sejuk berembun. Ketika berada di Air Terjun Subik Tuha, Anda bisa berenang atau berendam dalam kolam air terjun yang dingin tersebut.

Lihat Juga:   Harga Tiket Jembatan Langit Langkawi, Panorama Elok di Langit Malaysia
Air Terjun Subik Tuha - @pesonasriwijaya
Air Terjun Subik Tuha – @pesonasriwijaya

Pulau Marisa

Danau Ranau ternyata juga memiliki sebuah pulau kecil tepat di bagian tengahnya, yakni Pulau Marisa. Untuk menuju Pulau Marisa, Anda bisa menyeberang dengan naik perahu nelayan yang berjajar rapi di tepi Danau Ranau. Sebelum naik perahu tersebut, Anda bisa melakukan tawar-menawar terlebih dahulu supaya mendapatkan harga termurah.

Lalu apa sih yang menarik dari Pulau Marisa? Rupanya di pulau eksotis ini terdapat sebuah sumber air panas yang mengandung sulfur. Jadi setelah berdingin-dingin ria di air terjun atau danau, Anda bisa berendam menikmati air hangat di Pulau Marisa. Tak perlu khawatir, sebab di Pulau Marisa sudah dilengkapi dengan kamar mandi bagi Anda yang ingin membersihkan diri usai berendam.

Pulau Marisa - dolandolen.com
Pulau Marisa – dolandolen.com

Pelangi Danau Ranau

Pantai Pelangi rupanya termasuk destinasi wisata baru yang ada di sekitar Danau Ranau. Pantai sepanjang 300 meter ini ada di tepi Danau Ranau serta menawarkan aktivitas olahraga air yang cukup seru seperti jetski.

Saat berada di Pantai Pelangi, Anda bisa duduk-duduk bersantai di tepi pantai atau mencoba serunya naik jet ski sembari mengelilingi area pantai. Tak cukup sampai di situ, Anda pun dapat menikmati indahnya sunset alias matahari terbenam di Pantai Pelangi.

Langit

Jika Anda tak sanggup mendaki Gunung Seminung, cobalah merapat ke objek wisata baru bernama Taman Langit. Lokasinya tidak jauh dari tepi Danau Ranau dan melewati persawahan yang luas. Di Taman Langit Anda bisa berfoto-foto selfie dengan latar perkebunan dan perkampungan area Danau Ranau.

Selain tempat-tempat wisata yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa tempat wisata menarik lainnya di sekitar Danau Ranau seperti komplek wisata Pusri, Sesebik Hill yang menyuguhkan spot foto instagramable, Puncak Bersemi, hingga Bendungan Banding Agung.




Tentang Dian Kartika1037 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*