17 Tempat Wisata Hits dan Populer di Bandung




The Lodge Maribaya - www.nchiehanie.com
The Lodge Maribaya - www.nchiehanie.com

Bandung, siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini. Bandung menjadi salah satu destinasi favorit di akhir pekan maupun musim liburan, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, ibukota Jawa Barat tersebut dikenal memiliki segudang tempat hits dan menarik yang sayang untuk dilewatkan. Sedikit tentang wisata Bandung, selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama di kawasan Lembang, Bandung juga sering dijadikan referensi bagi mereka yang menggeluti industri kreatif. Pasalnya, di tempat ini, banyak ditemukan toko-toko atau factory outlet yang memasarkan produk-produk buatan Bandung, terutama di bidang konveksi. Nah, bagi Anda yang berencana melakukan kunjungan ke Bandung, berikut beberapa hits di Kota Kembang tersebut yang wajib Anda kunjungi.

Tebing Hawu

Untuk para penggemar sunrise, Tebing Gunung Hawu siap memanjakan Anda dengan pemandangan indah dari saat terbit menjelang pagi. Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan keren ini sambil tiduran di hammock yang digantung di antara dua tebing. Aktivitas hammock ini diperkenalkan oleh beberapa warga setempat untuk menarik minat para pengunjung, sekaligus untuk melindungi Gunung Hawu dari jamahan para penambang batu kapur. Tebing Gunung Hawu sendiri berlokasi di belakang Tebing Citatah, Gunung Singgalang.

Tebing Gunung Hawu - phinemo.com
Tebing Gunung Hawu – phinemo.com

The Lodge Maribaya

Berlokasi di Jalan Maribaya Timur KM 6, Kampung Kosambi, Cibodas, Lembang, The Lodge Maribaya menjadi spot yang sangat sesuai bagi mereka yang menghabiskan waktu berpetualang di terbuka. Pengunjung dapat melakukan aktivitas berkemah di tempat ini, selain aktivitas trekking. Seiring dengan waktu, The Lodge Maribaya juga didukung dengan penginapan serta tempat makan.

The Lodge Maribaya - www.nchiehanie.com
The Lodge Maribaya – www.nchiehanie.com

Farm House Lembang

Berlokasi di Jalan Raya Lembang dan dapat ditempuh sekitar satu jam berkendara dari pusat kota, Farm House ini sekarang menjadi primadona bagi wisatawan, baik dari dalam maupun luar Bandung. Suasana yang ditonjolkan kawasan ini adalah suasana pertanian dan perkebunan ala Eropa dan rumah kurcaci (Hobbit) yang mungkin sering kita lihat di Selandia Baru.

Farm House Lembang - www.wisatalembangbandung.com
Farm House Lembang – www.wisatalembangbandung.com

Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark

Waterpark yang berlokasi di Jalan Raya Batununggul, Ciwidey KM 17, Kabupaten Bandung ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin merasakan kegembiraan seperti anak-anak. Selain kolam air panas serta beberapa cottage cantik yang bisa disewa, Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark juga menawarkan pengalaman outdoor yang autentik dengan tenda yang dapat disewa.

Taman Hutan Ir. H. Djuanda

Berada di kawasan Lembang, taman hutan raya ini bisa ditempuh dalam waktu 30 menit berkendara dari pusat kota. Membentang di lahan seluas 590 hektare, taman ini dibangun sebagai hutan lindung dan kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan dan bunga yang ada di Bandung. Di tempat ini, juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang peninggalan Ir. H. Djuanda serta berbagai artefak yang ditemukan di sekitar .

Lihat Juga:   Pesona dan Update Harga Tiket Masuk Sanghyang Heuleut, Bandung

Tebing Keraton

Tebing ini berada di atas Taman Hutan Ir. H. Djuanda. Dari atas tebing ini, wisatawan dapat menyaksikan hijaunya pemandangan Taman Hutan Ir. H. Djuanda. Pemandangan ini bakal semakin indah jika Anda mengunjungi tebing sebelum matahari terbit atau sekitar pukul 06.00 pagi. Di jejaring sosial Instagram, saking terkenalnya, Tebing Keraton ini sampai dijuluki dengan Tebing Instagram.

Sanghyang Heuleut

Berada di Kecamatan Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, objek wisata ini sebenarnya tergolong baru dan belum banyak terjamah. Ini merupakan sebuah danau kecil yang dikelilingi oleh kawasan bebatuan yang berbukit. Inilah yang menyebabkan kawasan wisata alam ini seakan tersembunyi dari masyarakat luar.

Upside Down World Bandung

Ingin berfoto dengan pose yang tidak biasa? Anda bisa langsung mengunjungi Upside Down World yang berada di Jalan H. Wasid No. 31, Lebakgede, Coblong, Bandung. Dengan membayar tiket sebesar Rp100.000 untuk orang dewasa, wisatawan bakal menemukan aneka ruangan mulai living room, master bed room, kids room, dapur, dining room, hingga bathroom. Tak hanya itu, ada juga beberapa ruangan yang identik dengan kota Bandung seperti ruang musik dan juga mural.. Anda tidak perlu khawatir kehabisan gaya ketika berfoto, karena setiap pengunjung akan didampingi seorang pemandu yang akan membantu Anda bergaya sekaligus menjadi juru fotonya. Yang perlu Anda perhatikan saat berfoto adalah angkatlah satu kaki agar terkesan melayang-layang seperti di ruang angkasa tanpa gravitasi. Jangan lupa bawa gel rambut untuk menegakkan rambut Anda.

Lawang Wangi Cafe & Art Space

Terletak di dataran tinggi menuju arah Lembang, kafe ini menawarkan panorama yang sungguh memesona. Pepohonan yang asri di siang hari dan kelap-kelip lampu kota di malam hari dapat Anda lihat dari dek yang disediakan khusus bagi para pengunjung. Di samping itu, kafe ini juga menyediakan empat galeri seni yang memajang karya-karya seniman kontemporer lokal.

Goa Pawon

Ini adalah sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya bermacam peninggalan kehidupan prasejarah yang kini dipamerkan di Museum Geologi Bandung. Goa Pawon sendiri terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jika Anda melanjutkan perjalanan beberapa langkah lagi ke arah gunung, Anda akan menemukan Stone Garden, yaitu sebuah cagar geowisata bertabur batu karang seperti yang terdapat di pesisir pantai.

Floating Market Lembang

Lembang memang menjadi salah satu kawasan wisata andalan di Bandung karena punya segudang destinasi menarik, salah satunya Floating Market. Seperti namanya, Floating Market adalah pasar yang melakukan transaksi di atas perahu, atau pasar terapung mirip dengan yang ada di Banjarmasin. Selain wisata kuliner, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti ATV, bersepeda air mengitari danau, atau mendayung sampan.

Lihat Juga:   [Video] Pantai Ngudel, Pantai Hits yang Instagramable

D’Ranch Lembang

Masih di kawasan Lembang, kita menuju ke D’Ranch, sebuah tempat yang awalnya merupakan peternakan dan kemudian disulap menjadi sebuah taman hiburan keluarga sejak tahun 2007 lalu. Pengunjung dapat mengenakan kostum koboi dan menunggang kuda untuk menjelajahi kawasan natural seluas 5 hektare ini. Dengan biaya mulai Rp20 ribuan, berbagai aktivitas dapat dilakukan, seperti panahan, flying fox, dan memancing.

Bosscha Observatory

Bagi mereka yang ingin menyaksikan keindahan gugusan bintang, tempat ini layak dikunjungi. Masih berada di kawasan Lembang, Anda bisa mengajak kekasih untuk kencan romantis di bawah taburan bintang-bintang, atau membawa keluarga agar anak-anak dapat belajar tentang tata surya. Observatorium ini sendiri sudah dibangun pada tahun 1923 silam ketika era kolonial Belanda.

Kawah Putih

Berada di Ciwidey, Kawah Putih merupakan sebuah danau berbentuk kawah yang tercipta akibat letusan Gunung Patuha. Airnya yang sebening kristal akan berubah warna mengikuti kondisi cuaca, sedangkan di tepinya terdapat pasir yang begitu putih sehingga terlihat begitu unik. Bahkan, jenis tanaman yang tumbuh di sekitar danau ini pun cukup berbeda dibandingkan dengan area lain di bawahnya.

Situ Patenggang

Berjarak sekitar 10 menit dari Kawah Putih, Situ Patenggang merupakan sebuah danau yang terlalu menakjubkan untuk dilewatkan. Menurut cerita, danau ini berawal dari pertemuan Pangeran Putra Prabu dengan Putri Titisan Dewi di sebuah berbentuk hati di tengah Situ Patenggang. Selain air yang jernih, Situ Patenggang dikelilingi dengan perkebunan teh bak permadani hijau.

Cihampelas Walk

Berlokasi di Jalan Cihampelas No. 160, tempat ini cocok bagi yang ingin berbelanja dengan nuansa berbeda. Pasalnya, dengan hanya menggunakan sepertiga dari total luas lahan 3,5 hektare untuk bangunan, Cihampelas Walk memiliki banyak ruang terbuka yang dipenuhi pohon-pohon besar berusia puluhan tahun. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai barang dengan brand lokal maupun internasional, kafe, dan juga restoran di area outdoor.

Trans Studio Bandung

Selain wisata alam, kuliner, dan , Bandung juga memiliki wahana permainan modern yang terangkum dalam Trans Studio. Terbagi menjadi tiga area, Studio Central, Lost City, dan Magic Corner, saat ini Trans Studio Bandung merupakan taman hiburan indoor terbesar di Indonesia. Ketika mengunjungi kawasan ini, pastikan juga Anda mencoba salah satu roller coaster tercepat di Asia, yang mampu mencapai kecepatan 120 km per jam dalam 3,5 detik. Itulah beberapa spot wisata populer dan hits yang berada di kawasan Bandung. Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan destinasi favorit Anda?




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan