Biaya Nyebrang ke Pulau Peucang dari Pelabuhan Sumur




Pulau Peucang (sumber: banten.travel)
Pulau Peucang (sumber: banten.travel)

Pulau Peucang terletak di kawasan TNUK ( Nasional Ujung Kulon) yang dikenal sebagai kawasan dilindungi dan menjadi salah satu warisan dunia, yang kini tidak hanya dipakai untuk habitat alami mamalia, tetapi juga sebagai kawasan .[1] Untuk rekreasi ke Pulau Peucang, Anda bisa nyebrang dari Pelabuhan Sumur di Pandeglang, dengan berkisar ratusan ribu rupiah.

Rute ke Pulau Peucang

Bagi Anda yang datang dari arah Jakarta dan sekitarnya, Anda harus menggunakan jalur darat dan jalur untuk sampai ke Pulau Peucang. Gunakan kereta dari Stasiun Tanah Abang tujuan Rangkasbitung. Sesampainya di Rangkasbitung, carilah mobil Elf atau kendaraan umum yang menuju ke Desa Sumur di Pandeglang.

Dari Desa Sumur, Anda harus menuju Pelabuhan Sumur untuk mencari kapal yang akan langsung membawa Anda ke TNUK. Anda bisa memilih kapal yang akan membawa Anda berkeliling area TNUK sebelum langsung ke Pulau Peucang atau memilih perahu yang langsung membawa Anda ke Pulau Peucang.

Kapal yang akan membawa Anda ke Pulau Peucang berada tepat di dermaga dan dibedakan menjadi dua , yakni perahu khusus untuk rombongan dan perahu umum. Jika Anda datang bersama rombongan, sebaiknya Anda memilih perahu rombongan yang akan langsung berlayar tanpa harus menunggu kursi kapal terisi penuh.

Sementara itu, jika Anda hanya pergi bersama atau sendirian, sebaiknya Anda memilih kapal umum. Meskipun harus menunggu beberapa saat hingga kapal penuh, harga tiketnya biasanya jauh lebih murah, apalagi jika jumlah orang di dalam kapal semakin banyak.

Lihat Juga:   8 Wisata Pantai Eksotis dengan Pemandangan Menakjubkan di Lampung
Dermaga Pulau Peucang (sumber: trivefun.com)
Dermaga Pulau Peucang (sumber: trivefun.com)

Fasilitas Pulau Peucang

Sesampainya di Pulau Peucang, Anda akan disuguhi dengan pemandangan pulau yang indah. Jika Anda beruntung, di pinggir , Anda bisa melihat kawanan rusa atau monyet berekor panjang yang sedang bermain. Meski begitu, Anda perlu waspada jika bertemu babi hutan, karena hewan ini cukup liar dan suka mengejar orang.

Dilansir dari situs resmi Taman Ujung Kulon National Park, Pulau Peucang merupakan salah satu lokasi wisata yang paling ramai oleh pengunjung, baik turis lokal maupun mancanegara. Pulau ini memiliki luas kawasan kurang lebih 450 ha dan dilengkapi dengan berbagai objek wisata alam.

Wisata alam yang terbilang cukup populer di Pulau Peucang adalah Ciapus, Citerjun, dan Legin Coba. Ini adalah spot snorkeling terbaik di Pulau Peucang dan terbilang cukup ramai. Kawasan bawah laut pulau yang indah dengan terumbu karang yang asri dan biota laut yang berwarna-warni, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong.

Selain berenang mengelilingi terumbu karang, banyak turis yang berfoto di bawah laut. Memang, pemandangan ini terlalu sayang jika hanya dilihat tanpa diabadikan. Supaya Anda tidak bingung memilih spot foto di area snorkling, Anda bisa memilih kawasan yang paling banyak dihuni biota laut. Meskipun agak dalam, tetapi hasil fotonya dijamin memuaskan.

Menurut yang pernah snorkeling di Pulau Peucang, pemandangan lautnya ibarat hutan terumbu karang yang luas dan masih terjaga dengan baik. Hal ini karena terdapat peraturan dilarang menginjak dan menyentuh karang di area tersebut. Selain itu, Anda juga dilarang keras mengambil atau memotong bagian terumbu karang untuk dijadikan souvenir atau dibawa pulang.

Lihat Juga:   Bantir Hills, Spot Foto Instagramable di Kawasan Sumowono, Semarang

Selain snorkeling, Anda juga bisa tracking di Cidaon dan Tanjung Layar. Tanjung Layar adalah salah satu tempat paling favorit untuk melihat sunset, sedangkan Cidaon adalah padang savana yang luas dan menjadi habitat sekumpulan banteng serta rusa. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat badak bercula satu di antara sekumpulan banteng.

Satwa liar di Pulau Peucang (sumber: suara.com)
Satwa liar di Pulau Peucang (sumber: suara.com)

Untuk menikmati semua ini, tentunya Anda harus mengetahui harga sewa kapal sekaligus harga tiket masuk Pulau Peucang seperti berikut.

Biaya ke Pulau Peucang

RincianBiaya
Tiket Kereta Jakarta – RangkasbitungRp8.000 per orang
Elf Rangkasbitung – Desa SumurRp300.000 per kendaraan
Biaya Sewa Kapal ke Pulau PeucangRp600.000 per kapal
Tiket Masuk Pulau PeucangRp5.000 – Rp7.500 per orang

Biaya ke Pulau Peucang di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. kendaraan dan masuk ke pulau ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda mengecek biayanya sebelum ke Pulau Peucang untuk mengetahui anggaran liburan Anda.

[1] Nurjanah, Arrum, dkk. 2018. Populasi Mamalia Besar di Pulau Peucang Taman Nasional Ujung Kulon. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III Universitas Pakuan Bogor, Vol. 3: 296-301.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan