Customer Care dan Layanan Mandiri Agoda Indonesia




Agoda Indonesia - www.tigasiku.com
Agoda Indonesia - www.tigasiku.com

Saat ini, memesan hotel atau tiket pesawat memang tidak perlu repot-repot karena sudah tersedia banyak online travel agent (OTA). Nah, salah satu yang cukup populer di kalangan pelancong Indonesia adalah Agoda. Menawarkan pemesanan berbagai kamar penginapan, Agoda juga menyediakan customer care dan layanan mandiri untuk konsumen yang membutuhkan lebih detail atau hendak melakukan klaim.

Di zaman seperti ini, siapa sih yang tidak mengenal media komunikasi bernama internet? Internet sering dikatakan sebagai produk konvergensi teknologi dan komunikasi, yang membuat komunikasi antar-manusia, yang menyangkut interpersonal, groups, organizations, dan mass dapat dilakukan hanya dalam satu media.[1]

Dengan segala kecanggihan dan kepraktisan yang dibawa, tidak mengherankan jika kemudian jumlah pengguna internet semakin berkembang. Di Indonesia saja, populasi netter telah mencapai 83,7 juta orang pada tahun 2014 dan menjadi 102,8 juta orang hanya dalam jangka waktu dua tahun.[2] Angka tersebut merupakan angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan.

Seiring dengan kemajuan internet ini, akhirnya muncul bisnis yang sering disebut sebagai online travel agent alias OTA. OTA sebenarnya adalah agen perjalanan yang berperan sebagai media promosi dan penjualan secara online melalui website.[3] Dibandingkan jalur offline, OTA memiliki sejumlah keunggulan untuk konsumen, seperti kenyamanan memesan atau membeli, yang beragam, respond to market, hingga penghematan biaya.

Layanan Online Agoda Indonesia - www.agoda.com
Layanan Online Agoda Indonesia – www.agoda.com

Kelebihan Agoda

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak OTA yang sering dijadikan masyarakat untuk memesan, entah itu hotel atau tiket pesawat terbang. Nah, dari sekian banyak situs booking online tersebut, salah satu yang sudah cukup terkenal adalah Agoda. Dikutip dari situs resminya, Agoda adalah salah satu platform pemesanan perjalanan online yang berkembang paling pesat di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2005 ini berkembang dengan cepat di Asia dan diambil alih oleh penyedia pemesanan kamar online terbesar di dunia, Booking Holdings Inc., pada tahun 2007.

Lihat Juga:   Rekomendasi Wisata Murah Dekat Stasiun Lempuyangan

Kantor utama Agoda berada di Singapura dengan 53 kantor cabang di kota-kota besar yang ada di 30 negara dan memiliki lebih dari 3.700 karyawan di seluruh dunia. OTA ini menyediakan lebih dari 2 juta properti akomodasi, termasuk apartemen, villa, rumah, dan hotel, serta diklaim sudah didukung oleh lebih dari 15 juta ulasan dari wisatawan.

Untuk mereka yang ingin memesan hotel di situs booking online ini, Agoda menerapkan banyak kebijakan, termasuk terkait harga kamar, biaya lain-lain, kapasitas tampung, pembatalan pemesanan, hingga refund. Beberapa kebijakan yang sering ditanyakan pengguna ketika ingin memesan kamar hotel via Agoda, antara lain pengaturan awal tampilan harga, tipe kamar yang memiliki lebih dari satu harga, diskon tambahan, kebijakan pembatalan, dan refund.

Menurut pengalaman beberapa pengguna, ketika Anda melakukan booking hotel via Agoda, selain proses yang sangat cepat, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan pihak Agoda diklaim akan memberikan harga terbaik untuk Anda. Bahkan, konsumen berkesempatan memperoleh diskon tarif hotel sebesar 50 persen hingga lebih.

Lihat Juga:   Smooth Lounge & KTV, Tempat Hiburan Malam Plus Karaoke di Malang

Customer Care Agoda

Meski demikian, tidak sedikit pengguna yang merasa kecewa dengan layanan yang diberikan Agoda. Nah, apabila Anda kebetulan mengalami hal serupa, Anda dapat langsung mengutarakan keluhan Anda melalui Customer Care Agoda di nomor telepon (021) 2188 9001 atau 2926 3028 dan email lewat alamat cs@agoda.com dan beroperasi selama 24 jam.

Kamar Hotel Mewah by Agoda - www.agoda.com
Hotel Mewah by Agoda – www.agoda.com

Layanan Mandiri Agoda

Selain menggunakan nomor telepon dan email, konsumen yang memerlukan bantuan apabila sedang mengalami kendala saat pemesanan hotel, sedang mencari bagaimana cara melakukan pembatalan, atau reschedule pesanan hotel, bisa langsung mengunjungi halaman Pusat Bantuan Mandiri yang telah disediakan pihak Agoda di website resmi mereka.

Di halaman tersebut, ada dua topik yang dapat Anda pilih sesuai dengan keluhan Anda, yakni Akomodasi dan Pesawat. Di topik Akomodasi misalnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan atau keluhan mengenai detail pesanan, pembatalan, ubah pesanan, dan permintaan khusus. Sementara, untuk topik Pesawat, akan langsung disambungkan dengan website resmi sejumlah maskapai penerbangan.

[1] Rustam, Muhammad. 2017. Internet dan Penggunaannya (Survei di Kalangan Masyarakat Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan). Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 21(1): 13-24.

[2] Putra, Surya Aditya Widya dan Sri Vandayuli Riorini. 2016. Pengaruh Online Reviews terhadap Online Hotel Booking Intentions pada Online Travel Agent Lokal. Seminar Nasional Cendekiawan 2016.

[3] Hendriyati, Lutfi. 2019. Pengaruh Online Travel Agent terhadap Pemesanan di Hotel Mutiara Malioboro Yogyakarta. Jurnal Media Wisata, Vol. 17(1): 1090-1099.




1 Comment

  1. saya ingin merubah pembayaran pemesanan kamar Booking ID 3593137209, untuk dibayarkan sekarang, karena booking diperuntukkan orang lain. terima kasih

Tinggalkan Balasan