Update Wisma Kartini Sidoarjo, Akomodasi Lebih dari Sekadar Wisma




Wisma Kartini Sidoarjo (sumber: olgaceriasari.com)
Wisma Kartini Sidoarjo (sumber: olgaceriasari.com)

Jika Anda berasal dari luar Jawa Timur dan sering bepergian ke provinsi ini, baik melalui jalur darat maupun udara, pasti sudah tidak asing lagi dengan Kabupaten . Sidoarjo merupakan penghubung Kota Surabaya dengan kota-kota lainnya di Jawa Timur. Lokasinya bisa dijangkau dengan berkendara selama 30 hingga 45 menit dari pusat Kota Surabaya.

Sidoarjo sendiri merupakan salah satu penyangga ibukota Provinsi Jawa Timur. Pasalnya, di wilayah ini, terdapat gerbang utama yang menghubungkan Surabaya dengan beberapa kota lain, yaitu Terminal Purabaya (atau Bungurasih). Di samping itu, jangan lupakan juga keberadaan Bandara Internasional Juanda yang terletak di kawasan Sedati, Sidoarjo.

Sidoarjo selama ini lebih dikenal sebagai pusat industri dan bisnis, karena banyaknya pabrik-pabrik skala nasional maupun internasional yang berdiri di wilayah ini. Sektor industri kecil juga berkembang cukup baik, di antaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sendal dan sepatu di Wedoro, Waru dan Tebel, Gedangan, serta industri kerupuk di Telasih, Tulangan.

Selain sebagai kota industri, Sidoarjo juga menyimpan beberapa objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Di sini, terdapat Pantai Kepetingan yang berada di Desa Sawoan, Kecamatan Buduran. Selain itu, masih berhubungan dengan air, ada Wisata Bahari Tlocor yang terletak di Kampung Tlocor, Desa Kepungpandan, Kecamatan Jabon.

Jangan lupakan juga Museum Mpu Tantular, Candi Pari, Delta Fishing, serta Makam Putri Ayu Sekar Dadu. Bahkan, Lumpur Lapindo yang sebetulnya merupakan bencana , kini disulap menjadi tempat wisata dan warga sekitar menyebutnya sebagai wisata “Waduk Berasap”.

Wisma Kartini Sidoarjo - @Endy Budiman
Wisma Kartini Sidoarjo – @Endy Budiman

Karena merupakan salah satu wilayah yang strategis, memiliki banyak pabrik dan objek wisata, Sidoarjo pun ramai dikunjungi wisatawan, baik untuk urusan pekerjaan maupun wisata. Hal ini pun berimbas dengan menjamurnya penginapan di Sidoarjo. Salah satu yang bisa menjadi tempat singgah sementara selama berkunjung ke Sidoarjo adalah Wisma Kartini.

Sesuai namanya, Wisma Kartini beralamat di Jalan R.A. Kartini No. 68, Sidokumpul, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. Penginapan ini termasuk salah satu penginapan yang direkomendasikan kepada para wisatawan karena selain menawarkan yang murah, juga didukung dengan berbagai yang memadai.

Menurut review dari beberapa tamu yang pernah di tempat ini, Wisma Kartini digambarkan sebagai sebuah penginapan yang nyaman, bersih, sekaligus murah. Wisma Kartini dinilai memiliki pelayanan yang memuaskan dan fasilitas yang melebihi standar wisma, termasuk ranjang single atau double bed, kamar mandi, area parkir yang luas, hingga pendingin ruangan berupa kipas angin atau .

Untuk tarif kamarnya, pada 2020 Wisma Kartini menetapkan harga sewa kamar mulai Rp225 ribu – Rp500 ribu per malam. Berbeda dengan tahun 2019 lalu, penginapan di sana dikenakan tarif mulai Rp190 ribuan saja. Jika berminat, Anda bisa melakukan reservasi kamar melalui nomor (031) 71399299, 91170848, atau nomor ponsel 081357257999. Selain Wisma Kartini, berikut beberapa wisma murah lainnya yang berada di Sidoarjo.

Nama WismaTarif per malam (Rp)
KeluargaJl. Untung Suropati Sidoarjo80.000
Wisma WAHYUJl. Magersari No. 29, Sidoarjo85.000
Homestay IbundaJl. Kartini, 15 Sidoarjo135.000
Graha Asri SukodonoTaman Pondok Jati AK 6 Geluran Taman Sepanjang169.400
Wisma PKPRI SidoarjoJl. Kombespol M. Duryat No. 27, Sidoarjo185.000
Wisma ThamrinJl. Thamrin No. 13, Sidoarjo210.000
EDOTEL SidoarjoJl. Jenggolo No. 1 Sidoarjo200.000 – 300.000 (Superior Room)

250.000 – 350.000 (Deluxe Room)

300.000 – 400.000 (Suite Room)

Mengulas soal tarif per malam, beberapa penginapan di atas menaikkan harga sewanya pada 2020. Mulai dari Wisma PKPRI Sidoarjo yang sebelumnya mematok harga mulai Rp175 ribu per malam kini menjadi Rp185 ribu. Wisma Wahyu naik dari tarif Rp75 ribu menjadi Rp85 ribu per malam. Sama halnya dengan Wisma Thamrin yang ikut naik sebesar Rp10 ribu dari harga saat ini. 

[Ditta]

Lihat Juga:   Villa Surya Dewi, Penginapan Medium di Seberang Tirta Nirwana Songgoriti




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan