Angkot dari Stasiun Malang Kota Lama dan Baru ke Batu




Angkot Kota Batu (sumber: tugujatim.id)
Angkot Kota Batu (sumber: tugujatim.id)

Angkot (Angkutan Kota) adalah salah satu kendaraan umum yang beroperasi di dalam kota dan kabupaten yang sesuai dengan trayeknya masing-masing.[1] Tak hanya di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, angkot juga banyak ditemukan di Malang, khususnya di daerah stasiun. Ini sangat membantu para wisatawan yang ingin -jalan ke Batu dari Stasiun Malang.

Sebelum memilih angkot, Anda harus memperhatikan stasiun mana yang menjadi tempat pemberhentian Anda. Ada dua stasiun yang cukup terkenal di Kota Malang, yakni Stasiun Kota Lama dan Kota Baru. Berikut penjelasan mengenai lokasi dua stasiun di Kota Malang.

Lokasi Stasiun Kota Malang

Stasiun Malang Kota Lama berada di berada di Ciptomulyo, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur dan berseberangan dengan Rumah Sakit Panti Nirmala serta bersebelahan dengan Ascent Premiere Hotel (sebelumnya The Balava Hotel). Stasiun ini terbilang cukup ramai dengan bangunan yang masih jadul. Letak stasiun yang agak masuk, mungkin membuat Anda sedikit bingung, tetapi sudah ada plang atau papan petunjuk yang bertuliskan stasiun di bagian pinggir gedung.

Stasiun Malang Kota Lama (sumber: pingpoint.co.id)
Stasiun Malang Kota Lama (sumber: pingpoint.co.id)

Termasuk stasiun kereta api kelas 1, Stasiun Malang Kota Lama memiliki tujuh kereta api tanpa sepur lurus. Dari semua jalur yang ada, jalur 2 palung sering dipakai dan sebagai jalur utama kereta api (sepur raya), karena sebagian jalur kereta menuju beberapa daerah yang sudah dijadikan sebagai pemukiman warga.

Sementara itu, Stasiun Malang Kota Baru terletak di Jl. Trunojoyo No. 10, Kidul Dalem, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur dan berseberangan dengan Taman Trunojoyo. Tak hanya itu, Stasiun Malang Kotabaru sangat dekat dengan Kota Malang yang kerap dijadikan tempat piknik dan rekreasi keluarga.

Lihat Juga:   Dekat Theme Park di Oro-Oro Ombo, Tarif Villa Shafira Rp500 Ribuan

Juga diklaim sebagai stasiun utama di Kota Pendidikan, Stasiun Malang Kota Baru adalah stasiun kereta api kelas besar tipe A. Sebagai stasiun kereta api utama di wilayah Malang Raya, tak heran jika stasiun ini tak jarang disinggahi para turis dari luar kota maupun mancanegara.

Setibanya di stasiun kereta, umumnya pelancong tidak langsung menuju hotel atau penginapan. Beberapa wisatawan lebih memilih untuk mengeksplorasi Malang Raya terlebih dahulu, khususnya Batu. Batu merupakan salah satu kota yang masih diklaim masuk dalam Malang Raya dan menjadi pusat para turis yang baru saja tiba di Stasiun Malang Kota Lama maupun Kota Batu.

Stasiun Malang Kota Baru (sumber: tribunnews)
Stasiun Malang Kota Baru (sumber: tribunnews)

Berada di lokasi yang berbeda, tentunya angkot yang ada di area stasiun tersebut tidak sama. Ini membuat beberapa orang kebingungan untuk memilih kendaraan umum mana yang tepat untuk membawa mereka ke Kota Apel. Untuk itu, berikut angkot dari Stasiun Malang Kota Lama dan Kota Baru menuju Kota Batu.

Angkot dari Stasiun Malang Kota Lama ke Batu

  • Dengan Angkot LDG/LDH. Dari Stasiun Malang Kota Lama, naik angkot LDG/LDH dan turun di Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot berwarna kuning atau ungu menuju Kota Batu.
  • Dengan Angkot AG. Dari Stasiun Malang Kota Lama, naik angkot AG dan turun di SMP 5, kemudian naik angkot AL, ADL, atau CKL ke Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot berwarna kuning atau ungu menuju Kota Batu.
  • Dengan Angkot ABG. Dari Stasiun Malang Kota Lama, naik angkot ABG dan turun di SMP 5, kemudian naik angkot AL, ADL, atau CKL ke Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot berwarna kuning atau ungu menuju Kota Batu.
Lihat Juga:   Harga Tiket Fast Boat dari Bali ke Gili Trawangan

Angkot dari Stasiun Malang Kota Baru ke Batu

  • Dengan angkot ABG. Dari Stasiun Malang Kota Baru, naik angkot ABG menuju SMP 5, kemudian naik angkot AL, ADL, atau CKL ke Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot berwarna kuning atau ungu menuju Kota Batu.
  • Dengan angkot AL. Dari Stasiun Malang Kota Baru ke Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot berwarna kuning atau ungu menuju Kota Batu.
  • Dengan angkot ADL. Dari Stasiun Malang Kota Baru ke Terminal Landungsari. Setelah itu, naik angkot berwarna kuning atau ungu menuju Kota Batu.
Shelter angkutan ke Kota Batu di Terminal Landungsari (sumber: wikipedia)
Shelter angkutan ke Kota Batu di Terminal Landungsari (sumber: wikipedia)

Paling penting jika Anda naik angkot dari Stasiun Kota Lama atau Kota Baru ke Kota Batu adalah Anda harus menuju Terminal Landungsari untuk naik angkot berwarna kuning atau ungu. Sementara itu, berikut angkot dari Stasiun Malang menuju Kota Batu.

Angkot dari Stasiun Malang ke Batu

Jenis Angkot per Perjalanan
LDG/LDHRp2.500 – Rp5.000
AGRp2.500 – Rp5.000
ALRp2.500 – Rp5.000
ADLRp2.500 – Rp5.000
ABGRp2.500 – Rp5.000
CKLRp2.500 – Rp5.000
Angkot KuningRp3.000 – Rp5.000
Angkot UnguRp3.000 – Rp5.000

angkot dari Stasiun Malang ke Batu di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber di internet. Biaya jasa angkot dari Stasiun Malang ke Batu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Alexandri, Mohammad Benny & Nurillah Novel. 2019. Pengelolaan Angkutan Kota di Indonesia. Responsive Jurnal Universitas Padjadjaran, Vol. 2(4): 182-189.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan