Tarif Cenderung Murah, Ini Ciri-Ciri Hotel Melati




Hotel Melati - www.booking.com
Hotel Melati - www.booking.com

Bagi traveler dengan anggaran pas-pasan, melati merupakan pilihan yang masuk akal sebagai bermalam. Pasalnya, tarif akomodasi demikian memang umumnya terjangkau. Sayangnya, tidak sedikit pelancong yang masih belum mengetahui ciri-ciri hotel melati. Apakah semua penginapan dengan harga bisa disebut demikian? Lalu, apa bedanya dengan tempat inap lain, hotel bintang 1 atau losmen misalnya?

Walau sekarang sudah ada beragam tipe penginapan, seperti , guest house, , resort, hingga dorm, hotel tetap menjadi pilihan populer di kalangan turis. Ini dapat dikatakan sebagai sebuah perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[1]

Hotel sendiri memiliki beragam jenis. Penentuan jenis hotel ini terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki .[2] Berdasarkan hal tersebut, jika dilihat dari lokasi tempat hotel tersebut dibangun, penginapan ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain city hotel (biasanya berada di perkotaan), residential hotel (umumnya berada di pinggiran kota besar), resort hotel (cenderung berlokasi di daerah pegunungan atau tepi pantai), serta motel (di pinggiran atau sepanjang jalan raya antar-kota).

Menurut Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, hotel dapat dibedakan menjadi dua, yakni hotel bintang dan hotel non-bintang.[3] Hotel bintang adalah hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel. Sementara, apabila akomodasi tersebut tidak atau belum memenuhi kriteria penggolongan sebagai hotel bintang satu, maka disebut sebagai hotel non-bintang.

Lihat Juga:   Asifa Guest House Malang, Akomodasi Syariah Dekat SSB ASIFA
Hotel Melati - www.tripadvisor.co.id
Hotel Melati – www.tripadvisor.co.id

Pengertian Hotel Melati

Lalu, apakah semua hotel non-bintang ini bisa disebut sebagai hotel melati? Dikutip dari Medcom.id, hotel melati memang dapat dikatakan sebagai penginapan yang tidak termasuk klasifikasi hotel berbintang, namun membuat kantong nyaman. Hotel melati merupakan other star hotel, yakni usaha akomodasi yang menggunakan suatu atau sebagian bangunan yang disediakan secara khusus, dengan setiap tamu dapat menginap, makan, memperoleh layanan, dan menggunakan fasilitas lainnya dengan sejumlah pembayaran.[4]

Tidak diketahui dari mana asal-muasal penyematan kata ‘melati’ pada hotel jenis ini. Yang jelas, hotel melati biasanya memiliki fasilitas-fasilitas dasar, seperti kipas angin atau AC, kamar mandi dalam, dan meja resepsionis. Penginapan ini pun dapat dibedakan lagi menjadi tiga kelas, tergantung jumlah unit kamar yang dimiliki. Hotel melati I biasanya menyediakan 5 kamar, kemudian kamar di hotel melati II biasanya 10 unit, sedangkan hotel melati III memiliki 15 unit kamar.

Ciri-Ciri Hotel Melati

  • Hotel melati umumnya menerapkan biaya atau tarif sewa kamar yang murah. Target konsumen akomodasi ini adalah mereka yang ingin menginap namun dengan bujet yang minim.
  • Karena punya harga sewa yang murah, fasilitas yang disediakan hotel melati pun sangat standar. Tamu hanya akan mendapatkan fasilitas tempat tidur dan kamar mandi pribadi. Beberapa di antaranya memang dilengkapi dengan kipas angin atau AC, namun tergantung klasifikasi kelas hotel yang bersangkutan.
  • Jumlah kamar yang disediakan hotel melati cukup minim. Seperti disinggung di atas, hotel melati rata-rata cuma menyiapkan lima sampai 15 unit kamar untuk wisatawan yang ingin bermalam.
  • Tingkat kebersihan kamar hotel melati biasanya cukup buruk. Namun, ada pula sejumlah hotel melati yang lumayan bersih.
Lihat Juga:   Hotel Grand Palem, Akomodasi Kondang Hadirkan View Gunung Panderman

Tips Menginap di Hotel Melati

Karena fasilitas yang ditawarkan terbilang biasa, hotel ini memang bukan pilihan populer, terutama bagi mereka yang mengutamakan kenyamanan. Namun, jika Anda terpaksa, mungkin karena anggaran perjalanan menipis, akomodasi ini bisa Anda jadikan tempat beristirahat. Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan menginap di hotel ini.

Hotel Melati - www.booking.com
Hotel Melati – www..com

Umumnya, kondisi kamar hotel melati tidak sebaik penginapan di atasnya. Karena itu, Anda harus mengecek dulu segala perabotan di kamar, terutama kunci dan jendela. Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi tempat tidur dan lantai. Ini lebih ke masalah keamanan dan kebersihan karena seringkali wisatawan senang membuang sampah sembarangan dan luput dibersihkan pihak pengelola.

Cek juga kondisi kamar mandi, apakah kran, bak air, serta flush toilet (jika mendapat fasilitas toilet duduk) masih berfungsi dengan baik atau tidak dan dalam kondisi yang bersih atau kotor. Lalu, periksa juga fungsi fasilitas kamar, seperti televisi dan kipas angin atau AC. Selain itu, jangan lupa untuk membawa kain lebih sebagai alas tambahan karena kebanyakan hotel melati tidak terlalu memperhatikan kebersihan ranjang. Kalau perlu, Anda pun bisa membawa obat/lotion anti nyamuk dan serangga.

[1] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. : CV Alfabeta.

[2] Tarmoezi, Trizno. 2000. Hotel Front Office. Jakarta: Kesaint Blanc.

[3] Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. 2013. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.

[4] Hartini, Ahmad. 2005. Hotel dan Ruang Lingkup. Padang: Perpustakaan Daerah, hlm. 12.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan