Spot Wisata Eksotis, Berapa Biaya ke Nusa Penida?




Nusa Penida
Nusa Penida

Nusa Penida dalam beberapa waktu belakangan menjadi salah satu destinasi populer banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Pasalnya, tidak kalah dengan Bali, Nusa Penida memiliki banyak objek yang oke, mulai dari , bukit, hingga air terjun. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian banyak agen tour and travel yang menawarkan paket ke Nusa Penida dengan yang ternyata relatif terjangkau.

Panorama Nusa Penida

Nusa Penida, dikutip dari Wikipedia, adalah sebuah pulau yang berada di sebelah tenggara Bali, yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini, juga terdapat pulau-pulau kecil lainnya, termasuk Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan di Pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya, di antaranya di Penida Bay, Manta Point, Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point.

Untuk memfasilitasi turis yang ingin menyelam, juga sudah tersedia sejumlah dive operator, antara lain Lembongan Dive Adventure, Lembongan Dive Centre, Lembongan Dive Scubapro Dive, Bali Dive Academy, World Diving Lembongan, Blue Corner Diving, dan MM Diving.[1] Jika wisatawan hendak menyelam, biasanya dikenakan berkisar Rp425 ribu sampai Rp745 ribuan.

Layaknya pulau-pulau lainnya di Tanah Air, pesona wisata unggulan di Nusa Penida memang tidak jauh-jauh dari pantai dan air laut, bahkan panjang pantainya dikatakan mencapai hingga 70 km.[2] Meski demikian, pulau ini juga menyimpan beberapa destinasi wisata menarik dan oke lainnya, termasuk gua, pura, mata air, hingga area perbukitan.

Nusa Penida
Nusa Penida

Tembeling Water Spring atau Mata Air Tembeling, misalnya. Berlokasi di Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, ini adalah kolam mata air dengan diameter lima sampai enam meter yang berlokasi cukup tersembunyi. Untuk menuju ke ini, wisatawan memang perlu berjalan kaki melewati medan yang licin, terjal, dan curam. Namun, saat sudah sampai, perjuangan tersebut langsung terbayar tuntas dengan panorama yang disajikan.

Lihat Juga:   Update Fasilitas dan Tarif Sewa Via Renata Hotel & Bungalows di Puncak, Bogor

Selain Tembeling Water Spring, ada juga Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan yang sedang hits di media sosial. Ini adalah mata air alami yang berlokasi di Dusun Antapan, Desa Batukandik, Nusa Penida. Airnya yang sangat jernih menyegarkan dengan debit yang kencang, mencapai 120 liter per detik, membuat siapa saja tertarik basah-basahan di tempat ini.

Jika Anda bosan bermain air, tidak ada salahnya mengunjungi Teletubbies Hills. Terletak di Dusun Julingan, Desa Tanglad, Nusa Penida, bukit ini terdiri dari beberapa gundukan tanah hijau layaknya bukit pada serial anak ‘Teletubbies’. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi panorama rerumputan hijau yang sangat indah dan cocok untuk foto pre-wedding pengantin baru.

Biaya ke Nusa Penida

Nusa Penida
Nusa Penida

Menawarkan banyak spot yang kece, ternyata biaya untuk bepergian ke Nusa Penida tidak semahal yang dibayangkan banyak orang. Ketika Anda sudah sampai di Bali, Anda bisa menyeberang ke Nusa Penida melalui Sanur dengan menggunakan kapal cepat atau fast boat, dengan biaya berkisar Rp75 ribu sampai Rp100 ribuan sekali jalan. Sementara, tarif untuk wisatawan mancanegara sedikit lebih mahal, sekitar Rp150 ribu sampai Rp200 ribuan sekali jalan.

Setelah tiba di Pelabuhan Banjar Nyuh, biasanya pelancong akan ditawari sewa kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Apabila ingin berhemat, Anda bisa menyewa sepeda motor dengan tarif sekitar Rp60 ribu sampai Rp75 ribuan dan dapat dipakai seharian penuh. Sementara, apabila menyewa mobil satu hari penuh, harganya berkisar Rp500 ribuan, sudah termasuk bahan bakar.

Apabila hanya berwisata ke Nusa Penida dalam satu hari saja, disarankan untuk menuju arah barat. Tujuan pertama dan paling populer adalah Kelingking Point yang bisa ditempuh 1,5 jam berkendara dari pelabuhan. Harga tiket masuk ke tempat ini cuma Rp5.000 per orang. Ini adalah sebuah bukit atau yang punya panorama luar bisa berupa lautan luas.

Lihat Juga:   Homestay Pak Amin, Tawarkan Desain Unik dan Lokasi Strategis di Pujon Kidul
Kelingking Point Nusa Penida
Kelingking Point Nusa Penida

Setelah Kelingking Point, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Broken Beach yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit berkendara. Ini merupakan spot yang menawarkan pemandangan laut berbentuk lingkaran dengan batu karang besar yang berlubang di tengahnya. Untuk bisa ke tempat ini, Anda hanya perlu membayar tarif parkir motor sebesar Rp5.000.

Tidak jauh dari Broken Beach, Anda bisa menuju Angel’s Billabong yang cuma berselang 5 menit berjalan kaki. Di sini, Anda bisa melihat laguna alami dengan view laut dan batu karang jumbo, menjadi sebuah background foto yang sangat oke. Namun, yang perlu diingat, apabila ombak sedang besar, wisatawan dilarang turun ke Angel’s Billabong lantaran sangat berbahaya.

Destinasi lainnya yang dapat Anda datangi adalah Pantai Crystal Bay. Punya jalur searah ke Pelabuhan Toya Pakeh, Anda perlu berkendara sekitar 40 menit dari Angel’s Billabong untuk bisa sampai di tempat ini. Cukup membayar parkir sebesar Rp5.000, Anda sudah bisa menikmati pasir pantai yang putih bersih, mendengar deburan ombak lautan, sambil menikmati kesegaran es kelapa.

Harga Paket Tour Nusa Penida

Apabila tidak ingin repot-repot menyusun rencana jalan-jalan, Anda bisa mengikuti paket liburan Nusa Penida yang sudah disediakan oleh banyak agen tour and travel. Sebenarnya, harga yang dipatok tidak jauh berbeda jika Anda melancong sendiri. Salah satu agen perjalanan menawarkan paket tour Nusa Penida selama satu hari dengan biaya mulai Rp550 ribuan per orang. Sementara, apabila dengan aktivitas snorkeling, harga paket dipatok mulai Rp1 jutaan per orang.

[1] Darsana, I Wayan, dkk. 2017. Model Pengelolaan Wisata Bahari Berkelanjutan di Pulau Nusa Penida, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jurnal Analisis Pariwisata, Vol. 17(1): 10-16.

[2] Suwindra, I Nyoman P., dkk. 2013. Penerapan Program IPTEKS Bagi Wilayah (IbW) di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung Tahun 2012. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, Vol. 4(1): 37-47.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan