Cari Losmen Murah di Kawasan Malioboro? Cek Info Lengkapnya!




Papan nama Jalan Malioboro (sumber: okezone.com)

merupakan kawasan (tepatnya jalanan) yang sangat populer dan banyak didatangi wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, ketika berkunjung ke Yogyakarta. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian di sekitar jalanan ini menjamur berbagai model penginapan, dari hotel berbintang dengan murah hingga penginapan murah sekelas .

Sebelum membicarakan losmen murah di sekitar kawasan Malioboro, sedikit informasi mengenai jalanan populer ini. Malioboro adalah tempat yang cocok bagi mereka yang ingin berwisata budaya, kuliner, bahkan hingga belanja. Di kawasan ini, banyak berjejer pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Yogyakarta, serta warung-warung lesehan yang menjual makanan gudeg Yogyakarta, terutama di malam hari. Di samping itu, Malioboro juga tersohor sebagai tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekspresikan kemampuan mereka di bidang musik, melukis, happening, art, pantomim, dll.

Nah, bagi Anda yang saat ini hendak berkunjung ke Malioboro dan membutuhkan informasi mengenai penginapan murah sekelas losmen di sekitar kawasan tersebut, berikut kami sajikan beberapa di antaranya untuk Anda.

Losmen Setia Kawan

Losmen Setia Kawan (sumber: booking.com)
Losmen Setia Kawan (sumber: .com)

Losmen Setia Kawan terletak di Jalan Sosrowijayan Wetan GT I/58A, Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Ketika pertama kali menginjakkan kaki di penginapan ini, para tamu akan disuguhi bangunan artistik dengan dinding yang dipenuhi lukisan apik. Dekorasi dan furniture yang ditampilkan juga kental dengan suasana tradisional khas Yogyakarta.

Sebagai penginapan murah, Losmen Setia Kawan sebenarnya telah didukung dengan yang memadai, seperti kipas angin atau AC, sarapan, kamar mandi dalam, hingga TV kabel dan air panas di beberapa tipe kamar. Keseluruhan, ada delapan tipe kamar yang disediakan di Losmen Setia Kawan. Berikut dan tarif masing-masing kamar di Losmen Setia Kawan.

Tipe KamarFasilitasTarif per Malam
Economy Room SingleKipas angin, sarapan, kamar mandi dalamRp150.000
Economy Room DoubleKipas angin, sarapan, kamar mandi dalamRp175.000
Standard Room SingleAC, sarapan, kamar mandi dalamRp297.000 
Standard Room DoubleAC, sarapan, kamar mandi dalamRp250.000 
Deluxe Room SingleAC, sarapan, kamar mandi dalam, air panas, wastafelRp310.000 
Deluxe Room DoubleAC, sarapan, kamar mandi dalam, air panas, wastafelRp340.000
Deluxe StudioAC, sarapan, kamar mandi dalam, air panas, wastafelRp363.000
VIP Room SingleAC, sarapan, kamar mandi dalam, air panas, wastafel, TV kabelRp350.000 
VIP Room Double & TripleAC, sarapan, kamar mandi dalam, air panas, wastafel, TV kabelRp400.000

Jika dibandingkan tahun lalu, penginapan di Losmen Setia Kawan mengalami kenaikan tarif untuk tipe kamar tertentu. Seperti Standard Room Single yang tarifnya naik dari Rp170 ribu menjadi Rp297 ribu. Standard Room Double juga ikut naik Rp50 ribu, tarif kamar awalnya Rp200 ribu menjadi Rp250 ribu. 

Bagi Anda yang menginginkan kamar dengan layanan istimewa, untuk Deluxe Room Single mengalami kenaikan mencapai Rp100 ribu dari tarif awal Rp210 ribu per malam. Pilihan lainnya, VIP Room Single yang biasanya Rp275 ribu menjadi Rp350 ribu per malam. Anda kini juga dapat memilih layanan kamar  Deluxe Studio yang belum tersedia tahun lalu. Reservasi juga bisa dilakukan melalui telepon atau faksimile di nomor +62 274 560 966, atau booking lewat email di bedhots@hotmail.com.

Losmen Family

Losmen Family Yogyakarta
Losmen Family Yogyakarta

Akomodasi ini terletak di Jalan Dagen No. 14, Yogyakarta, dan bisa ditempuh hanya sekitar 2 menit berjalan kaki dari Jalan Malioboro. Jika wisatawan datang via Stasiun Tugu, hanya membutuhkan waktu kira-kira 10 menit dengan menumpang becak untuk bisa sampai di penginapan sederhana ini.

Losmen Family Yogyakarta total menyediakan 25 kamar. Kedua puluh lima kamar ini semuanya bertipe Standard fan, yang dilengkapi dengan fasilitas TV, kipas angin, dan kamar mandi pribadi di dalamnya. Tersedia pula fasilitas lahan parkir standar, yang seperti kebanyakan penginapan di Jalan Dagen lainnya, tidak luas namun cukup untuk menampung sekitar 2 hingga 3 mobil.

Setiap pagi dan sore hari, para tamu penginapan akan disuguhi minuman teh atau kopi. Jadi, untuk Anda yang menginap di Losmen Family, sebaiknya menyiapkan sarapan sendiri karena pihak pengelola tidak menyediakan menu makanan untuk sarapan para tamu. Tentunya, Anda tidak akan kerepotan, karena di sekitar Malioboro dan Stasiun Tugu bisa ditemui banyak penjaja makanan yang menyajikan beraneka menu.

Lalu, berapa tarif kamar yang dipatok oleh pengelola Losmen Family? Tarif yang dikenakan untuk setiap kamar di penginapan ini berkisar Rp80.000 hingga Rp100.000 per malam, yang dapat dibilang cukup untuk akomodasi yang berada di lokasi strategis semacam Malioboro. Berikut tarif masing-masing kamar di Losmen Family.

Tipe KamarTarif per Malam (Rp)Lokasi
Single Fan150.000 Lantai III
Single Fan160.000  Lantai I dan II
Single Fan170.000 Lantai II
Single Fan + King Bed180.000  Lantai II

Untuk tarif di Losmen Family terpantau mengalami kenaikan dibanding tahun lalu pada semua tipe kamar. Mulai dari kamar single dengan kipas angin di setiap lantai yang tarifnya berbeda-beda. Jika tahun lalu di lantai 3 tarifnya Rp80 ribu kini naik menjadi Rp150 ribu per malam. Lantai 1 dan 2 dari tarif Rp85 ribu menjadi Rp160 ribu per malam. 

Berbeda lagi, jika Anda memilih di lantai 2 saja maka tarifnya Rp170 ribu yang sebelumnya Rp95 ribu per malam. Bagi Anda yang membawa anak kecil dan membutuhkan tempat tidur yang besar, maka tarifnya Rp180 ribu per malam, naik Rp80 ribu dari tahun lalu. Untuk ekstra tempat tidur, Anda harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp30 ribu per hari. Anda dapat melakukan reservasi kamar jauh-jauh hari yang bisa dilakukan via nomor ponsel 082136239282.

Losmen Rizki

Losmen Rizki (sumber: pernikjogja.com)
Losmen Rizki (sumber: pernikjogja.com)

Penginapan ini berada di Jalan Sosrowijayan GT I No. 129, Yogyakarta. Selain dekat dengan kawasan Malioboro, Losmen Rizki juga terletak dekat dengan beberapa spot populer lainnya di  Gudeg, seperti Stasiun Tugu dan Alun-Alun Yogyakarta. Posisi losmen ini juga tepat bersebelahan dengan Masjid Nurul Huda di Sosrowijayan.

Untuk menjangkau losmen ini, Anda bisa berjalan kaki dari jalan Pasar Kembang, juga dari Jalan Sosrowijayan. Berjalan sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu, Anda akan menemukan kawasan Sosrowijayan. Kawasan ini sendiri menghubungkan Jalan Jogonegaran dan Jalan Malioboro, yang juga sering disebut sebagai Kampung Turis.

Menurut review beberapa tamu yang pernah menginap di sini, meski bertarif murah, namun Losmen Rizki merupakan akomodasi yang cukup bersih, nyaman, dan tenang. Dengan harga backpacker, informasi tarif dan reservasi kamar bisa Anda lakukan melalui nomor telepon (0274) 545219 atau ponsel 085729088673. Ingat, Losmen Rizki mengharamkan minuman mengandung alkohol dibawa ke penginapan dan tidak menerima tamu pasangan di luar nikah.

Isty Losmen

losmen isti - reviewhotelmurah.com
losmen isti – reviewhotelmurah.com

Penginapan ini beralamat di Jalan Sosrowijayan Wetan Gang II GT I No. 165, Yogyakarta. Isty Losmen menyediakan fasilitas penginapan sederhana, namun sangat bersahabat untuk para tamu. Tidak hanya tamu lokal dan luar kota, turis-turis mancanegara juga banyak yang memilih untuk menginap di losmen ini.

Dengan bangunan setinggi tiga lantai, Isty Losmen telah didukung dengan fasilitas seperti akses Wi-Fi gratis hingga sajian kopi atau teh di setiap pagi yang bakal membuat para tamu serasa tidur di rumah sendiri. Total, ada 3 tipe kamar yang disediakan pengelola penginapan. Kamar paling murah adalah tipe fan dengan kamar mandi luar yang dipatok Rp110 ribuan per malam. Sementara, kamar fan dengan kamar mandi pribadi disewakan Rp130 ribuan per malam, dan kamar yang telah dilengkapi AC dan kamar mandi pribadi ditetapkan mulai Rp150 ribuan per malam. Harga di atas terpantau tetap dibandingkan tahun sebelumnya. Jika Anda berminat menginap di tempat ini, Anda bisa langsung melakukan reservasi melalui (0274) 550021 atau email di alamat istylosmen@gmail.com.

The Munajat Backpackers

the munajat backpackers - www.tripadvisor.co.id
the munajat backpackers – www.tripadvisor.co.id

Sesuai namanya, akomodasi ini merupakan sebuah penginapan yang ditujukan bagi para backpacker yang sedang berlibur ke Yogyakarta. Beralamat di Jalan Malioboro No. 26, membuat akomodasi The Munajat Backpacker ini mudah dicapai dari pusat kota.

Ada tujuh kamar yang disewakan dengan tarif mulai Rp125.000 per malam. Tarif saat ini meningkat dibanding tahun lalu yang kamarnya dapat Anda sewa mulai Rp60.000 hingga Rp110.000 per malam. Tentu saja ini masih terbilang murah, terlebih sudah dilengkapi fasilitas single bed atau double bed, kipas angin, meja, kursi, kamar mandi bersama, DVD, akses Wi-Fi gratis, hingga dapur untuk memasak. Untuk menginap di sini, Anda bisa melakukan reservasi di lokasi. Reservasi juga bisa dilakukan melalui telepon di nomor 0274-585138 atau ponsel di nomor 081391619754. 

Penginapan Pugeran

penginapan pugeran yogyakarta - www.serverharga.com
penginapan pugeran yogyakarta – www.serverharga.com

Losmen ini berada di Jl. MT Haryono, Pugeran, MJ2 70. Penginapan Pugeran memiliki semua harapan para backpacker karena akses yang mudah dan murah. Sementara untuk akomodasinya, ada dua tipe kamar yang ditawarkan, yaitu Standard Fan dan Standard AC. Berikut fasilitas dan tarif masing-masing kamar di Penginapan Pugeran.

Tipe KamarFasilitasTarif per Malam
Standard Fankipas angin, TV, kamar mandi dalam, maks. 2 orangRp70.000
Standard ACAC, TV, kamar mandi dalam, maks. 2 orangRp100.000
Extra PersonRp25.000
Extra BedRp20.000

Untuk biaya tambahan tamu mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya dikenai biaya sebesar Rp20 ribu. Layaknya penginapan lainnya, check-in di Penginapan Pugeran dilakukan mulai pukul 13.00 WIB, sedangkan check-out hingga pukul 12.00 WIB. Reservasi penginapan ini bisa menghubungi nomor telepon (0274) 3008497, +62 857 4035 9280, atau PIN BB 320D7F0E.

Deretan penginapan di atas dapat dijadikan rekomendasi Anda selama liburan di daerah Yogyakarta tepatnya Malioboro. Perlu diketahui untuk tarif penginapan di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung dari pihak pengelola. Anda dapat memeriksa ketersediaan kamar melalui situs online.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Terbaik Dekat Simpang Lima Gumul




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan