Jangan Keliru Menginap, Ini Beda Guest House dan Hotel




Fasilitas Kamar Hotel - www.thesun.co.uk
Fasilitas Kamar Hotel - www.thesun.co.uk

Selain , penginapan juga masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa . Anda mungkin sudah familiar dengan villa, resort, , hostel, homestay, hingga guest house dan apartemen. Meski sama-sama difungsikan sebagai bermalam, namun ada sejumlah hal yang membedakan -akomodasi tersebut, tidak terkecuali antara hotel dan guest house, termasuk tarif dan yang ditawarkan.

Definisi Hotel

Dari sekian banyak tipe yang beredar, hotel mungkin bisa dikatakan sebagai jenis yang paling populer. Pasalnya, akomodasi tipe ini sudah hadir di berbagai pelosok daerah, terutama di sekitar kawasan objek dan sekeliling fasilitas publik. Bahkan, tidak jarang hotel dibangun di dekat pusat transportasi seperti terminal, stasiun, dan bandara.

Fasilitas Kamar Hotel - www.thesun.co.uk
Fasilitas Kamar Hotel – www.thesun.co.uk

Pertanyaannya, apakah Anda sudah tahu definisi hotel? Akomodasi ini bisa dibilang sebagai perusahaan yang menyediakan penginapan berbayar untuk jangka pendek. Fasilitas yang disediakan dapat berkisar dari kasur berkualitas sederhana di kamar kecil hingga suite besar dengan tempat tidur jumbo, lemari, kulkas, televisi, dapur, hingga kamar mandi en-suite.

Pengertian lainnya, hotel adalah perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman, dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar, sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus.[1]

Hotel sendiri memiliki beragam jenis. Penentuan jenis hotel terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang dimiliki wisatawan.[2] Berdasarkan hal tersebut, jika dilihat dari lokasi tempat hotel dibangun, penginapan ini dapat dibedakan setidaknya menjadi city hotel (biasanya terletak di perkotaan), residential hotel (umumnya berada di pinggiran kota besar), resort hotel (di daerah pegunungan atau tepi pantai), dan motel (di pinggiran atau sepanjang jalan antar-kota).

Lihat Juga:   Home Stay Kurnia, Akomodasi Murah Dekat Rumah Sosis Bandung, Kota Batu

Sementara, jika dilihat berdasarkan kualifikasi bintang atau star, hotel saat ini setidaknya dapat dibedakan menjadi lima tipe, yakni hotel bintang 1, hotel bintang 2, hotel bintang 3, hotel bintang 4, dan hotel bintang 5. Menurut Peraturan Menteri dan Ekonomi Kreatif RI, hotel bintang sendiri dikatakan sebagai hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel.[3]

Pengertian Guest House

Lalu, bagaimana dengan guest house? Ini dapat dikatakan sebagai sejenis fasilitas akomodasi, baik milik perorangan maupun perusahaan, yang diperuntukkan khusus tamu hendak menginap. Guest house juga dapat berupa rumah pribadi yang dikonversi untuk kepentingan tamu. Di beberapa daerah di dunia, guest house biasanya sebagai akomodasi yang tersedia bagi pengunjung yang tidak memiliki kerabat lokal untuk tinggal bersama.

Fasilitas yang akan ditawarkan di guest house sederhana saja, sebagian besar tanpa menyediakan keperluan makan dan minum tamunya, walaupun pada beberapa guest house juga ditemui fasilitas makan gratis yang bisa dipesan sewaktu-waktu. Biasanya, guest house dengan fasilitas seperti ini juga membiarkan tamunya memilih menu makanan mereka sendiri.

Sementara, untuk harga sewa kamarnya, biasanya pengelola guest house mematok tarif yang relatif lebih murah. Dengan demikian, akomodasi ini sangat cocok bagi pelancong yang berencana berlibur bersama keluarga atau rombongan dengan jumlah anggota banyak. Pasalnya, memilih guest house sebagai tempat inap, dapat membantu menghemat pengeluaran selama .

Sesuai namanya, penginapan ini umumnya dirancang sedemikian homey. Terkadang, pemilik guest house juga tinggal dalam gedung yang sama dengan tamu. Bisa dikatakan, menjadi semacam berkunjung ke rumah orang dan menumpang menginap di kamar. Fasilitas seperti televisi, dapur, dan ruang tamu merupakan fasilitas umum yang dapat digunakan bersama.

Lihat Juga:   Berencana Liburan ke Purbalingga? Ini Referensi Hotel Strategis Dekat Owabong
Fasilitas Kamar Guest House - theseversons.net
Fasilitas Kamar Guest House – theseversons.net

Beda Hotel dan Guest House

HotelGuest House
Tarif hotel cenderung lebih mahal, meski ada juga yang murahTarif guest house bisa dikatakan relatif lebih murah
Hotel lebih cocok untuk pelancong yang menginginkan penginapan eksklusif dan privasiGuest house pas sebagai tempat bermalam tamu keluarga atau rombongan
Tergantung tipe kamar, fasilitas yang disediakan hotel biasanya lebih kompletFasilitas di dalam kamar cenderung sederhana, sedangkan TV, dapur, dan ruang tamu merupakan fasilitas bersama
Hotel memiliki staf dan karyawan yang akan hadir selama 24 jamJadwal kehadiran staf guest house lebih terbatas
atau check-in dapat dilakukan kapan sajaCheck-in biasanya harus dengan janji sebelumnya
Hotel menawarkan sewa per kamarGuest house ada yang menyewakan per kamar dan ada juga satu rumah penuh

Selain itu, guest house juga menawarkan keleluasaan kepada para tamu untuk beraktivitas atau berinteraksi dengan tamu lainnya. Namun, terlepas dari perbedaan tersebut, intinya kedua jenis akomodasi ini adalah sama-sama menawarkan tempat untuk singgah atau bermalam. Tinggal selera dan bujet Anda untuk memilih mana yang cocok, apakah hotel atau guest house.

[1] Sulastiyono, Agus. 2001. Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung: CV Alfabeta.

[2] Manurung, Heldin dan Trizno Tarmoezi. 2007. Manajemen Front Office Hotel. Jakarta: Kesaint Blanc.

[3] Republik Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 2013. Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2001 Tentang Standar Usaha Hotel.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan