Bukit Jamur, Tempat Wisata Unik di Gresik




bukit jamur gresik - www.yukpiknik.com

Bosan berwisata ke pantai, air terjun, atau gunung? Anda mungkin bisa mencoba mengunjungi salah satu destinasi unik di Kota Gresik, yakni Bukit Jamur. Bukit Jamur terletak di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, .

bukit jamur gresik - www.yukpiknik.com
bukit jamur gresik – www.yukpiknik.com

 

Tempat satu ini mendadak setelah ramai diperbincangkan di media sosial dan diliput oleh salah satu televisi swasta di Indonesia. Pada dasarnya Bukit Jamur ini seperti bukit pada umumnya, hanya saja tak seperti bukit yang biasa kita temui di kota-kota lain, bukit di Bukit Jamur ini berbentuk mirip ‘jamur’ dengan bagian bawah yang kecil disertai tudung berbentuk melebar.

Bukit Jamur Gresik terjadi karena peristiwa alam yang biasa disebut mushroom rock, yakni peristiwa saat batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang beberapa partikel-partikel kecil dari batu tersebut. Lantaran bagian atas batu lebih kuat daripada bagian bawahnya, maka bagian bawah batuan tersebut lebih banyak dan lebih cepat terkikis, sehingga kini bentuknya menyerupai jamur.

Bukit Jamur Gresik dulunya merupakan tempat bekas proyek penggalian atau penambangan kapur yang sudah tidak beroperasi lagi. Seperti yang Anda ketahui, Gresik terkenal akan pabrik semen-nya. Tak ayal jika di sana terdapat banyak penambangan kapur yang selama ini dijadikan bahan baku utama untuk pembuatan semen. Tadinya Bukit Jamur bukanlah , namun karena banyak orang yang datang ke sana untuk melihat langsung seperti apa tampilan bukit berbentuk jamur yang unik ini, maka pemerintah setempat pun telah menjadikannya sebagai salah satu objek wisata di Gresik.

Ada sekitar 40 batu jamur di lokasi dengan luas sekitar 3 hektar tersebut. Tinggi batuan jamur bervariasi, mulai dari 2 meter dan paling tinggi dari bukit tersebut sekitar 7 meter. Memang tak banyak yang bisa Anda lakukan di sana selain menaiki tiap bukit dan berfoto di sekitarnya. Karena di sana cuacanya cukup panas, banyak penduduk setempat yang menyewakan payung dengan Rp 3.000 atau Rp 5.000, tergantung dari ukuran payung.

Untuk mengunjungi tempat wisata unik ini, para pendatang tidak dikenai atau karcis masuk. Anda hanya perlu membayar parkir. Untuk sepeda motor dikenai parkir seharga Rp 3.000, sedangkan kendaraan roda empat seperti mobil dikenai tarif Rp 5.000.

Sayangnya, Bukit Jamur Gresik hanya dibuka untuk umum setiap hari Minggu. Oleh sebab itu, bagi Anda yang merencanakan untuk pergi ke sana wajib bersabar menanti hingga akhir pekan. Anda juga perlu membawa bekal sendiri seperti makanan atau kebutuhan lainnya, sebab di sekitar area Bukit Jamur Gresik tidak tersedia pertokoan atau umum.

Lihat Juga:   Losmen Bukit Hijau, Akomodasi Murah Tawarkan View Pantai Parangtritis




Tentang Dian Kartika1066 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Berikan rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*