Danau Ronggojalu, Wisata Alam Murah dan Menyegarkan di Probolinggo




danau ronggojalu - rinywulan.com

Jika kita berbicara tentang objek di , kita tentunya tak bisa lepas dari pesona Gunung Bromo. Memang, Gunung Bromo merupakan salah satu objek wisata unggulan , bahkan di seantero .

danau ronggojalu - rinywulan.com
danau ronggojalu – rinywulan.com

 

Namun, tak cuma Gunung Bromo saja yang menjadi destinasi wisata unggulan Probolinggo. Daerah yang beriklim udara agak panas itu juga punya beberapa objek wisata menarik lainnya, salah satunya Danau Ronggojalu.

Danau Ronggojalu terletak di Desa Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggi. Objek wisata ini bisa ditempuh kurang lebih 30 menit berkendara dari Probolinggo melewati jalur menuju arah Lumajang dan Jember. Akses menuju wisata ini juga cukup mudah dilalui, baik oleh kendaraan roda dua maupun kendaraaan roda empat.

Nama Ronggojalu diambil dari kisah Ki Ronggo dan Ki Jalu. Konon, pada zaman dahulu, Ki Ronggo dan Ki Jalu yang sebenarnya masih bersaudara terlibat perebutan kekuasaan. Ketika mereka berperang, datang seorang kiai sakti yang menancapkan sebuah batang lidi di kawasan tersebut. Ia bertitah bahwa barang siapa yang dapat mencabut batang lidi tersebut, maka ialah yang berhak menjadi penguasa wilayah Ronggojalu.

Namun, baik Ki Ronggo dan Ki Jalu tidak ada yang mampu mencabut batang lidi tersebut. Akhirnya, kiai tersebut mencabut lidi itu dan bekas tancapannya mengeluarkan sumber mata air hingga menjadi sebuah danau. Kedua saudara itu kemudian tewas tenggelam di danau tersebut.

Pada tepi danau tersebut, terdapat dua buah makam berwarna oranye. Makam yang memiliki pagar hampir roboh itu tepat berada di bawah pohon rindang dan diyakini sebagai makam Ki Ronggo dan Ki Jalu.

Terlepas dari benar-tidaknya legenda tersebut, sebagai kawasan wisata, Danau Ronggojalu memang memiliki pesona alam yang luar biasa. Kapasitas danau ini mencapai 3.000 liter setiap harinya dan kerap dijadikan sumber air bersih oleh warga setempat.

Sebagai wisata, Danau Ronggojalu juga telah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung, antara lain untuk anak-anak, penyewaan ban, yang menjual menu khas Probolinggo, hingga gazebo untuk bersantai. Untuk bisa berkunjung ke danau ini, cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 per orang sebagai masuk.

Lihat Juga:   Pantai Ngrenehan, ‘Pantai Nelayan’ dengan Pemandangan Menawan di Saptosari-Gunungkidul




Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*