10 Objek Wisata Populer dan Wajib Kunjung di Surabaya




tugu pahlawan - id.wikipedia.org

Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang sekaligus sebagai ibukota Provinsi ini ramai dikunjungi karena merupakan bisnis, pendidikan, hingga industri, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

Selain sebagai bisnis dan industri, Surabaya ramai dikunjungi karena kota ini juga memiliki sejumlah objek wisata yang menarik. Berikut beberapa objek wisata populer dan menarik di Surabaya yang wajib dikunjungi.

Tugu Pahlawan

Ini merupakan monumen untuk mengingat keberanian arek-arek Surabaya ketika melawan Sekutu pada tahun 1945 silam. Monumen setinggi 41,5 meter yang berbentuk lingga atau paku ini memiliki badan tiang dengan model lengkungan sebanyak 10 buah yang terbagi menjadi 11 ruas. Di tempat ini, Anda juga bisa menjumpai 10 November yang menjelaskan mengapa Surabaya kemudian disebut sebagai Kota Pahlawan.

tugu pahlawan - id.wikipedia.org
tugu pahlawan – id.wikipedia.org

 

Jembatan Merah

Ini adalah saksi lain pertempuran heroik 10 November 1945 selain Tugu Pahlawan. Dulunya, area barat jembatan ini merupakan hunian dan perdagangan untuk orang Eropa. Sementara, area timur merupakan tempat hunian untuk orang Arab, China, dan Melayu. Kini, kawasan Jembatan Merah menjadi salah satu perdagangan terpadat di Surabaya.

jembatan merah - surabaya.panduanwisata.id
jembatan merah – surabaya.panduanwisata.id

 

Monumen Kapal Selam

Monumen ini terletak di Kota Surabaya. Ini adalah wujud asli KRI Pasoepati 410, salah satu kapal selam milik TNI AL dari satuan kapal selam armada RI di kawasan timur. Kapal selam ini telah menjadi salah satu tempat wisata di Surabaya yang banyak dikunjungi wisatawan, terutama anak-anak sekolah.

monumen kapal selam - pusakarentcar.com
monumen kapal selam – pusakarentcar.com

 

Lihat Juga:   Puncak Lolai Toraja, Negeri di Atas Awan yang Cantik

Kebun Binatang Surabaya

Kebun binatang yang biasa disebut dengan KBS ini merupakan tempat wisata paling populer di Surabaya. Berlokasi di Jalan Setail, KBS ini dulunya merupakan kebun binatang terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Untuk mengunjungi kebun binatang seluas 37 hektar ini, pengunjung wajib membayar tiket masuk sebesar Rp15.000.

Masjid Agung Al-Akbar

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua se-Indonesia, setelah Masjid Istiqlal di Jakarta. Ini adalah ikon religi Kota Surabaya yang dihiasi dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu utama yang semuanya terbuat dari kayu jati berukir.

House of Sampoerna

Ini adalah salah satu objek wisata yang patut dikunjungi karena merupakan bangunan bersejarah sekaligus yang menarik. Dengan bangunan bergaya Belanda dan tiang depan unik berbentuk rokok, House of Sampoerna memiliki koleksi alat pengolah tembakau, keluarga, berbagai jenis pemantik, replika kaos, alat musik, dan lain-lain.

Jembatan Suramadu

Lihat Juga:   Info Tempat Wisata & Biaya Perjalanan ke Brunei Darussalam

Sesuai namanya, Jembatan Suramadu menghubungkan Surabaya dengan Madura. Dengan panjang mencapai 5.500 meter, hingga saat ini Jembatan Suramadu merupakan jembatan terpanjang yang ada di Indonesia. Dibangun untuk mempercepat pembangunan di Madura, kini Jembatan Suramadu telah menjadi salah satu ikon wisata Surabaya.

Ciputra Waterpark

Ini merupakan wahana wisata air yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Berlokasi di Surabaya Barat, Ciputra Waterpark mengusung tema menyerupai dongeng Petualangan Sinbad sehingga anak-anak pasti menyukainya. Anda dapat menjumpai ragam wahana, misalnya Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, hingga Syracuse Beach.

Pantai Kenjeran

Jika ingin menikmati suasana laut di Surabaya, Anda bisa berkunjung ke Pantai Kenjeran. Di sini, selain merasakan udara laut, pengunjung juga bisa memancing, membeli ikan, hingga menaiki perahu. Terdapat juga permainan anak yang membuat pantai ini sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga.

Taman Bungkul

Buat mereka yang doyan nongkrong, Taman Bungkul bisa menjadi alternatif menarik. Taman yang terletak di Jalan Darmo ini menjadi tempat favorit warga Surabaya untuk berkumpul. Taman Bungkul dilengkapi dengan arena bermain anak, jogging track, amfiteater, tempat bermain skateboard, air mancur, hingga akses internet.




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan