Info Harga Tiket Masuk dan Penginapan Dekat Air Terjun Sri Gethuk Jogja




Air Terjun Sri Gethuk Jogja - jejakpiknik.com
Air Terjun Sri Gethuk Jogja - jejakpiknik.com

Tak hanya kawasan Malioboro yang menjadi pesona para pelancong, tetapi objek wisata juga menjadi pilihan tepat Anda saat berada di Jogja. Sri Gethuk misalnya, objek wisata alam satu ini selalu dicari oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain karena view menarik, di dekat Air Terjun Sri Gethuk juga terdapat deretan penginapan murah sebagai pelengkap liburan.

Sri Gethuk merupakan objek wisata terpadu yang meliputi Gua Rancang Kencana dan Air Terjun Sri Gethuk. Keduanya berlokasi di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang dikelola oleh pemuda setempat. Lokasi ini kemudian dikembangkan oleh pemerintah desa menjadi lokasi wisata sejak tahun 2007.[1] Tampilan air terjun ini sukses menarik perhatian wisatawan karena disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Air Terjun Sri Gethuk begitu naik daun karena ramai dikunjungi wisatawan. Air terjun ini menawarkan air melimpah yang berasal dari beberapa mata air di dalam tanah. Beberapa alirannya pun masuk melalui tebing yang sangat tinggi hingga berujung ke Sungai Oya. Air terjun tersebut terpecah menjadi tiga bagian yang meluncur sangat deras. Anda dapat menikmati keindahan air terjun melalui flying fox yang dapat dinikmati dengan tarif terjangkau.

Rute Air Terjun Sri Gethuk

Apabila Anda berangkat dari , untuk mencapai Air Terjun Sri Gethuk harus menempuh jarak sekitar 45 km. Anda dapat berkendara menggunakan kendaraan pribadi selama 1,5 jam. Anda dapat bergerak dari Yogyakarta ke arah Gunung Kidul, kemudian Bukit Pathuk Gunung Kidul dan Hutan Bunder. Setelah sampai daerah Playen, Anda dapat belok kanan ke arah Kecamatan Palihan. Sekitar 2 km dari sana terdapat pertigaan dan banyak petunjuk ke lokasi Sri Gethuk.

Setelah sampai di lokasi parkir, terdapat dua cara untuk mencapai lokasi air terjun. Pertama, dengan berjalan kaki melintasi areal persawahan sekitar 1,5 km. Kedua, dengan menaiki perahu getek dari dermaga di tepi Sungai Oya. Perahu yang telah dimodifikasi modern ini memuat sekitar 7-8 penumpang, dengan sewa murah. Tempat wisata tersebut buka setiap Selasa–Minggu pukul 08.00–16.00 WIB.

Air Terjun Sri Gethuk Jogja - www.nativeindonesia.com
Air Terjun Sri Gethuk Jogja – www.nativeindonesia.com

Harga Masuk Air Terjun Sri Gethuk

Jenis TiketTarif (Rp)
Tiket sewa perahu getek PP per orang10.000
Tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk dan Goa Rancang Kencana15.000
Tiket Body Rafting per orang30.000
Tiket Flying Fox per orang35.000
Lihat Juga:   Tarif Penginapan di Sirah Kencong, Perkebunan Teh Eksotis di Blitar

Informasi tarif di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga tiket tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak pengelola. Lalu, apa saja daya tarik yang dapat dinikmati selama berada di Air Terjun Sri Gethuk?

Daya Tarik Air Terjun Sri Gethuk

Tiga Sumber Mata Air
Selain menawarkan pesona perpaduan air terjun dengan tebing dan hamparan persawahan hijau, Air Terjun Sri Gethuk memiliki daya tarik tersendiri. Dari atasnya mengalir air yang berasal dari 3 sumber mata air, yaitu mata air Ngandong, Ngumbul, dan mata air Dong Poh. Air yang mengalir dengan rataan debit sekitar 30 hingga 60 liter per detik itu ditampung dan mengalir bersama aliran Sungai Oya yang berada tepat di bawahnya.

Goa Rancang Kencono
Anda dapat mengabadikan momen dengan berfoto saat memasuki Gua Rancang Kencono. Pasalnya, di sana terdapat beberapa spot foto keren yang patut dicoba. Selain itu, Gua Rancang Kencono akrab dimanfaatkan sebagai salah satu tempat camping dan outbound mahasiswa di Jogja. Keistimewaan lain yang terdapat di sana yakni adanya Pohon Klumit berusia lebih dari 2 abad. Pohon dengan batang yang sangat besar tersebut dapat Anda amati saat berada di atas permukaan gua.

Wahana Flying Fox
Anda dapat mengeksplor keindahan Air Terjun Sri Gethuk dengan cara yang berbeda menggunakan flying fox. Wahana yang menguji adrenalin ini dapat dinikmati oleh anak-anak mulai usia 6 tahun didampingi pemandu. Keindahan sungai dan air terjun akan terlihat jelas dengan sensasi flying fox ini.

Aliran Sungai Oya
Sungai Oya menjadi kelebihan Air Terjun Sri Gethuk. Pasalnya, aliran airnya tak pernah kering saat musim hujan maupun musim kemarau. Stabilnya kondisi air di kawasan ini juga menjadi berkah bagi kawasan sekitarnya. Berkat kestabilan air tersebut, area persawahan dan belantara yang ada pun menjadi lahan subur, sehingga mampu menambah keindahan di sekitar lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Wahana Body Rafting
Wisatawan juga bisa naik rakit ke lokasi air terjun dan body rafting sambil menikmati pemandangan alam. Untuk menaiki rakit, pengunjung harus berjalan ke sungai dari loket pembelian tiket sekitar 2 km. Perjalanan dari sungai menuju air terjun dapat ditempuh selama 7 menit naik rakit. Pengunjung akan mendapatkan perlengkapan keamanan selama body rafting seperti pelampung dan helm.

Lihat Juga:   Rekomendasi Penginapan Dekat Small World Purwokerto

Menurut review para pengunjung di internet, Air Terjun Sri Gethuk sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang berupa warung makan, musala, hingga kamar mandi. Tak heran, jika para wisatawan betah berlama-lama menikmati tempat wisata ini. Selain menikmati air terjun dengan berfoto atau naik perahu, para pengunjung dapat bermain air dan berenang. Untuk meningkatkan keamanan, para pengunjung dapat menyewa pelampung dengan tarif mulai Rp2.000.

Setelah puas bermain di Air Terjun Sri Gethuk, Anda pasti membutuhkan akomodasi di dekat tempat wisata. Nah, bagi Anda yang mencari referensi tempat penginapan dengan fasilitas standar, berikut ulasan lengkapnya.

Rosseno Villa - www.booking.com
Rosseno – www..com

Daftar Penginapan Dekat Air Terjun Sri Gethuk

Nama Penginapan & TeleponTarif per Malam (Rp)
OYO 1159 Bukit Indah Hotel & RestaurantJl. Yogya – Wonosari Km. 15, 55223 Yogyakarta120.000
Duta Guest HouseJl. Prawirotaman No.26, Brontokusuman, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp: (0274) 372064131.800
OYO 2047 Opak Village Bed & BreakfastJl. Imogiri Barat KM13 Dusun Bungas RT03 Sumber Agung Jetis Bantul – Yogyakarta150.000
Homestay Madit JayaGunungcilik, Gn. Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp: 0818-262-833153.100
Rahayu Homestay MangunanMangunan RT.09, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Telp: 0821-3812-6054160.000
Penginapan RudiJl. Patuk – Dlingo, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Yogyakarta175.600
Hotel Madina Inn YogyakartaJl. Taman Siswa No.56, Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta. Telp: (0274) 384137177.800
Lynn HotelJl. Jogokaryan No.82, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta. Telp: (0274) 372500184.450
Griya Limasan HotelJl. Kecubung, Pandansari, Wonosari, Kec. Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Telp: 0819-1549-6777223.700
Rosseno Villa

 

Jl. Parangtritis No. 88, 55187 Yogyakarta3.185.000

Untuk informasi lebih jelas, Anda dapat menghubungi kontak di atas atau datang langsung ke lokasi. Reservasi akomodasi dapat lebih mudah secara online dengan mengakses situs booking online terpercaya.

[1]Ulung, Gagas. Adventure Lovers: 69 Wisata Pacu Adrenalin di Pulau Jawa (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2015), hlm. 111




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan