Biaya & Cara Reschedule Tiket Kereta di Traveloka




Daftar Menu di Traveloka - www.traveloka.com
Daftar Menu di Traveloka - www.traveloka.com

Selain hotel dan penerbangan, online travel agent (OTA) Traveloka saat ini juga telah menerima pemesanan kereta api. Anda bisa melakukan tiket kereta api dengan mudah via aplikasi ini. Sayangnya, tidak seperti tiket penerbangan yang sudah difasilitasi dengan fitur Easy Reschedule, mengubah jadwal keberangkatan kereta api masih belum bisa melalui aplikasi Traveloka. Sesuai ketentuan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), calon penumpang harus pergi ke stasiun terpilih untuk keperluan verifikasi.

Dilansir dari situs resmi Traveloka, PT KAI mengharuskan pengajuan reschedule atau reroute harus dilakukan di stasiun kereta api terpilih untuk keperluan verifikasi. Jadi, misalnya Anda akan bepergian dari Surabaya menuju Jakarta, maka Anda harus menuju ke Stasiun Surabaya (Pasar Turi atau Gubeng) terlebih dahulu untuk mengubah jadwal.

Cara Reschedule Tiket Kereta Api

  • Pastikan Anda sudah memilih jadwal baru yang Anda inginkan sebelum mengajukan reschedule. Staf PT KAI tidak bertugas memilihkan jadwal baru untuk Anda.
  • PT KAI hanya menerima uang tunai. Mohon siapkan uang tunai sebelum datang ke stasiun kereta pilihan Anda. Uang tunai diperlukan untuk membayar reschedule dan selisih harga jika tiket baru Anda lebih tinggi dari tiket sebelumnya.
  • Ketika mengajukan reschedule, harap membawa e-tiket dan kartu identitas asli Anda (KTP, paspor, atau SIM, atau Kartu Pelajar/Mahasiswa untuk penumpang di bawah 17 tahun).
  • Isi formulir di konter. Staf PT KAI siap membantu jika Anda membutuhkan bantuan.
  • Jika Anda mewakilkan penumpang untuk melakukan pembatalan dan pengajuan refund, Anda perlu membawa surat kuasa dengan materai Rp6.000 yang ditandatangani penumpang, kartu identitas asli penumpang dan fotokopi, serta kartu identitas asli Anda beserta fotokopi.
  • Reschedule dapat dilakukan paling lambat 1 jam sebelum jadwal keberangkatan baru jika jadwal baru lebih cepat dari jadwal asli atau 1 jam sebelum jadwal keberangkatan asli jika jadwal baru lebih lambat dari jadwal asli.

    Cara Cetak Tiket Kereta Api - (Youtube: Suka Suka Anung)
    Cara Cetak Tiket Kereta Api – (Youtube: Suka Suka Anung)

Biaya Reschedule Kereta Api

Perlu diingat bahwa PT KAI akan mengenakan biaya pengubahan jadwal sebesar 25 persen dari harga tiket asli. Besaran biaya yang sama juga akan dikenakan apabila Anda melakukan pembatalan kereta api. Khusus untuk pembatalan, Anda akan mendapatkan refund jika pengajuan dilakukan paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.  Refund ini tidak berlaku untuk kereta api kelas M, X, W, Y, U, dan Z (promo eksekutif).

Stasiun Pembatalan dan Reschedule

Wilayah DAOP KAIStasiun
DAOP 1 JakartaSerang, Rangkasbitung, Gambir, Pasar Senen, Bogor, Bekasi, dan Cikampek
DAOP 2 Bandung Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya,  dan Banjar
DAOP 3 CirebonCirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang, dan Brebes
DAOP 4 SemarangTegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang, dan Cepu
DAOP 5 PurwokertoPurwokerto, Kroya, Cilacap, dan Kutoarjo
DAOP 6 YogyakartaYogyakarta, Lempuyangan, dan Solobalapan
DAOP 7 Madiun Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang, dan Blitar
DAOP 8 SurabayaSurabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, , Malang, Mojokerto, dan Bojonegoro
DAOP 9 JemberBanyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, dan Pasuruan 
DIVRE I Sumatera Utara, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran, dan Rantauprapat
DIVRE II Sumatera BaratPadang
DIVRE III PalembangKertapati, Prabumulih, dan Lubuklinggau
DIVRE IV Tanjungkarang Baturaja, Kotabumi, dan Tanjungkarang

