7 Objek Wisata Unik dan Wajib Kunjung di Yordania

Petra Yordania - www.kaskus.co.id

Sebagai salah satu negara yang berada di kawasan Timur Tengah, suguhan utama objek di (atau Jordania) memang tidak bisa jauh-jauh dari sejarah dan religi, terutama yang berkaitan dengan sejarah nabi-nabi. Menurut pemerintah setempat, Yordania bisa dijadikan sarana religi yang menarik karena memiliki 27 objek yang berhubungan dengan sejarah Islam.

Meski demikian, negara yang didirikan tahun 1921 tersebut juga menghadirkan beberapa wisata alam yang tak kalah menakjubkan yang bisa membuat petualang terpesona, sebut saja Aqaba sampai Mati yang merupakan titik terendah di permukaan Bumi. Berikut beberapa objek wisata unik di negara dengan ibukota Amman tersebut.

Laut Mati (The Dead Sea)

Objek wisata unik yang paling terkenal di Yordania tentu saja Laut Mati. Mengusung nama yang bisa dibilang agak seram, Laut Mati sebenarnya merupakan danau air asin yang memang membentang di daratan bukan lautan. Namun, karena objek wisata tersebut memiliki panjang hingga 76 km dan lebar 16 km, maka tidak disebut dengan danau, melainkan laut.

Laut yang berlokasi di perbatasan Yordania, Israel, dan Palestina tersebut merupakan daerah terendah di permukaan Bumi, dengan ketinggian 420 meter di bawah permukaan laut. Sementara, untuk yang paling rendah di planet ini, masih dipegang oleh Palung Mariana yang berada di kawasan negara Filipina.

Kadar garam yang ada di Laut Mati sangat tinggi sehingga jika wisatawan menceburkan diri ke dalam laut tersebut, mereka tidak akan tenggelam. Wisatawan akan mengambang tanpa perlu berenang, bahkan memungkinkan Anda untuk mengapung sambil membaca buku. Menurut beberapa informasi, kadar garam di Laut Mati sampai dengan 31,5 persen atau sembilan kali lebih tinggi dari kadar garam lautan pada umumnya.

Laut Mati Yordania - www.quora.com

Laut Mati Yordania – www.quora.com

Petra

Ini merupakan sebuah situs arkeologi yang juga merupakan sebuah yang cara pembuatannya dengan memahat dinding-dinding . Nama Petra sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti ‘’. Bisa dibilang, Petra menjadi salah satu ikon Yordania dan menjadi simbol perlindungan dan teknik pada zamannya.

Lihat Juga:   Harga Tiket, Wahana, dan Fasilitas di Water Kingdom Mekarsari

Pahatan dinding-dinding batunya merupakan perpaduan gaya Yunani kuno dengan Asia. Struktur paling populer bernama Al Khazneh, bangunan ini disebut-sebut pada masanya merupakan bunker, akan tetapi versi lain menyebutkan bangunan ini pernah dipakai untuk gudang harta. Jika Anda berkunjung ke ini, jangan lupa juga mampir ke The Monastery, sebuah monumen yang sempat muncul di dalam salah satu film Indiana Jones.

Petra Yordania - www.kaskus.co.id

Petra Yordania – www.kaskus.co.id

Gua Ashabul Kahfi

Ini merupakan salah satu situs sejarah yang bisa dijadikan wisata religi yang menarik di Yordania. Gua Ashabul Kahfi adalah sebuah lubang besar yang pernah ditempati tujuh pemuda dan seekor anjing yang mendapat petunjuk untuk beriman kepada Allah SWT dan tertidur selama lebih dari 300 tahun. Kisah mereka yang kemudian melarikan diri dari Raja Dikyanus tersebut juga tercantum dalam Al Quran Surat Al Kahfi.

Lokasi gua ini berada di perkampungan Al Rajib atau dalam Al Quran disebut dengan Al Raqim, dan berjarak sekitar 1,5 km dari Kota Abu A’landa, dekat Kota Amman. Menurut kabar terakhir, Raja Yordania (Raja Abdullah II) telah meresmikan untuk mendirikan sebuah masjid dan ma’had di depan gua, yang diberi nama Masjid Gua Ahlul Kahfi’ dan Ma’had Da’wah dan Da’i.

Gua Ashabul Kahfi Yordania - razfira.blogspot.co.id

Gua Ashabul Kahfi Yordania – razfira.blogspot.co.id

Roman Theater

Objek wisata unik selanjutnya di Yordania adalah Roman Theater. Dibangun pada pemerintahan Marcus Aurelius, yaitu sekitar tahun 169-177 Masehi, gedung teater ini memiliki ukuran yang cukup besar dan curam, dengan kapasitas hingga enam ribu penonton. Dibuat di bagian lereng, bangunan ini berorientasi di utara untuk melindungi penonton dari sengatan matahari.

Roman Theater sendiri terbagi menjadi tiga daerah horizontal. Daerah pertama adalah pintu masuk yang berada di lantai dasar, daerah kedua adalah daerah yang hendak menuju ke orkestra, sedangkan yang ketiga adalah panggung. Sementara, yang berada di balik pintu sekarang digunakan sebagai Tradisional Yordania, dan di sisi lainnya didirikan Rakyat Yordania.

Lihat Juga:   Wisma Tebet Raya, Akomodasi Bersih dan Nyaman di Jakarta Selatan

Hercules Temple

Hercules Temple atau Kuil Hercules berada di Citadel, Kota Amman, dan dibangun sekitar tahun 162-166 Masehi. Didirikan dengan menghadap ke arah timur, bangunan ini ditopang oleh pilar yang memiliki ketinggian rata-rata mencapai 33 kaki. Hercules Temple sendiri secara keseluruhan memiliki bangunan yang lebih besar daripada kuil-kuil Romawi.

Seperti Roman Theater, kuil ini juga dibangun pada masa pemerintahan Marcus Aurelius. Karena itu, jangan heran ketika Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan merasakan suasana ala Kota Roma di Italia. Saat Anda berkunjung ke Hercules Temple, jangan lupa untuk mampir ke Ummayad Palace, sebuah istana megah bekas kediaman Gubernur Amman di zaman dahulu.

Wadi Rum

Tempat yang mendapat julukan The Valley of The Moon ini merupakan objek wisata yang pas bagi mereka yang doyan petualangan. Pasalnya, Wadi Rum sangat tepat dijelajahi dengan mengendarai jeep atau naik unta, selain bisa juga menggunakan parasut. Objek wisata ini sendiri menawarkan daya tarik berupa bukit-bukit batu yang cukup tinggi, dengan ketinggian mencapai 1.700 meter.

Ketika berwisata ke tempat ini, Anda disarankan menyiapkan sunblock dan baju dengan bahan yang dapat menyerap panas, mengingat Wadi Rum merupakan gurun yang sangat luas. Sementara, apabila Anda berwisata ketika musim dingin, siapkan pula pakaian tebal dan perlengkapan pendukung lainnya karena cuaca di Wadi Rum bisa berubah menjadi sangat dingin.

Aqaba

Selain padang pasir dan situs sejarah, Yordania juga menawarkan objek wisata menyegarkan berupa laut di Kota Aqaba. Ini merupakan kota pesisir yang menjadi pintu gerbang utama Yordania menuju lautan. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan resort-resort yang berdiri di tepi laut serta pelabuhan nasional.

Kegiatan mengasyikkan yang sering dilakukan di Aqaba adalah menyelam. Pasalnya, tempat ini memiliki setidaknya 21 titik penyelaman sehingga sangat tepat bagi mereka yang hobi diving. Di samping itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke Aqaba Heritage Museum, yang menampilkan koleksi benda-benda prasejarah dan lukisan zaman dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>