Camping di Pulau Kotok dengan Panorama Pantai yang Menawan




Dermaga Pulau Kotok (sumber: janganlupabahagia.com)
Dermaga Pulau Kotok (sumber: janganlupabahagia.com)

Waktu luang tidak hanya bisa dinikmati dengan cara bersantai saja. Ada kalanya Anda perlu mencoba untuk menikmati keindahan . Mungkin cara ini terbilang klasik dan standar, namun akan terasa lebih menyenangkan jika Anda mencoba camping di sebuah pulau bersama atau teman. Nah, salah satu pulau ramah huni dengan fasilitas camp area luas dan menyenangkan adalah Pulau Kotok. Camping di Pulau Kotok akan membuat liburan Anda terasa spesial dan menyenangkan.

Panorama Pulau Kotok

Pulau Kotok merupakan salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu yang berada di bagian utara Jakarta. Tempatnya sedikit jauh dari kota metropolitan tersebut, membuat banyak masyarakat yang jenuh dengan suasana kota pergi bertamasya ke Pulau Kotok. Pulau ini berbeda dengan pulau lainnya yang berada di daerah Kepulauan Seribu. Belum banyak orang menghuni pulau, menjadi salah satu perbedaan sekaligus daya tariknya bagi wisatawan.

Pulau Kotok tergolong salah satu pulau dengan suasana sepi dan agak sunyi. Jika musim liburan tiba, barulah pulau ini terlihat seperti ada penghuninya. Kebanyakan wisatawan pergi ke Pulau Kotok untuk beristirahat dan berlibur bersama keluarga atau temannya. Pemandangan Pulau Kotok akan terlihat lebih indah ketika senja dan pagi hari.

Ketika pagi hari, banyak perahu terlihat di sekitar pulau. Kebanyakan perahu adalah perahu sewaan yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling pulau dan beberapa perahu adalah perahu nelayan yang sedang lewat atau akan singgah. Di sore hari ketika menjelang senja, tak jarang banyak orang berlalu lalang untuk menikmati suasana sore di pantai. Beberapa ada yang menggelar pertunjukan musik. Selain bisa menikmati pertunjukan musik, Anda juga bisa berfoto-foto bersama keluarga atau teman.

Panorama di Pulau Kotok (sumber: phinemo.com)
Panorama di Pulau Kotok (sumber: phinemo.com)

Banyak juga wisatawan mengabadikan momen kebersamaan mereka dengan berfoto di Pulau Kotok. Latar belakang pantai berpasir putih yang lembut dengan awan biru di atasnya menjadi salah satu penghias oke untuk foto Anda. Tak jarang pula Anda akan disuguhi keindahan bentuk awan dan koloni burung camar yang sedang terbang. Suara burung camar yang bersahutan dengan suara ombak menjadi salah satu pertanda senja akan tiba. Biasanya, orang-orang akan berkumpul di bibir pantai untuk mengabadikan panorama senja yang indah di Pulau Kotok.

Keindahan Pulau Kotok tak hanya terletak pada senjanya saja, tetapi juga pada pemandangan alam di sekitar pulau. Anda bisa melihat banyaknya pepohonan yang menghiasi sepanjang menuju pantai. Di pulau juga ada beberapa gazebo, pondokan, dan yang menjadi view pembeda. Anda juga bisa piknik dan bersantai di gazebo tersebut sambil makan camilan.

Jika Anda tidak membawa makanan atau minuman, Anda bisa membelinya di sekitar Pulau Kotok. Banyak juga masyarakat Pulau Kotok yang menjual beraneka ragam minuman dan makanan. Anda bisa menikmati kelezatan menu makanan seafood yang segar dan segarnya es kelapa muda. Sementara, bagi Anda yang sedang mencari camilan, juga ada beberapa toko dengan produk jajanan ringan.

Biaya Camping di Pulau Kotok

Jika Anda bosan piknik di Pulau Kotok, Anda juga bisa melakukan kemah di pulau. Camping bisa menjadi pilihan Anda yang ingin mencoba menginap di pulau dengan nuansa baru. Camping juga cocok bagi Anda yang ingin merasakan serunya bermalam dengan pemandangan pulau. Wisatawan biasanya akan memilih camping area dengan letak sedikit agak jauh dari pantai namun masih bisa melihat pemandangan pantai. Hal ini karena ketika malam tiba, suasana pulau akan lebih sunyi dan udaranya lebih dingin.

Camping di Pulau Kotok (sumber: triptrapliburanmurah.id)
Camping di Pulau Kotok (sumber: triptrapliburanmurah.id)

Bagi Anda yang ingin camping di Pulau Kotok, akan lebih baik jika mempersiapkan peralatan dan perlengkapan sebaik mungkin. Anda juga perlu membawa pakaian tebal dan jaket untuk mencegah hipotermia. Berkemah dengan berbagai macam perlengkapan, seperti tenda, memang harus disiapkan. Ada baiknya jika Anda tidak menggunakan tenda one layer dan disarankan untuk menggunakan tenda double layer. Tenda jenis one layer tidak cocok digunakan untuk camping di pantai, mengingat angin pantai di malam hari yang sangat kencang.

Mempersiapkan peralatan tampaknya terlalu sulit bagi sebagian besar wisatawan yang baru berkemah untuk pertama kalinya. Untuk itu, Anda bisa menyewa tenda dan peralatan fullset di beberapa agent yang memiliki pos di sekitar Pulau Kotok. peralatan beserta transportasi yang disediakan yaitu sekitar Rp500 ribuan per orang. Biaya ini sudah termasuk makan 3 kali sehari dan biaya mendirikan tenda beserta tendanya.

Jika Anda ingin pergi beramai-ramai tanpa menyewa peralatan dan perlengkapan, Anda bisa menyewa transportasi kapal dari Pelabuhan Kali Adem menuju Pulau Kotok dengan biaya mulai Rp250 ribu per orangnya. Setelah sampai di pulau, ada baiknya Anda segera memilih lokasi di camp area yang sudah disediakan oleh pengelola. Anda bisa melakukan lapor kehadiran di pusat dan pariwisata di Pulau Kotok terlebih dahulu dan membayar untuk berkemah mulai Rp100 ribuan hingga Rp150 ribu, tergantung jumlah dan luas tenda yang Anda bawa. 

Selama camping di Pulau Kotok, Anda tidak diperbolehkan mengotori pulau. Pastikan jika Anda membuang sampah pada tempatnya. Untuk mandi dan kebutuhan air bersih, Anda tidak perlu khawatir karena di setiap sudut pulau dan di camp area sudah tersedia mandi dan sumber air bersih. 

Lihat Juga:   Rumah Strawberry Ciwidey, Asyiknya Petik Strawberry




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan