Tegal Mas Island, Maldives-nya Indonesia dengan Fasilitas Wisata Lengkap




Pulau Tegal Mas/Tegal Mas Island (sumber: lampungeksis.com)
Pulau Tegal Mas/Tegal Mas Island (sumber: lampungeksis.

Menginap di deretan Maldives tentu menjadi impian setiap pasangan. Sayangnya, untuk pergi ke sana, Anda membutuhkan yang tak sedikit. Hal tersebut sebanding dengan suguhan panorama indah pantai dan suasana romantis yang ditawarkan. Meski begitu, tak perlu berkecil hati lantaran kini ada Maldives atau Maladewa-nya Indonesia yakni Pulau Tegal Mas. Pihak pengelola juga menawarkan paket wisata lengkap dengan harga bervariasi.

Pulau eksotis yang satu ini disebut-sebut sebelas dua belas dengan Maldives. Hamparan laut yang tak kalah indah disertai deburan pasir pantainya dapat membuat Anda betah berlama-lama di sana. Belum lagi, tatanan resort atau penginapannya yang membuat Tegal Mas Island menjadi salah satu pulau impian.

Wisata bahari saat ini memang tengah digandrungi masyarakat Indonesia. Kegiatan ini juga menjadi salah satu bentuk refreshing dari padatnya aktivitas. Tak heran, jika banyak orang rela mengunjungi pulau-pulau tersembunyi untuk leluasa menikmati panorama asri yang konon belum terjamah manusia.  Kawasan wisata bahari yang berada di Teluk Lampung memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya Pulau Tegal atau yang kerap disebut Tegal Mas Island.[1]

Pulau ini terletak di Pulau Tegal, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Pulau ini terus menjadi magnet bagi setiap wisatawan yang datang. Tak hanya wisatawan lokal, para turis asing juga tidak kalah padat di sana. Memang belum banyak yang tahu keunikan pulau yang satu ini, lantaran kawasan wisata ini baru dibuka akhir 2017. Meski terbilang baru, tetapi jumlah kunjungan wisatanya melejit hingga ratusan orang yang mendorong pihak pengelola untuk terus mengembangkan sejumlah wisata di tempat ini.

Rute Menuju Tegal Mas Island

Pulau Tegal Mas/Tegal Mas Island (sumber: tempo)
Pulau Tegal Mas/Tegal Mas Island (sumber: tempo)

Panorama alam yang memukau, didukung kemudahan akses menuju lokasi, menjadi alasan para pelancong banyak memilih Pulau Tegal Mas sebagai wisata. Untuk ke sana, Anda memang harus menempuh perjalanan panjang melewati sejumlah pantai. Dari Bandar Lampung, Anda dapat menuju arah Jl. RE Martadhinata melewati Pantai Duta Wisata, menuju Pantai Tirtayasa, Gardenia, Pantai Queen Artha, Pantai Mutun, Pasar Hanura, dan Pantai Sari Ringgung. Nah, setelah sampai Pantai Sari Ringgung, Anda harus menempuh perjalanan laut menggunakan perahu sekitar 1,5 jam. Sementara itu, jika Anda bergerak dari Bandara Internasional Radin Inten II, Lampung Selatan, Anda akan lebih cepat sampai ke Tegal Mas Island dengan perjalanan sekitar 50 menit.

Lihat Juga:   Tarif Hotel Tirto Arum Baru Kendal, Tawarkan Pesona Alam & Agrowisata

Walaupun perjalanan menuju Tegal Mas Island terbilang panjang, Anda dijamin tak menyesal karena dapat menikmati suasana laut sepi dengan kepungan perbukitan yang memanjakan mata. Belum lagi, harga tiket masuk Tegal Mas Island relatif terjangkau.

Harga Masuk Tegal Mas Island

Gerbang Pulau Tegal Mas/Tegal Mas Island (sumber: triptrus.com)
Gerbang Pulau Tegal Mas/Tegal Mas Island (sumber: triptrus.com)
Jenis TiketHarga (Rp)
Sewa Kapal menuju Tegal Mas Island250.000
Tiket masuk Tegal Mas Island50.000 per orang
Paket Trip One Day Tegal Mas Island190.000 per orang (full day)

Sementara itu, untuk biaya penginapan terbilang bervariasi tergantung tipe kamar pilihan. Perlu diingat, harga tiket masuk dan sewa kapal di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak pengelola. Anda dapat memilih beberapa jenis paket wisata yang ditawarkan Tegal Mas Island sesuai kebutuhan.

Dengan memilih Paket Trip One Day Tegal Mas Island, Anda akan mendapatkan fasilitas berupa penjemputan kapal dari dermaga Sari Ringgung ke Pulau (pulang-pergi). Anda juga berhak mendapatkan layanan snorkeling 1x yang termasuk alat, pelampung, guide, dan foto underwater. Layanan makan siang gratis juga Anda peroleh di resto secara langsung.

Fasilitas Tegal Mas Island

Aktivitas snorkeling (sumber: kontan.co.id)
Aktivitas snorkeling (sumber: kontan.co.id)

Anda akan rugi jika datang ke Tegal Mas Island tanpa menikmati keindahan alam bawah lautnya, mulai dari terumbu karang, anemon, hingga berbagai jenis ikan yang menjadi penghuninya. Jika beruntung, Anda juga bisa menemui satwa laut eksotis lain, seperti penyu hijau (Chelonia mydas) hingga hiu sirip hitam (Carcharhinus limbatus). Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling atau diving dengan menyewa peralatan yang disediakan pihak pengelola. Sebagai sarana penunjang, tersedia pula dive center serta snorkeling center yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk informasi dan penyediaan peralatan penyelaman.

Menikmati kawasan pesisir pantai Pulau Tegal Mas dapat dilakukan dengan olahraga air seperti kano/ kayak, banana boat, jetski, dan masih banyak lagi. Anda dapat menyewa kano dengan harga sekitar Rp25 ribuan. Untuk beristirahat sejenak, Anda tak perlu jauh-jauh lantaran di pinggir pantai tersedia pondokan atau gazebo. Bahkan, musala terapung juga tersedia untuk melengkapi kebutuhan wisatawan yang beribadah yakni Masjid Ar-Yoyol. Masjid yang bisa menampung hingga lebih dari 100 orang jamaah ini, posisinya menjorok sekitar 50 meter ke arah laut.

Lihat Juga:   Wisma Lotus, Penginapan Recommended Harga Rp 200 Ribuan di Purwokerto

Selain wisata baharinya yang memukau, pulau seluas 68 hektare ini menyediakan beragam wisata pantai, semisal mengendarai ATV untuk offroad di sekitar pantai. Pulau ini relatif mudah dijangkau. Dari Bandar Lampung, wisatawan harus berkendara menempuh jarak 24 km ke Pantai Sari Ringgung, Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran. Lalu menyeberang ke Pulau Tegal Mas sekitar 30 menit. Setiba di Pulau Tegal Mas, setiap wisatawan dikenai tiket masuk Rp25 ribu.

wisata di Tegal Mas Island memang menyuguhkan sensasi yang berbeda karena begitu lengkapnya. Deretan resort tersedia untuk Anda yang bermalam di Tegal Mas Island. Berbagai bentuk tempat terapung dapat Anda pilih dengan desain mirip Maldives. Ada yang berbentuk rumah lombok, vila, serta hostel atau cottage. Tak heran jika wisatawan kerap menghabiskan foto di area penginapan karena lokasinya instagenic dengan arsitektur bangunan yang unik.

Penginapan di Tegal Mas Island

Penginapan di Tegal Mas Island (sumber: okezone)
Penginapan di Tegal Mas Island (sumber: okezone)
Tipe PenginapanTarif per Malam (Rp)
Kamar Pesisir1.750.000
Kamar Sai Batin2.000.000
Rumah Lombok Mas3.000.000
Vila isi 2 kamar4.000.000
Rumah Lombok Apung4.000.000
Rumah Lombok Laut4.000.000
Vila isi 3 kamar5.000.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Tarif penginapan di atas dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dulu. Anda dapat melakukan reservasi dengan datang langsung atau menelusuri sejumlah situs online untuk dapat membandingkan harga terbaik.

Menurut review dari wisatawan, Tegal Mas Island begitu cocok untuk Anda yang liburan membawa anak kecil. Lantaran ombak di pantainya cenderung landai, sehingga aman untuk digunakan bermain air. Paket wisata yang ditawarkan di Tegal Mas Island karena para tamu sudah mendapatkan semua fasilitas yang dibutuhkan, baik restoran, olahraga air, sarana ibadah, hingga penginapan.

[1] Mahi, Ali Kabul. Pengembangan Wilayah: Teori & Aplikasi (Jakarta: Kencana, 2016), hlm. 219




Be the first to comment

Tinggalkan Balasan