Ini berbeda jika Anda memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access. Untuk diketahui, KAI Access adalah aplikasi resmi dari PT KAI yang dapat diakses menggunakan smartphone berbasis Android maupun iOS. Mulai tahun 2018 kemarin, aplikasi ini menghadirkan fitur baru, yakni pengubahan jadwal (reschedule) dan juga pembatalan tiket kereta api, yang dapat dilakukan maksimal H-1 atau 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Suasana didalam Kereta Api - travelingyuk.com
Suasana didalam Kereta Api – travelingyuk.com

Cara Reschedule Tiket Kereta Api via KAI Access

  • Pilih menu ‘My Trips’. Pada menu ini, pilih kode atau kode pemesanan yang akan Anda ubah jadwalnya (reschedule). Tiket yang dibeli melalui channel eksternal juga dapat melakukan perubahan jadwal di KAI Access, dengan syarat akun KAI Access yang telah diregistrasi harus sama dengan nomor identitas dalam tiket.
  • Pada menu ‘E-Ticket’, klik tombol ‘Ubah Jadwal’. Perlu diperhatikan, tombol ‘Ubah Jadwal’ ini hanya muncul jika kode booking berstatus lunas atau paid.
  • Pilih nama penumpang yang akan melakukan perubahan jadwal perjalanan kereta api. Jangan lupa untuk mencentang kolom ‘Syarat dan Ketentuan’.
  • Setelah itu, lanjutkan ke proses pengubahan jadwal kereta api.
  • Pada menu ‘Pesan Tiket’, Anda dapat mencari tiket kereta sesuai dengan jadwal perjalanan yang baru. Anda dapat mengisi asal stasiun (stasiun keberangkatan), stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan kelas kereta yang dikehendaki, kemudian klik ‘Cari Tiket’.
  • Setelah itu, akan muncul pilihan jadwal kereta api. Anda dapat memilih jadwal perjalanan baru sesuai dengan keinginan Anda.
  • Halaman konfirmasi pemesanan muncul sebagai review pemesanan tiket yang baru.
  • Setelah memastikan data benar, centang kolom ‘Syarat dan Ketentuan’, kemudian klik tombol ‘Lanjut’.
  • Halaman konfirmasi pembayaran akan muncul sebagai review biaya yang harus Anda bayar, lalu klik tombol ‘Pembayaran’.
  • Pilih metode pembayaran yang akan Anda gunakan.
  • Pada menu ‘Pembayaran’, Anda akan mengetahui harga total tiket yang baru. Kemudian, lanjutkan proses dengan menekan tombol ‘Bayar’.
  • Setelah itu, akan muncul tanda berhasilnya pemesanan yang baru. Data perjalanan Anda sudah berubah di halaman ‘My Trips’. Anda hanya diberi batas waktu pembayaran satu jam atau 60 menit setelah pemesanan tiket dilakukan.

Sama seperti proses reschedule tiket kereta api di stasiun, ketika Anda melakukan perubahan jadwal melalui aplikasi KAI Access, Anda akan dikenakan biaya sebesar 25 persen dari harga tiket asli (pembulatan ke atas kelipatan Rp1.000). Jika jadwal baru memiliki harga tiket lebih tinggi, Anda diharuskan membayar selisih tarif. Namun, jika jadwal baru punya tarif lebih rendah, tidak ada pengembalian biaya atas selisih tarif.

Lihat Juga:   Fasilitas Pesawat Sriwijaya Air (Kelas Ekonomi dan Bisnis)




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan