Curug Bayan, Keindahan di Tengah Hutan Kawasan Baturraden




Curug Bayan - www.kompasiana.com

Kawasan Baturraden, Kabupaten , memang selama ini sudah terkenal akan keindahan alamnya. Karena itu, tak heran jika kawasan ini semakin ramai dikunjungi , baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Curug Bayan - www.kompasiana.com
Curug Bayan – www.kompasiana.com

 

Salah satu keindahan yang ada di kawasan Baturraden adalah Curug Bayan atau Air Terjun Bayan. Air terjun ini terletak di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Curug Bayan hanya berjarak kurang lebih 3 km dari Baturraden dan hanya beberapa puluh langkah dari DAM Jepang Kalipagu. Curug Bayan juga hanya berjarak sekitar 15 km dari ujung timur Purwokerto.

Karena letaknya tersembunyi di tengah perkebunan dan hutan, Curug Bayan menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan sejuk. Curug ini sendiri hanya memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan areal kolam yang memiliki luas sekitar 200 hingga 300 meter persegi dengan kedalaman 2 hingga 5 meter. Bukan hanya sebagai genangan air yang bisa dinikmati keindahannya saja, wisatawan juga diperkenankan berenang atau mandi di kolam ini.

Layaknya alam lainnya, yang disediakan di air terjun ini memang cukup sederhana. Di sini, hanya ada beberapa kecil yang menjual jajanan khas Purwokerto, yaitu tempe mendoan. Namun, bagi yang datang dari luar daerah, tak perlu khawatir. Karena, di sini juga disediakan akomodasi penginapan, salah satunya Wisma Curug Bayan yang berdiri di atas Sungai Banjaran. Dari penginapan ini, para tamu dapat menikmati secara langsung pemandangan di Curug Bayan dan juga DAM Jepang.

Di samping itu, di kawasan ini juga sudah banyak dijumpai gazebo yang bisa digunakan sebagai bersantai. Sementara, di sisi kiri Curug Bayan, berdiri Surge Tank di atas tebing yang dulunya dibangun oleh Belanda pada tahun 1939 dan masih berfungsi hingga saat ini. Surge Tank ini merupakan bagian dari konstruksi PLTA Ketenger.

Untuk bisa mencapai Curug Bayan, wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Jalur yang bisa ditempuh yaitu melalui Kedung Banteng. Sebelum masuk Kota Purwokerto, di pertigaan Pasar Karang Lewas belok ke kiri lurus terus mengikuti jalan utama, sampai di Kedung Banteng, selanjutnya Baturraden.  Jalan ini cukup baik untuk dilalui meskipun sangat sempit, terlebih bila ada dua mobil berpapasan.

Lihat Juga:   6 Tempat Shopping Paling Digemari Wisatawan Indonesia di Singapore




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan