10 Bandara Yang Memiliki Landasan Pacu Terbanyak Di Dunia




Chicago O'Hare International Airport - www.chicagobusiness.com
Chicago O'Hare International Airport - www.chicagobusiness.com

Internasional Soekarno-Hatta selama ini menjadi bandar udara yang dibangga-banggakan oleh masyarakat Indonesia. Namun tahukah Anda, di luar sana ternyata banyak bandara-bandara yang lebih besar dan megah dari segi interior, , termasuk landasan pacu. Jika di Bandara Soetta hanya ada 2 runway, maka di bandara luar negeri jumlah landasan pacunya bisa mencapai 9! Luar biasa bukan? Berikut ini 10 bandara yang memiliki landasan pacu terbanyak di dunia.

Chicago O’Hare International Airport (9 Runway)

Bandara Internasional O’Hare merupakan bandara internasional yang terletak di Chicago, negara bagian Illinois, Amerika Serikat. Bandara ini adalah pusat hub terbesar United Airlines dan pusat kedua terbesar untuk American Airlines. Bandara yang juga sempat menduduki peringkat sebagai bandara tersibuk di dunia ini tercatat memiliki landasan pacu alias runway terbanyak di dunia. Tak tanggung-tanggung di Bandara Internasional O’Hare terdapat 9 landasan pacu yang digunakan untuk melayani penerbangan ke sejumlah destinasi. Jumlah ini tentunya berbeda jauh dari bandara-bandara di Indonesia yang biasanya hanya memiliki sekitar 1 atau 2 landasan pacu saja.

Chicago O'Hare International Airport - www.chicagobusiness.com
Chicago O’Hare International Airport – www.chicagobusiness.com

Dallas Fort Worth International Airport (7 Runway)

Bandar Udara Internasional Dallas-Fort Worth adalah bandara yang terletak di antara Dallas dan Fort Worth. Dallas-Fort Worth Airport tercatat sebagai salah satu bandara tersibuk di Amerika Serikat menurut lalu lintas internasional. Berdasarkan data tahun 2010, terdapat arus kedatangan dan keberangkatan sebanyak 652.261 dan mengantarkan Dallas Fort Worth International Airport sebagai bandara ke-4 tersibuk di dunia. Dallas Fort Worth International Airport sendiri memiliki landasan pacu yang lebih sedikit dari O’Hare, yakni 7 runway.

Dallas Fort Worth International Airport - www.ainonline.com
Dallas Fort Worth International Airport – www.ainonline.com

Detroit Metropolitan Wayne County Airport (6 Runway)

Detroit Metropolitan Wayne County Airport atau yang juga biasa disebut Detroit Metro Airport (DTW) adalah bandara internasional besar di Amerika Serikat yang berdiri di atas lahan seluas 1.960 hektare di Romulus, Michigan, pinggiran Kota Detroit. Detroit Metropolitan Wayne County Airport memiliki 6 landasan pacu dan termasuk salah satu bandara yang memiliki runway terbanyak di dunia. Detroit Metropolitan Wayne County Airport juga tercatat sebagai bandara tersibuk di Michigan, dan salah satu hub penerbangan terbesar di negara tersebut.

Lihat Juga:   Barokah Lestari Homestay, Akomodasi Murah & Homey di Oro-Oro Ombo
Detroit Metropolitan Wayne County Airport - www.metroairport.com
Detroit Metropolitan Wayne County Airport – www.metroairport.com

General Edward Lawrence Logan International Airport (6 Runway)

Masih dari Amerika Serikat, terdapat Bandara Internasional Logan yang memiliki 6 landasan pacu. Bandara yang berlokasi di Boston Timur, Massachusetts, Amerika Serikat ini mempunyai 4 terminal penumpang dan tercatat sebagai peringkat ke-17 bandara tersibuk di AS dengan jumlah mencapai 33,5 juta penumpang pada tahun 2015. Bandara satu ini melayani penerbangan menuju kawasan Amerika Utara, Amerika Latin, Karibia, Atlantik Utara, Timur Tengah, Eropa, hingga Asia.

Honolulu International Airport (6 Runway)

Di belakang posisi Logan International Airport terdapat Honolulu International Airport dengan 6 runwaynya. Bandara Internasional Honolulu adalah bandara internasional yang terletak di 3 mil (5 km) barat dari distrik bisnis pusat Oahu di Honolulu, sebuah kota di negara bagian Hawaii, Amerika Serikat. Bandara ini telah dibuka sejak Maret 1927 silam dan awalnya mengusung nama Bandara John Rodgers, akan tetapi namanya kemudian diganti menjadi Bandara Honolulu tahun 1947. Honolulu International Airport merupakan hub utama untuk Hawaiian Airlines, maskapai penerbangan terbesar di Hawaii.

Frederick Regional Airport (6 Runway)

Frederick Regional Airport merupakan bandara yang terletak di 6 km tenggara dari distrik bisnis utama Frederick, sebuah kota di Tillman County, Oklahoma, Amerika Serikat. Frederick Regional Airport sebelumnya dikenal sebagai Frederick Municipal Airport. Bandara yang dibuka sejak tahun 1942 silam ini termasuk bandara yang memiliki landasan pacu terbanyak di dunia dengan jumlah 6 runway.

Amsterdam Airport Schiphol (6 Runway)

Bandara Internasional Schiphol merupakan bandara utama di negara Belanda yang terletak di sebelah selatan Amsterdam, tepatnya di gemeente Haarlemmermeer. Schiphol termasuk salah satu dari bandara-bandara Eropa yang menjadi pintu masuk utama ke benua tersebut bersama dengan Bandara Internasional Frankfurt Jerman dan Bandara Internasional Charles de Gaulle Paris. Bandara dengan 6 landasan pacu ini meraih urutan ke-4 di Eropa pada tahun 2004 untuk jumlah penumpang sebanyak 42.541.000 orang. Bahkan kabarnya Bandara Internasional Schiphol juga berencana untuk menambah landasan pacu menjadi 7.

Lihat Juga:   Yuk, Jelajahi Wisata Bahari Indonesia dengan Paket Kapal Pesiar Pelni!

Denver International Airport (6 Runway)

Bandara Internasional Denver merupakan bandar udara internasional yang terletak di Denver, Amerika Serikat. Bandara dengan luas 140 km2 ini memiliki 6 landasan pacu serta disebut-sebut sebagai bandara terluas di Amerika Serikat atau bandara ketiga terbesar di dunia. Landasan pacu 16R/34L menjadi landasan pacu terpanjang yang bisa digunakan secara umum di USA. Tahun 2009 Bandara Internasional menjadi bandara tersibuk ke-10 di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang, yakni sebanyak 50.167.485 penumpang.

Decatur County Industrial Air Park (5 Runway)

Decatur County Industrial Air Park adalah bandara umum milik daerah yang terletak sekitar 11 km di sebelah barat laut dari distrik bisnis utama Bainbridge, sebuah kota di Decatur County, Georgia, Amerika Serikat. Bandara yang dibangun di atas lahan seluas 380 hektar ini memiliki 5 landasan pacu yang digunakan untuk melayani 98% penerbangan umum dan 2% penerbangan militer di US.

General Mitchell International Airport (5 Runway)

Bandara Internasional General Mitchell merupakan bandara sipil-militer yang berjarak sekitar 8 km di sebelah selatan pusat Kota Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Sepanjang tahun 2017, bandara ini melayani 112.169 operasional pesawat terbang dan telah memberangkatkan 3.312.000 penumpang sepanjang periode Januari-September 2017. Bandara Internasional General Mitchell juga termasuk bandara dengan landasan pacu terbanyak, berjumlah 5 runway.




Tentang Dian Kartika1094 Articles
Solo traveler. Menyukai akomodasi murah, tapi tidak anti dengan yang mahal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan