Berlibur ke Hong Kong? Ini Info Terbaru Lokasi Penginapan yang Strategis




Wisatawan memotret lanskap Hong Kong (sumber: scmp.com)
Wisatawan memotret lanskap Hong Kong (sumber: scmp.com)

Jika Anda sedang berencana melakukan perjalanan ke Hong Kong, penginapan menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Selain tarif atau sewa yang tidak terlalu mahal, yang strategis tentunya bakal memberikan akses mudah bagi Anda untuk mengeksplorasi semua tempat favorit di indah ini.

Sekilas tentang Hong Kong, dikutip dari Wikipedia, ini merupakan kota yang terletak di bagian tenggara China di Pearl River Estuari dan Laut China Selatan. Sempat menjadi bagian dari koloni Inggris, Hong Kong kemudian diserahkan ke Republik Rakyat China melalui Deklarasi Bersama Sino-Inggris tahun 1984, dan menjadi daerah administrasi khusus pertama di Negeri Tirai Bambu melalui asas ‘satu negara, dua sistem’. 

Untuk menuju ke daerah ini, kebanyakan menumpang pesawat terbang yang akan mendarat di Bandara Internasional Hong Kong di Chek Lap Kok (sering juga dikatakan terletak di Lantau). Bandara ini adalah salah satu pintu masuk penumpang utama dan penghubung logistik besar di Benua Asia, dengan melayani lebih dari 47 juta penumpang per tahun. Lebih dari 85 maskapai yang mengoperasikan penerbangan di pelabuhan udara ini, termasuk Cathay Pacific Airways, Air Hong Kong, dan Dragonair.

Terkenal sebagai kota yang super sibuk, Hong Kong ternyata juga menyimpan banyak potensi wisata. Di setiap sudut Hong Kong, selalu terdapat sesuatu yang baru dan unik, entah itu kuil, pusat belanja, atau sekadar taman. Nah, berikut kami sajikan beberapa spot wisata populer yang wajib dikunjungi selama Anda di Hong Kong.

di Hong Kong

Victoria Park Hong Kong (sumber: travelhongkong.com)
Victoria Park Hong Kong (sumber: travelhongkong.com)
  • Star Ferry, merupakan atraksi turis paling terkenal di Hong Kong dan akan membawa Anda dari Pulau Hong Kong ke Kowloon. Banyak wisatawan yang menggunakan Star Ferry untuk menikmati keindahan salah satu pelabuhan terindah di dunia ini. Di tengah perjalanan, perahu ini akan berhenti sejenak agar turis bisa menikmati pertunjukan Symphony of Lights, yaitu gabungan lampu, laser, kembang api, dan 44 gedung di tepi Hong Kong dan Kowloon.
  • Victoria Park, merupakan tempat yang pas untuk mereka yang ingin melihat Hong Kong yang ‘sebenar-benarnya’. Wisatawan bisa naik trem ke tempat tertinggi di Hong Kong untuk menikmati keindahan pemandangan gedung pencakar langit yang berkilau di siang hari, sunset yang eksotis di sore hari, dan perpaduan  kerlip lampu-lampu jalan dan cahaya bintang di malam hari.
  • Avenue of Stars, merupakan sebuah balkon yang berlokasi di Tsim Sha Tsui, dan bertujuan sebagai penghargaan bagi para bintang besar lokal, termasuk aktor Bruce Lee. Tempat ini mulai dibuka pada tahun 2004 lalu dan terletak di sepanjang tepi Tsim Sha Tsui. Jika dilihat, Avenue of Stars mengusung konsep mirip Walk of Fame di Hollywood.
  • Ocean Park, ini adalah taman hiburan seru yang menyediakan berbagai wahana yang bisa dinikmati sepanjang hari. Anda dapat melakukan perjalanan menikmati Hong Kong tua, Grand Aquarium, melihat satwa langka yang eksotis, dan juga memicu adrenalin dengan naik roller coaster. Di taman ini pula, Anda berkesempatan untuk melihat panda raksasa, panda merah, dan juga Chinese Giant Salamander.

Lokasi Menginap Strategis di Hong Kong

Bohol Hotel - www.booking.com
Bohol – www..com

Layaknya di daerah-daerah lain, lokasi strategis untuk tempat menginap adalah yang tidak jauh dari tempat-tempat wisata maupun spot populer di kawasan tersebut. Selain itu, lokasi yang pas untuk dijadikan tempat bermalam adalah di dekat pusat-pusat transportasi karena akan memudahkan wisatawan untuk mengakses daerah lainnya. Di Hong Kong sendiri, ada banyak lokasi menginap yang diklaim sangat strategis. Berikut beberapa di antaranya.

  • Kowloon. Ini merupakan kawasan perkotaan yang terdiri dari Semenanjung Kowloon dan New Kowloon. Memiliki populasi penduduk sekitar 2 juta orang dengan kepadatan penduduk 43 ribu per km2, Kowloon punya akses yang mudah ke berbagai lokasi wisata di Hong Kong, mulai Plaza Hollywood, Telford Plaza, hingga Wonderful World of Whampoa. Di samping itu, tempat ini juga terhubung dengan daerah bisnis, perumahan, dan kompleks transportasi, seperti International Commerce Centre, MTR Kowloon Station, dan Airport Express.
  • Yau Tsim Mong District. Terletak di pusat kota Hong Kong, Yau Tsim Mong District menyediakan akses yang mudah ke berbagai spot populer seperti Chungking Mansion (100 meter), Nathan Road (300 meter), iSQUARE (500 meter), dan K11 Shopping Mall (1,8 km). Selain itu, tempat ini juga menyediakan beberapa penginapan terjangkau, salah satunya V Inn Hotel dengan tarif mulai Rp260 ribuan per malam.
  • Nathan Road. Ini merupakan salah satu jalan yang sangat sibuk di Hong Kong. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan karena menyediakan banyak tempat belanja yang sangat menarik. Di samping itu, Nathan Road  juga bersimpangan dengan Salisbury Road, yang akan menghubungkan dengan jalan lain yang tidak kalah ramainya, seperti Kwun Tong, Prince Edward, Mong Kok, Yau Ma Tei, dan Jordan.
  • Distrik Wan Chai. Dikenal sebagai lokasi pesta di Hong Kong, Wan Chai merupakan tempat yang menyenangkan untuk berjalan-jalan dan berbelanja. Sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan banyak toko rotan dan mebel terbaik, toko pakaian dengan harga kompetitif, hingga toko hardware komputer. Di tempat ini juga, ada berbagai jenis dengan tarif bersaing, seperti Walden Hotel, Mingle Place by The Park, dan Mingle Place with The Star, dengan tarif mulai Rp1,9 jutaan per malam.
  • Causeway Bay. Ini adalah lokasi yang cukup populer di kalangan wisatawan asal Indonesia. Ketika Anda datang ke kawasan ini, Anda akan menemukan banyak warga Tanah Air yang mencari nafkah di Hong Kong. Di samping itu, di Causeway Bay, terdapat Kantor Kedutaan Indonesia, tepatnya di Leighton Road. Nah, jika Anda membutuhkan akomodasi, tersedia beragam penginapan, salah satunya apartemen Ibu Lily yang dikelola, juga, oleh orang Indonesia.

Sementara, jika Anda membutuhkan referensi penginapan murah di Hong Kong, ada beberapa pilihan yang menarik. Bohol Hotel misalnya, yang terletak di Kowloon dengan tarif mulai Rp229 ribuan per malam. Selain itu, ada juga Apple In Mong Kok (juga di Kowloon) dengan tarif mulai Rp200 ribuan per malam dan Manila Hotel dengan biaya sewa mulai Rp215 ribuan per malam. Alternatif lainnya adalah Germany Hostel, Dhillon Hotel, dan Days Hotel yang semuanya berada di kawasan Kowloon. 

[Update: Almasshabur]

Lihat Juga:   Lokasi & Tiket Kebun Bunga Matahari Jogja, Spot Keren Berswafoto




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan