Definisi dan Tips Menginap di Hostel

At Fancy Hostels - www.bloomberg.com

Bagi mereka yang sering bepergian, pasti sudah familiar dengan jenis-jenis penginapan, seperti hotel, , guest house, , villa, , losmen, bungalow, wisma, hingga hotel kapsul. Meski sama-sama menawarkan tempat untuk bermalam, namun tidak banyak yang tahu bahwa masing-masing jenis penginapan tersebut memiliki definisi dan konsep yang berbeda.

Definisi Hostel

Dari sekian banyak jenis penginapan, salah satu yang cukup populer di kalangan wisatawan, terutama mereka yang punya bujet terbatas, adalah hostel. Punya mirip dengan hotel, hostel ternyata merupakan akomodasi yang cukup berbeda dengan hotel, terutama dari sisi fasilitas, , serta atau yang ditawarkan.

Dikutip dari berbagai sumber, hostel dikatakan sebagai tempat menginap layaknya hotel pada umumnya, namun dengan biaya atau tarif yang lebih ramah di kantong. Dengan kata lain, hostel dapat disebut juga sebagai hotel budget, yang artinya memiliki biaya menginap per malam yang jauh lebih dibandingkan hotel pada umumnya.

Hostel Menorca - www.booking.com

Hostel Menorca – www.booking.com

Alasan biaya menginap di hostel lebih murah karena fasilitas yang ditawarkan juga cenderung biasa (kalau tidak bisa dikatakan seadanya). Kamar di hostel memang berukuran cukup besar, namun digunakan lebih dari satu orang atau tamu, ada yang untuk enam orang hingga 10 orang, tergantung kebijakan masing-masing hostel.

Karena kamar yang disediakan mampu memuat banyak orang, hostel juga sering disebut mirip asrama. Tamu yang menginap di sini harus berbagi ruangan dengan tamu lain yang tidak mereka kenal. Jadi, Anda harus berbagi fasilitas di dalam satu kamar tidur dengan tamu yang lainnya, kecuali tentu saja tempat tidur atau ranjang. Ranjang pun didesain minimalis, kecil, dan tak jarang berupa ranjang susun.

Ciri khas lainnya dari hostel adalah jarang ada pembagian kamar layaknya hotel pada umumnya. Ketika Anda memutuskan menginap di hostel, Anda hanya akan diberikan satu pilihan kamar. Kalaupun ada beberapa pilihan kamar, fasilitas yang diberikan biasanya sama saja, dengan harga yang masih tergolong murah.

Lihat Juga:   Daftar Penginapan Murah di sekitar Pantai Batu Karas, Pangandaran

Mengenai fasilitas, jangan harap Anda akan menemukan fasilitas mewah ketika menginap di hostel. Kamar mandi atau toilet tidak disediakan secara pribadi, namun berupa kamar mandi bersama atau sharing sehingga Anda harus bergantian menggunakannya dengan tamu lain. Umumnya, kamar mandi ini diletakkan di ruang umum atau area publik.

Fasilitas lainnya yang disediakan juga minimalis. Selain ranjang untuk tidur, tamu sebagian besar hanya akan mendapatkan perlengkapan tidur seperti seprai dan bantal. Meski demikian, ada beberapa hostel yang menyediakan lemari kecil di sebelah ranjang masing-masing tamu, yang berguna untuk menyimpan barang pribadi agar lebih aman.

Untuk fasilitas umum, selain kamar mandi, hostel juga kebanyakan telah menyediakan ruang bersantai, televisi, buku-buku, dapur dan peralatan untuk memasak, lemari es, hingga jemuran baju. Fasilitas tersebut, selain bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran, juga membuat suasana hostel menjadi lebih bersahabat dan homey.

Tips Menginap di Hostel

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, hostel tetap layak dijadikan tempat bermalam ketika Anda melakukan perjalanan jauh dan ingin mengirit pengeluaran. Namun, sebelum memutuskan menginap di tempat ini, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan agar liburan atau perjalanan Anda tetap bisa menyenangkan.

Tokyo Central Youth Hostel - www.jyh.gr.jp

Tokyo Central Youth Hostel – www.jyh.gr.jp

  • Perhatikan tipe kamar yang Anda pesan. Biasanya, hostel menyediakan tiga tipe kamar, yaitu mix dorm, female dorm, dan male dorm. Mix dorm adalah kamar campur untuk laki-laki maupun perempuan, female dorm dikhususkan untuk tamu perempuan, dan male dorm ditujukan untuk tamu laki-laki. Tamu perempuan yang mungkin merasa kurang nyaman berbagai kamar dengan laki-laki, disarankan untuk memilik female dorm agar istirahat menjadi lebih tenang.
  • Papan vacant dan in use. Kamar mandi di hostel, seperti dijelaskan di atas, umumnya kamar mandi share. Jadi, di depan pintu tergantung papan tulisan ‘vacant’ dan ‘in use’. Papan ‘vacant’ menunjukkan bahwa kamar mandi sedang kosong, sedangkan papan ‘in use’ menunjukkan bahwa kamar mandi sedang digunakan. Tamu hostel tidak boleh lupa menggantung papan ‘in use’ sebelum masuk kamar mandi dan ‘vacant’ setelah keluar.
  • Siapkan perlengkapan mandi pribadi. Masih seputar kamar mandi, Anda disarankan untuk membawa perlengkapan mandi sendiri, karena umumnya hostel tidak menyediakan perlengkapan mandi. Anda bisa membawa sampo kemasan sachet, pasta gigi, sabun cair pada wadah kecil, dan tentunya sikat gigi untuk kebutuhan bersih-bersih tubuh.
  • Masukkan barang berharga ke loker. Ketika memutuskan menginap di hostel, umumnya Anda tidak akan menemukan lemari. Namun, Anda akan mendapatkan kunci loker yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang pribadi Anda. Jangan lupa selalu mengunci loker tersebut untuk alasan keamanan.
  • Menjaga ketenangan. Karena kamar yang disediakan hostel umumnya adalah kamar bersama, sangat penting bagi para tamu untuk menjaga ketenangan. Banyak hostel yang memberlakukan jam tenang, seperti mulai pukul 22.00 atau 23.00 hingga esok pagi. Karena itu, jika Anda datang bersama teman, sebaiknya jangan berisik atau bersuara lantang di dalam kamar. Jika ingin mengobrol, Anda bisa memanfaatkan ruang tamu atau ruang bersantai umum.
  • Jangan mengunci pintu kamar. Tidak semua tamu memegang kunci kamar, sehingga Anda sebaiknya tidak mengunci pintu kamar. Bila Anda menguncinya, hal tersebut tentu akan merepotkan tamu lain dan pihak hostel.
Lihat Juga:   Villa Seruni Sampay, Akomodasi Premium di Puncak, Bogor

Nah, itulah beberapa tips sebelum Anda memutuskan menginap di hostel. Masing-masing hostel tentunya memiliki kebijakan yang berbeda. Namun, tips di atas bisa Anda terapkan jika Anda ingin mendapatkan suasana yang tenang ketika berada di hostel, serta memberikan kenyamanan kepada tamu lain yang sedang menginap.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>