Tarif dan Cara ke Pulau Natal, Spot Liburan Eksotis Dekat Jawa

  • Whatsapp
Pulau Natal/Christmas Island (sumber: abc)
Pulau Natal/Christmas Island (sumber: abc)

Apakah Anda pernah mendengar nama Pulau Natal? Jika belum, ini adalah salah satu pulau yang masih menjadi bagian dari negara Australia. Meskipun kepunyaan Negeri Kangguru, lokasi Pulau Natal sangat dekat dengan Pulau Jawa. Apabila berminat, cara ke pulau ini cukup menumpang dari Jakarta dan membutuhkan sekitar satu jam saja perjalanan melalui udara.

Ada banyak negara yang bisa dikunjungi wisatawan Indonesia jika ingin liburan ke luar negeri, dan salah satu yang terdekat adalah Australia. Australia merupakan negara yang cukup makmur dan elok, menjanjikan -tempat dan pertunjukan spektakuler untuk pelancong dari mana saja, sebut saja Gedung Opera di Sydney, Great Barrier Reef, Ayers Rock, Kakadu National Park, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Australia juga punya sejumlah pulau dan kepulauan yang bisa menjadi alternatif menarik untuk berlibur. Apabila Anda kebetulan berdomisili di Jawa, Anda mungkin bisa mencoba berkunjung ke Pulau Natal. Pasalnya, ini adalah pulau yang masih berada di bawah kekuasaan Australia, tetapi terletak lebih dekat dengan Pulau Jawa, hanya sekitar 360 km di sisi selatan. Bandingkan jarak Pulau Natal dengan Australia yang mencapai 1.400 km arah barat .

Keindahan Pulau Natal

Dinamakan Pulau Natal karena pulau ini kabarnya ditemukan oleh seorang bernama William Mynors pada Christmas Day atau Hari Natal pada tahun 1643 silam.[1] Kemudian, pada tahun 1875, dilakukan eksplorasi pertama pulau. Sempat menjadi target Jepang, Pulau Natal kemudian berada di bawah yurisdiksi koloni (Singapura) selepas Perang Dunia II, dan lantas dicaplok Australia setelah melakukan transfer yurisdiksi kepada pemerintah Singapura.[2]

Pulau Natal (sumber: smh.com)
Pulau Natal (sumber: smh.com)

Berjarak sekitar 2.600 km di barat laut Perth, Pulau Natal adalah pulau kecil berbatu yang sering dijuluki Galapagos-nya Samudra Hindia. Pulau ini dengan kepiting merah, burung laut, hiu paus, dan terumbu karang yang spektakuler. Pulau Natal diklaim sebagai rumah bagi paduan budaya dan keajaiban alam paling spektakuler di dunia yang akan memanjakan segenap indra wisatawan.

Lihat Juga:   Tempat-Tempat Wisata Magelang yang Paling Dikenal

Dilansir dari Australia.com, atraksi utama yang ditawarkan Pulau Natal adalah migrasi kepiting merah tahunan, dengan 60 juta kepiting tanah merah bergerak dari liang mereka di hutan ke pantai untuk bertelur di awal musim hujan. Waktu migrasi biasanya pada akhir Oktober dan November, tetapi traveler dapat melihat ribuan kepiting menyelimuti lanskap ini setiap saat, terutama di hutan. Pulau ini juga merupakan rumah bagi kepiting darat terbesar di dunia, yakni ketam kenari (juga dikenal sebagai kepiting kelapa).

Untuk mereka yang doyan dan diving, Pulau Natal adalah tempat yang pas untuk menyalurkan hobi tersebut. Dikelilingi oleh terumbu karang, pulau ini memiliki lebih dari 60 lokasi selam di beberapa perairan. Airnya hangat sepanjang tahun dan bebas dari penyengat (ubur-ubur kotak beracun). Wet’n’Dry Adventures atau ExtraDivers Christmas Island dapat membawa turis ber-snorkel di atas taman karang langsung dari pantai di Flying Fish Cove, pusat utama Christmas Island.

Suguhan lainnya adalah taman nasional, dengan luas hampir dua pertiga dari pulau, dan diselimuti hutan hujan muson yang lebat. Sejumlah jalur 4WD, jalan setapak, dan jalur kayu dapat mengantar wisatawan ke dalam hutan untuk menemui air terjun, tempat pengintaian, dan pantai yang cantik. Tempat-tempat terbaik di sini meliputi Dales, memungkinkan mengikuti aliran air segar ke air terjun kecil, serta Blowholes, yakni tempat ombak menyapu melalui ratusan lubang di sepanjang garis pantai yang bertabur batu hitam.

Lihat Juga:   Tarif Penginapan di Sumba (Homestay, Hotel, Wisma, Villa, Resort)

Yang unik lagi, Pulau Natal adalah tempat bagi beberapa etnis. Etnis Tionghoa Hokkien dominan di pulau ini, sehingga Buddha pun menjadi agama mayoritas di sana. Meski demikian, wisatawan masih bisa menjumpai etnis Melayu, yang sebagian besar memeluk agama Islam, kemudian bangsa Australia sendiri, bangsa Inggris, dan bangsa Irlandia. Mengutip Park Australia Gov, Pulau Natal memang menjadi tempat bagi migran untuk mencari suaka.

Cara ke Pulau Natal

Bandara di Pulau Natal (facebook: Christmas Island Tourism)
Bandara di Pulau Natal (facebook: Christmas Island Tourism)

Jika Anda tertarik mengeksplorasi keindahan Pulau Natal, tidak susah menuju pulau ini. Anda dapat memilih penerbangan dari Jakarta menuju Perth. Setibanya di Perth, Anda bisa menumpang maskapai Virgin Australia yang telah mengoperasikan penerbangan rutin menuju Christmas Island dari internasional di Bandara Perth. Sekadar informasi, harga tiket pesawat Jakarta-Perth mulai Rp5 jutaan sekali perjalanan.

Paling baru, kabarnya maskapai Garuda Indonesia sudah membuka penerbangan charter langsung dari Jakarta menuju Pulau Natal melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Rute penerbangan tersebut hanya dibuka setiap hari Sabtu setiap minggu menggunakan pesawat CRJ-1000. Untuk bisa menggunakan layanan ini, pelancong akan dikenakan tarif sebesar Rp3,7 jutaan per seat dari Jakarta dengan durasi waktu satu jam perjalanan udara.

[1] Burhanuddin. 2015. Dinamika Negara-Negara Teritori Asing di Kawasan Pasifik Barat Daya. Kritis: Jurnal Sosial Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, Vol. 1(2): 239-260.

[2] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan