Bukit Cinta, Spot Alternatif Melihat Sunrise di Gunung Bromo




bukit cinta bromo - www.pinterest.com

bisa dikatakan sebagai tempat paling di Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, gunung yang berada di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten ini menawarkan segala keindahan alam, mulai lautan pasir yang luas, sunrise di ufuk timur, hingga Bukit Teletubbies.

bukit cinta bromo - www.pinterest.com
bukit cinta bromo – www.pinterest.com

 

Selain itu, Gunung Bromo juga memiliki sebuah bukit indah yang dinamakan Bukit Cinta atau Love Hill. Bukit Cinta ini sering dijadikan sebagai alternatif untuk melihat sunrise (matahari terbit) di Gunung Bromo, selain melalui Gunung Penanjakan.

Bukit Cinta menjadi spot alternatif karena Penanjakan terlalu ramai dikunjungi . Jika akhir pekan atau musim , Penanjakan pasti penuh sesak oleh wisatawan yang ingin melihat sunrise. Karena itu, alternatif menarik untuk bisa melihat sunrise dengan lebih lapang dan lega adalah di Bukit Cinta.

Bukit Cinta sendiri terletak sekitar 5 km arah selatan dari Penanjakan 1 dan dekat dengan Penanjakan 2. Untuk menuju tempat ini, wisatawan biasanya menggunakan jasa jeep yang bisa disewa dengan berkisar Rp250.000. Mobil jeep digunakan karena medan di Gunung Bromo mayoritas berpasir dan tidak memungkinkan kendaraan model lain melintas, termasuk di Bukit Cinta.

Selain sunrise, waktu terbaik untuk menuju Bukit Cinta adalah tak lama setelah matahari terbit. Pasalnya, pemandangan yang tersaji di kawasan ini sangat indah dengan berlatar belakang lautan pasir, kawah Gunung Bromo yang terselip di belakang Gunung Batok, dan tentu saja puncak Gunung Semeru di kejauhan. Ketika berbalik badan, wisatawan akan menemukan pemandangan berlatar Gunung Arjuno dan Gunung Penanggungan.

Menurut mitos, Bukit Cinta merupakan tempat bertemunya Joko Seger dan Roro Anteng, dua orang yang dipercaya sebagai moyang Suku Tengger yang mendiami kawasan Gunung Bromo. Nah, ketika wisatawan memikirkan nama seseorang saat tiba di puncak Bukit Cinta, konon katanya orang yang dipikirkan tersebut akan menjadi pasangan yang abadi.

Namun, terlepas dari mitos yang mengelilingi Bukit Cinta, spot ini memang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Gunung Bromo. Terlebih, spot ini juga sangat cocok untuk diabadikan dalam bingkai foto maupun video.

Lihat Juga:   Penginapan Fortuna, Hotel Transit Minimalis Dekat Tol Jatiwaringin




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan