Apa Saja Ketentuan Check Out Hotel Lebih Awal?




Check Out Hotel - www.freepik.com
Check Out Hotel - www.freepik.com

kegiatan bisnis atau yang terlalu padat, seringkali membuat banyak tamu diharuskan check out lebih awal dari . Jadwal yang terkadang berubah juga menjadi alasan banyak orang memilih melakukan check out lebih awal. Lalu, apa saja ketentuan yang harus Anda patuhi ketika ingin check out di hotel lebih awal?

Proses check out adalah salah satu proses yang dilakukan ketika waktu menginap tamu sudah habis. Prosedur check out biasanya memakan waktu agak lama dibanding check in, karena petugas front office harus melakukan perhitungan terhadap semua tagihan yang dibebankan pada tamu.[1] Setelah itu, pegawai akan membuat nota tagihan dan memberikan bukti pembayaran yang sudah ditandatangani oleh pihak hotel. Setelah itu, tamu baru bisa membayar tagihan dan pergi dari hotel.

Selain perlu melewati prosedur tersebut, Anda juga harus mematuhi aturan atau persyaratan check out di hotel. Setiap hotel memiliki kebijakannya sendiri-sendiri. Meskipun begitu, ada ketentuan umum yang perlu Anda tahu tentang check out dari hotel, terutama jika Anda ingin pergi dari hotel lebih awal atau melakukan early check out.

Beritahu Pihak Hotel

Secara umum, mayoritas hotel memiliki aturan jam check out pada pukul 12 siang. Jika Anda ingin melakukan early check out, sebaiknya Anda menghubungi pihak hotel sehari sebelum keluar dari penginapan. Sertakan jam, tanggal, dan alasan mengapa Anda harus check out lebih cepat kepada petugas hotel. Ini bertujuan agar pihak bisa mempersiapkan prosedur check out Anda dengan lebih cepat.

Lihat Juga:   Info Terbaru Wisma Tugu Depag, Penginapan Murah Favorit Saat Liburan di Puncak

Selain itu, dengan memberitahukan alasan mengapa Anda harus melakukan early check out, membantu pihak hotel untuk membuat nota dan segala keperluan administrasi menjadi lebih mudah. Biasanya, pihak hotel juga akan menanyakan beberapa hal jika Anda ingin check out lebih awal, seperti apakah Anda membutuhkan bantuan transportasi dari pihak hotel atau bantuan untuk membawa barang dari kamar menuju lobby.

Check Out Hotel - getlost.id
Check Out Hotel – getlost.id

Barang yang Boleh Dibawa

Sebelum Anda melakukan check out, pastikan Anda mengingat barang-barang bawaan Anda. Selain membawa semua barang pribadi, ada beberapa barang hotel yang bisa Anda bawa pulang sebagai souvenir, antara lain sandal, sabun, sisir, sikat gigi, pasta gigi, sampo, sabun, lotion, dan kondisioner.

Ada juga barang yang tidak boleh dibawa pulang, di antaranya handuk, gantungan baju, selimut, dan baju handuk. Bila Anda ketahuan membawa barang-barang tersebut, Anda akan dikenai atau charge tambahan dari hotel. Selain itu, pastikan barang-barang yang sudah Anda pakai tidak rusak. Kerusakan benda atau perabotan di kamar akan dibebankan pada tamu berupa denda khusus.

Barang Tertinggal

Sebelum keluar dari hotel, pastikan semua barang Anda ada di koper. Untuk mempermudah mengingat barang-barang yang dibawa, Anda bisa membuat check list. Centang semua barang yang sudah masuk di koper dan cari barang yang belum masuk di koper. Barang yang tertinggal di hotel akan sulit dicari lagi, karena harus melalui prosedur khusus.

Lihat Juga:   Gloria Homestay Madiun, Akomodasi Memadai Tarif Lumayan

Beberapa hotel juga menerapkan ketentuan bahwa barang yang tertinggal tidak bisa dikembalikan, jika barang tersebut berupa benda yang tidak berharga. Benda berharga seperti perhiasan dan alat elektronik bisa dikembalikan ke pemilik dengan cara dikirim. Tentunya, ongkir kirim barang dari penginapan ke tujuan akan ditanggung oleh tamu hotel.

Biaya Check Out Awal

Beberapa hotel memang menerapkan ketentuan untuk membayar secara lebih jika para tamu tidak kunjung check in. Lalu, bagaimana dengan check out? Untuk check out, ada penginapan yang menerapkan sistem pengembalian dana jika sedang ada promo. Namun secara umum, hotel tidak mengenakan tagihan untuk early check out.

Check Out Hotel - www.travelandleisure.com
Check Out Hotel – www.travelandleisure.com

Para tamu yang melakukan early check out, harus mau menanggung biaya yang mungkin tidak sesuai dengan tagihan di akhir. Misalnya, jika Anda menyewa hotel dengan Rp200.000 per malam, Anda harus membayar tagihan sejumlah Rp200.000 meskipun melakukan check in lebih awal.

Itulah beberapa ketentuan yang harus diperhatikan jika Anda ingin melakukan early check out. Selain itu, Anda juga perlu lapor kepada pihak resepsionis di hari Anda akan check out. Bisa dibilang, Anda perlu lapor dua kali sebelum check out untuk memastikan bahwa proses early check out sudah diurus oleh pihak hotel. Ini akan membantu pihak akomodasi untuk membersihkan kamar lebih cepat.

[1] Riawan, Fitra. 2018. Transaksi Front Office pada Hotel X Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 7(1): 2571-2581.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan