Update Harga Tiket Pantai di Malang Paling Mudah Diakses




Ilustrasi: wisata pantai
Ilustrasi: wisata pantai

Sebagai salah satu tujuan liburan populer, Malang memang memiliki banyak objek wisata menarik yang patut dikunjungi, salah satunya . Berada di Malang bagian selatan, ada puluhan pantai oke yang menanti Anda eksplorasi keindahannya. Nah, dari sekian banyak pantai di sisi Samudera Hindia tersebut, terdapat beberapa pantai yang memiliki akses mudah sehingga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga atau rekan sejawat. Apa saja itu?

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai paling terkenal di Malang. Spot wisata ini terletak di Kecamatan Bantur, tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota, Anda bisa ambil arah menuju Gadang dan Kendalpayak, dilanjutkan menuju Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, dan Srigonco, sebelum mencapai Pantai Balekambang.

Pantai Balekambang (sumber: pantainesia.com)
Pantai Balekambang (sumber: pantainesia.com)

ini terbentang indah dengan kekayaan karang laut sepanjang 2 km dan memiliki lebar 200 meter ke arah laut. Tidak hanya lautan, pantai ini juga memiliki tiga , yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura megah yang bernama Pura Luhur Amertha Jati dan bisa diakses melalui sebuah jembatan yang terbuat dari kayu.

Untuk bisa berkunjung ke Pantai Balekambang dan menikmati panorama dan yang ada, pelancong memang akan dikenai tiket masuk. Namun, tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk kawasan wisata ini cukup , cuma Rp10.000 per orang. Jika membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan parkir sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor atau Rp10.000 untuk mobil.

Pantai Sendang Biru

Selain Balekambang, Sendang Biru juga merupakan salah satu pantai yang cukup familiar di telinga. Berbeda dengan banyak pantai di Laut Selatan yang umumnya berombak besar, ombak di Pantai Sendang Biru relatif cukup tenang sehingga banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk kegiatan memancing, berenang, atau bahkan menyelam. Karena ombaknya yang tenang, Pantai Sendang Biru juga dijadikan tempat sandaran perahu nelayan.

pantai sendang biru - www.tempatpariwisataindonesia.com
pantai sendang biru – www.tempatpariwisataindonesia.com

Jika hendak pergi berwisata ke Pantai Sendang Biru, ada dua yang bisa dilewati, yaitu dari Malang menuju Kepanjen dan menuju Turen. untuk rute Malang-Kepanjen, turis dapat melewati Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur, Srigonco. Setibanya di perempatan menuju arah Balekambang, belok kiri menuju Pantai Goa Cina. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke utara dan Anda akan menemukan pertigaan menuju ke arah Sendang Biru. Dari persimpangan tersebut, jaraknya sekitar 4 km menuju pintu gerbang objek wisata.

Seperti Pantai Balekambang, harga tiket masuk ke Pantai Sendang Biru pun sangat terjangkau. Pelancong cukup membayar tarif Rp5.000 per orang, dengan tambahan sekitar Rp5 ribu sampai Rp10.000 untuk parkir kendaraan. Apabila hendak menuju Pulau Sempu, dapat menyewa kapal nelayan setempat dengan biaya sekitar Rp100 ribu sampai Rp250 ribuan per kapal.

Pantai Goa Cina

Pantai populer lainnya di Malang bagian selatan adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini dinamakan demikian lantaran terdapat sebuah legenda masyarakat setempat yang menyatakan pernah ada seorang pertapa dari Tiongkok yang pernah bertapa di salah satu goa disana. Petapa itu akhirnya meninggal dan tulang-belulangnya lantas ditemukan masyarakat setempat.

Pantai Goa Cina (sumber: wikipedia)
Pantai Goa Cina (sumber: wikipedia)

Terlepas dari mitos tersebut, pantai yang indah ini menyajikan fenomena yang langka, yakni terjadinya gelombang yang bersimpangan tidak karuan dari tiga arah, selatan, timur, dan barat. Arus gelombang itu selalu bertabrakan di antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya. Karena arus gelombang yang bertabrakan demikian kuat, memunculkan suara bergemuruh.

Objek wisata ini sendiri terletak di Desa Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Jalur menuju pantai ini kini sudah sangat baik apabila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Jalurnya pun satu arah dengan beberapa pantai seperti Pantai Watu Leter, Bajul Mati, Ungapan, dan Batu Bengkung. Apabila ingin berkunjung ke sini, Anda hanya perlu mengikuti penunjuk arah yang sama dengan arah ke Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di Desa Sitiarjo, Anda akan menemukan petunjuk arah ke pantai ini.

Sekarang, harga tiket masuk ke Pantai Goa Cina sebesar Rp10.000 per orang. Sementara, biaya parkir untuk sepeda motor Rp10.000 dan mobil Rp15.000. Berbagai fasilitas sudah terdapat di pantai ini misalnya warung makan, musala, masjid, kamar mandi, dan tempat parkir. Warung makan tradisional di pantai ini umumnya menyediakan makanan berbau seafood, termasuk ikan bakar.

Pantai Tiga Warna

Spot ini berlokasi di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk berwisata pantai ini, dari arah Kota Malang, Anda harus menuju wilayah Turen, lalu ikuti arah menuju Pantai Sendang Biru. Setelah melakukan perjalanan selama dua jam, Anda akan menemukan persimpangan menuju ke Pantai Goa Cina atau Pantai Sendang Biru. Anda pilih jalur menuju Pantai Goa Cina dan berjalan lurus sekitar 2 km sampai menemukan persimpangan jalan. Ambil arah ke kiri menuju tempat pelelangan ikan dan Anda akan masuk ke sebuah perkampungan dan ambil arah menuju ke Clungup Mangrove Conservation.

pantai tiga warna - java-men.blogspot.com
pantai tiga warna – java-men.blogspot.com

Sekadar informasi, untuk masuk ke Clungup Mangrove Conservation, pengunjung akan dikenai biaya tiket sebesar Rp5.000 atau cukup menyerahkan satu pohon bakau. Sebelum masuk ke area pantai, pihak penjaga akan menggeledah satu per satu barang bawaan turis, termasuk rokok. Hal tersebut juga dilakukan petugas kepada pelancong yang hendak pulang. Jika barang yang dibawa ketika pulang tidak sama saat masuk, kemungkinan mereka meninggalkan sampah di pantai. Apabila ketahuan meninggalkan sampah, wisatawan akan dikenai denda sebesar Rp50.000.

Melihat pesona yang ditawarkan, wisatawan tentunya bakal langsung berdecak kagum dengan kecantikan pantai ini. Seperti namanya, Pantai Tiga Warna memiliki tiga warna yang berbeda pada air lautnya, yaitu merah, hijau, dan juga biru. Warna-warni pada air laut ini disebabkan kedalaman air laut yang tidak sama. Kombinasi tiga warna tersebut semakin cantik dengan perpaduan pasir pantai berwarna kecokelatan

Pantai Wonogoro

Dibandingkan pantai-pantai yang telah disebutkan di atas, nama Pantai Wonogoro memang kalah populer. Memang, ini adalah salah satu pantai perawan di Malang bagian selatan yang masih jarang didatangi wisatawan. Padahal, keindahannya tidak kalah oke, dengan pasir berwarna putih yang berkilau saat terkena sinar matahari serta ombak Laut Selatan yang cukup besar.

Pantai Wonogoro (sumber: pantaiwonogoro.blogspot.com)
Pantai Wonogoro (sumber: pantaiwonogoro.blogspot.com)

Untuk menuju pantai ini, sebenarnya aksesnya tidak terlalu sulit. Berlokasi di Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Anda bisa mengikuti arah menuju Pantai Balekambang. Di jalan ke arah Pantai Balekambang, terdapat perempatan jalan lintas selatan. Anda cukup berbelok ke kiri untuk menuju pantai ini. Setelah itu, Anda akan menemukan petunjuk arah untuk memudahkan perjalanan Anda. Durasi waktu dari Kota Malang ke pantai sekitar 1,5 jam berkendara.

Tidak seperti objek wisata pantai di Malang Selatan lainnya, untuk bisa berlibur ke Pantai Wonogoro, wisatawan kabarnya tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, apabila membawa kendaraan pribadi, mungkin akan ada tarif parkir sebesar Rp5.000 hingga Rp10.000 per kendaraan. Sayangnya, fasilitas di pantai ini terbilang sangat minim, bahkan nyaris tidak ada warung makanan. 

Lihat Juga:   Hotel Keren Berlokasi Dekat dengan The Empire Palace Surabaya




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan