Curug Kenthongan, Air Terjun Unik di Kawasan Wana Wisata Sekipan Tawangmangu




Curug Kenthongan - @eko12 santoso
Curug Kenthongan - @eko12 santoso

Tiap daerah di Indonesia memiliki potensi daya tarik masing-masing. Bahkan tiap tempat rasanya begitu menarik untuk dijelajahi karena menawarkan keunikan yang mungkin belum tentu ada di tempat lainnya. Bagi Anda yang berada di Jawa Tengah, cobalah untuk berkendara menuju daerah dan rasakan keindahan dan kesejukan yang lain daripada biasanya.

Jika Anda liburan ke Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, Anda bisa mencoba untuk menyempatkan diri mengunjungi sebuah tempat bernama Wana Wisata Sekipan. Hutan wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan yang masih asri dan udara yang begitu sejuk. Tak heran jika Wana Wisata Sekipan banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan saat musim liburan maupun akhir pekan untuk refreshing.

Hutan Wisata Sekipan sendiri terletak di daerah Sekarjinggo, Desa Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar (berjarak sekitar 46 km dari Solo), dan kabarnya cukup dekat dengan tempat wisata Bukit Sekipan Night dan jaraknya hanya sekitar 2 km saja dari Pasar Tawangmangu. Apabila berangkat dari Solo, Anda bisa sampai di Wana Wisata Sekipan dalam kurun waktu sekitar 1,5 jam saja.

Akses menuju Wana Wisata Sekipan pun cukup mudah. Dari arah Tawangmangu, Anda bisa berkendara menuju Telaga Sarangan. Sesampainya di Kantor Kelurahan Kalisoro, Anda nantinya akan menemukan papan petunjuk yang mengarahkan untuk menuju lokasi Wana Wisata Sekipan.

Hutan Wisata Sekipan awalnya hanya dikenal sebagai bumi perkemahan yang kerap menjadi tempat untuk diadakan diklat, outbond, gathering, dan sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu, Wana Wisata Sekipan terus mengalami pengembangan dan bermunculan berbagai menarik yang mampu menyedot perhatian para pengunjung dari berbagai daerah.

Curug Kenthongan - @Ary Anto
Curug Kenthongan – @Ary Anto

Untuk memasuki Wana Wisata Sekipan, Anda akan dikenai tiket masuk dengan harga sekitar Rp 7.500 per orang. Nah, jika ingin berkemah alias camping dengan rombongan, Anda akan dikenai tambahan sekitar Rp 10 ribuan. Tetapi, bila Anda berencana untuk kemah dengan rombongan dalam jumlah banyak, Anda bisa melakukan terlebih dahulu dengan menghubungi pihak petugas Wana Wisata Sekipan.

Saat berada di Wana Wisata Sekipan, Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru, mulai dari piknik bersama pasangan atau , camping, outbond yang menantang adrenaline, wisata edukasi, konservasi, foto pre-wedding, foto selfie, syuting, atau bahkan menginap di pondok wisata (). Selain ditumbuhi pohon pinus, di Wana Wisata Sekipan pun ada beragam flora yang juga tumbuh, mulai dari pohon kina, damar, kayu manis, puspa, rasamala, gondang, dan masih banyak lagi. Bahkan ada juga beberapa jenis fauna asli yang dapat Anda temukan di Hutan Sekipan ini.

Yang lebih menarik lagi, pihak pengelola kawasan hutan wisata ini juga menyediakan fasilitas unik berupa Welit Supercamp. Dengan adanya fasilitas tersebut, para pengunjung dapat menikmati sensasi bermalam di hutan dengan nuansa yang berbeda dari biasanya. Sebagai informasi, welit sendiri merupakan daun tebu yang sudah kering, tetapi kemudian dimanfaatkan dengan cara dianyam menjadi atap.

Nah, di Wana Wisata Sekipan kabarnya tersedia sekitar 10 unit rumah-rumahan beratapkan Welit yang bisa Anda sewa untuk menginap bersama keluarga. Biaya atau tarif menyewa Welit Supercamp tersebut dibanderol sekitar Rp 150 ribuan per malam jika Anda datang pada hari-hari biasa alias weekday. Tetapi jika Anda menginap saat weekend (akhir pekan), maka Anda akan ditarik biaya yang terpaut sedikit lebih mahal, yakni Rp 200 ribuan per malam.

Tak perlu khawatir, meski kesannya sangat minimalis, jika menginap di Welit Supercamp Anda sudah memperoleh fasilitas berupa matras, 2 sleeping bag, dan 1 buah lampu. Suasana camping di Wana Wisata Sekipan akan menjadi semakin jika Anda datang bersama rombongan sembari membuat api unggun atau bahkan berpesta BBQ. Patut dicoba!

Di lokasi yang terletak di atas ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini bukan hanya area camping ground-nya saja yang bisa dieksplor. Anda juga tak boleh melewatkan untuk mengunjungi spot wisata lain yang masih berada di area wana wisata, yakni aliran sungai yang menyegarkan, objek wisata bersejarah Candi Sekarjinggo, dan juga Curug Sumber Kentongan.

Curug Kenthongan - @putri asari
Curug Kenthongan – @putri asari

Para pengunjung yang datang ke Wana Wisata Sekipan biasanya meluangkan waktu untuk mampir ke Curug Kenthongan. Lokasi Curug Kenthongan kabarnya masih agak masuk ke dalam hutan. Anda setidaknya butuh waktu 15 menit tracking untuk menuju lokasi . Jadi sebaiknya siapkan tenaga Anda. Tetapi tak perlu resah, sebab saat tiba di Curug Kenthongan, rasa lelah Anda akan sirna setelah melihat aliran air yang cukup deras. Pada saat musim kemarau biasanya debit air di Curug Kenthongan tak terlalu banyak, namun setidaknya cukup untuk menyegarkan diri Anda di siang hari. Terlebih karena suasana di sekitar Curug Kenthongan juga masih sangat alami.

Nah, bila Anda enggan menginap di kawasan Wana Wisata Sekipan. Anda juga bisa menemukan alternatif akomodasi dengan berkunjung ke Bukit Sekipan yang lokasinya cukup dekat dengan hutan wisata ini. Di Bukit Sekipan tersedia beberapa tipe akomodasi, mulai dari wisma small room dengan harga Rp 350 ribu per malam, tipe connecting room Rp 600 ribu per malam, paviliun room Rp 600 ribu per malam, villa Rp 1,4 juta per malam, cottage Jepang Rp 750 ribu per malam, dan Titanic room harganya Rp 550 ribu per malam.

Lihat Juga:   Harga Tiket Masuk Curug Lawe, Surga Tersembunyi di Semarang




Tentang Dian Kartika1107 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan