Akomodasi dan Harga Tiket Terbaru Gua Pindul dan Rafting Oyo yang Perlu Dicoba Saat ke Jogja




Bagian dalam Gua Pindul (sumber: guapindul.com)
Bagian dalam Gua Pindul (sumber: guapindul.com)

Saat ini, kegiatan outbond baik perorangan maupun kelompok telah menjadi favorit untuk menghilangkan penat akibat kesibukan sehari-hari. Nah, bagi Anda yang ingin ber-outbond ria dengan medan yang lain dari biasanya, Anda bisa berkunjung ke Gua Pindul.

Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Objek wisata Gua Pindul diresmikan pada 10 Oktober 2010. Di sini, Anda akan diajak menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua (istilahnya cave tubing). Karena aliran airnya yang tenang, cave tubing di Gua Pindul juga bisa dilakukan oleh pemula maupun anak kecil, bahkan wanita hamil.

Perlu sekitar 45 menit hingga satu jam untuk menyusuri gua yang memiliki panjang 350 meter dan lebar lima meter, serta jarak permukaan air dan atap gua mencapai 4 meter ini. Nantinya, para pengunjung akan melewati tiga zona, yakni zona terang, remang, dan gelap.

Saat melakukan susur gua di Gua Pindul ini, Anda akan menemukan sebuah stalaktit yang sudah menyatu dengan stalakmit sehingga tampak seperti sebuah pilar dengan ukuran lebar lima rentangan tangan orang dewasa (Soko Guru). Stalaktit ini merupakan bagian terbesar di Gua Pindul dan diproyeksikan terbesar nomor keempat di dunia.

Di tengah goa, ada sebuah ruangan yang lumayan besar dengan lubang di atasnya yang akrab dengan istilah sumur terbalik. Bagian ini memungkinkan sinar matahari masuk sehingga membuat suasana semakin indah. Lubang di atas gua inilah yang seringkali digunakan sebagai masuk vertikal oleh anggota TIM SAR atau sekelompok orang penjelajah.

River tubing di Gua Pindul
River tubing di Gua Pindul

Paket cave tubing Gua Pindul sendiri terdiri atas jasa pemandu, perlengkapan (ban pelampung, jaket pelampung, sepatu karet, head lamp), dan asuransi. Untuk wisatawan lokal, dikenakan tarif Rp40 ribu/orang, sedangkan wisatawan asing dikenakan tarif Rp50 ribu/orang. Sementara, biaya retribusi masuk kawasan Gua Pindul sebesar Rp10 ribu/orang. Dengan biaya tersebut, Anda akan difasilitasi baju rompi pelampung, ban pelampung, sepatu karet, serta jasa pemandu profesional.

Selain itu, pihak pengelola juga sudah menyediakan beberapa penunjang, salah satunya Griya Dahar. Tempat ini difungsikan sebagai area beristirahat ataupun makan prasmanan jika Anda memesan katering di wirawisata. Harga paket kuliner Gua Pindul yang ditawarkan pengunjung mulai dari Rp17 ribuan per paket. Sedangkan biaya outbound di Gua Pindul sekitar Rp50.000 per orang dengan snack, ice breaking, fun game, musala, lahan outbond, pendopo istirahat, outbond hingga trainer.

Gua Pindul dapat dicapai dari Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi sekitar 7 km ke arah utara Kota Wonosari. Setelah memasuki Desa Bejiharjo, perjalanan dilanjutkan mengikuti jalan aspal. Untuk sewa kendaraan Anda dapat merogoh kocek mulai dari Rp500.000-Rp1,4 juta. Wisata offroad juga ditawarkan mulai dari Rp400.000. Di sana Anda juga dapat menelusuri sejumlah gua lain seperti Gua Gelatik, Gua Cristal, dan Gua Tanding.

Sementara itu, tak hanya cave tubing Gua Pindul saja yang dapat dinikmati pengunjung. Sungai Oyo sepanjang empat km dengan kedalaman sekitar 7 – 10 m dapat dicoba melalui olahraga rafting. Pengunjung akan didampingi pemandu profesional untuk menelusuri aliran Sungai Oyo yang indah dan alami khas batuan karst Gunungkidul.

Rafting Sungai Oyo dimulai dengan melewati hamparan persawahan, kemudian Anda akan menaiki ban pelampung menyusuri Sungai Oyo yang dikelilingi oleh -tebing purba. Tentu saja indahnya di sepanjang sungai akan memanjakan mata Anda. Dengan biaya yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp60.000 per orang, Anda akan mendapat fasilitas berupa baju rompi pelampung, ban pelampung, sepatu karet, fasilitas transport, serta jasa pemandu profesional. Rafting Sungai Oyo dapat dijadikan terapi alami bagi Anda yang selalu disibukkan dengan rutinitas sehari-hari yang tentunya sangat membosankan.

Rafting Sungai Oyo (sumber: justgola.com)
Rafting Sungai Oyo (sumber: justgola.com)

Usai berpetualang seru di Gua Pindul dan Sungai Oyo, Anda pasti akan bingung mencari penginapan dengan harga terjangkau di sekitar sana. Tak perlu bingung, berikut data terbaru yang direkomendasikan untuk Anda dengan harga murah.

Nama PenginapanAlamatTarif per Malam
Orlinds Nyamplung Guest HouseJl. Pariwisata Gua Pindul, Dusun Gelaran Gunung KidulRp117-Rp123 ribuan
Orlinds Jambe GuesthouseJl. Pariwisata Gua Pindul, Dusun Gelaran Gunung KidulRp117-Rp124 ribuan
Orlinds Matoa Guest HouseJl Wonosari KM 4, Dusun Gelaran Gunung KidulRp117-Rp124 ribuan
Orlinds Rambuat GuesthouseJl. Pariwisata Gua Pindul, Dusun Gelaran Gunung KidulRp117-Rp124 ribuan
Hotel dan Bukit IndahJl. – Wonosari KM 15Rp250-Rp600 ribuan
Tanjung InnJl. Tanjung No. 3, WonosariRp206.000
Kalpilon Indah CottageJl. Pantai Krakal Gunung KidulRp207.000

Setelah menelisik informasi wisata di Gua Pindul yang lengkap mulai dari akomodasi penginapan, transportasi, biaya rafting, hingga kulineran, tentu Anda sudah tak sabar ingin segera menikmati indahnya Gua Pindul. Pentingnya berwisata dengan didampingi trainer tentu akan membuat Anda merasa nyaman dan lebih aman. Selamat menikmati Kota Yogyakarta dengan segala keindahannya!

[Update: Ditta]

Lihat Juga:   Update Tempat Wisata Terfavorit di Jogja Dengan Harga Tiket Murah




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan