10 Tempat Wisata Menarik di Jombang yang Wajib Kunjung

kampung durian jombang - www.idnusantara.com

bisa dikatakan sebagai salah satu daerah di yang memiliki sedikit potensi wisata. Pasalnya, kawasan ini memang didominasi dengan lahan pertanian, terutama sawah dan kebun, sehingga lebih sering terkenal sebagai penghasil kekayaan alam, salah satunya durian.

 

Meski minim objek wisata, namun bukan berarti Jombang tidak memiliki potensi wisata yang menarik sama sekali. Berikut beberapa objek wisata menarik di Jombang yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

Tretes

Objek wisata menjadi salah satu objek wisata paling terkenal di Jombang. Pasalnya, Air Terjun Tretes memiliki ketinggian sekitar 158 meter atau merupakan air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur. Air terjun ini berada di Dusun Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, dan termasuk dalam Taman Hutan Raya Raden Soeryo di Juruh, kompleks Anjasmoro.

Sayangnya, atau bangunan penunjang kegiatan wisata air terjun hanya terdapat beberapa warung pada ujung batu yang melalui wilayah Kabupaten Kediri. Sarana pendukung lainnya pada umumnya masih bersifat alami.  

air terjun tretes - myhanafis.blogspot.com

air terjun tretes – myhanafis.blogspot.com

 

Ngrimbi Jombang

Candi ini awalnya berfungsi sebagai tempat peristirahatan para prajurit Kerajaan Majapahit beserta pimpinannya. Secara fisik, bangunan Candi Ngrimbi memang tidak terlalu besar, bahkan bisa dikatakan kecil untuk ukuran Kerajaan Majapahit yang memiliki nama besar. Candi ini sendiri berada di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, di tepi jalan utama Mojoagung dan Wonosalam.

candi ngrimbi jombang - it.avatar-nusantara.com

candi ngrimbi jombang – it.avatar-nusantara.com

 

Lihat Juga:   Merbabu Guest House, Penginapan Tenang & Bersih di Belakang Taman Ijen Malang

Gua Sigolo-Golo

Gua ini merupakan gua alam yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam. Terletak di lereng Gunung Welirang, akses untuk menuju gua ini cukup mudah. Meski begitu, ketika akan naik ke mulut gua, pengunjung disarankan untuk berhati-hati karena harus menyusuri jalan setapak yang terjal dan licin.

Gua Sriti Jombang

Gua ini masih berada di Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Gua Sriti menawarkan pemandangan alam yang luar biasa eksotis dengan dinding yang menyerupai stalaktit dan stalakmit yang saling-silang. Sayangnya, untuk menuju gua ini dari Kecamatan Wonosalam, pengunjung harus menempuh jalanan setapak dengan jarak yang cukup jauh.

Kedung Cinet Jombang

Objek wisata ini berada Desa Pojok Klitih dan terletak di tengah hutan belantara. Desa Klitih sendiri berada sekitar 10 km dari jembatan Brantas-Ploso. Jadi, untuk menuju objek wisata ini, pengunjung harus menyusuri sungai Brantas dan melintasi jembatan gantung yang menantang adrenalin. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Kedung Cinet merupakan tempat peristirahatan prajurit Majapahit dan tempat mandi saat para prajurit menunggu kekasih mereka.

kedung cinet jombang - naila-unipdu.blogspot.com

kedung cinet jombang – naila-unipdu.blogspot.com

 

Kampung Durian Jombang

Jika Anda hobi makan durian, Anda wajib mengunjungi Desa Sumber di Kecamatan Wonosalam. Pasalnya, kampung ini sejak dari dulu terkenal akan kualitas hasil panen durian yang sangat menggugah selera. Di sini, terdapat berbagai varian durian, seperti durian ketan, durian bawor, durian kerikil, durian sus, hingga durian bido. Setahun sekali, juga ada festival durian dengan membagikan durian gratis kepada masyarakat.

kampung durian jombang - www.idnusantara.com

kampung durian jombang – www.idnusantara.com

 

Lihat Juga:   Penginapan Yunika, Sediakan Kamar Rp80 Ribuan di Kaliurang, Yogyakarta

Sendang Made Jombang

Tempat berada di Desa Made, Kudu, dan memiliki ukuran 8 x 11 meter. Sendang ini dipercaya sebagai tempat meditasi Prabu Airlangga dan istrinya. Selain itu, menurut warga setempat, sendang ini juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit.

Makam KH Hasyim Asy’ari

Jombang dikenal sebagai salah satu kota yang melahirkan banyak ulama Islam terkenal, salah satunya KH Hasyim Asy’ari. Beliau adalah salah satu tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia sekaligus pendiri organisasi Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU). makam KH Hasyim Asy’ari berada di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, di dalam kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng.

Mojowarno Jombang

Bangunan tua ini didirikan pada tahun 1879 dan diresmikan pada tahun 1881 dengan menghabiskan sekitar 25.000 gulden. Gereja ini bisa dianggap sebagai gereja tertua di Jombang dan menjadi pusat penyebaran agama Kristen Protestan pada zaman Belanda. Saat ini, selain sebagai tempat ibadah, gereja ini juga dijadikan sebagai tempat unduh-unduh, sebuah tradisi atau syukuran ketika panen tiba.

Klenteng Hong San Kiong Jombang

Klenteng ini berada di Desa Gudo, Jombang. Selain sebagai tempat Tri Dharma, Klenteng Hong San Kiong juga berfungsi sebagai tempat medis. Hal yang menarik adalah para pengunjung yang ingin mendapatkan obat tidak hanya dari anggota itu sendiri, tetapi juga datang dari anggota agama lain termasuk umat Muslim.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>